MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK SISWA SMA

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p1--17

Abdul Haris Faisal(1*), nFn Zuriyati(2), Eva Leiliyanti(3)
(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 6139 | PDF downloaded : 904

Abstract

Poetry writing activities are still considered difficult by students. The learning media used have not been able to support learning activities on poetry material. Therefore, this study aims to produce  Android-based learning media on poetry material for high school subjects. This research method adapts the ADDIE model to design a system in learning. The instruments in this study used media validation sheets and material validation sheets. The results of this study indicate that the learning media based on an Android applications is declared appropriate for use in learning. The feasibility is evidenced by the result of the assessment of media experts and material experts who state that the learning media is very accomodating and qualified. Based on these result, instructional media for writing poetry is recommended to be develop in other materials in bahasa Indonesia.

 

Abstrak

Kegiatan menulis puisi masih dianggap sulit oleh siswa. Media pembelajaran yang digunakan selama ini belum mampu menunjang kegiatan pembelajaran pada materi puisi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis aplikasi android pada materi puisi untuk siswa kelas X SMA. Metode penelitian ini mengadaptasi model ADDIE untuk merancang sebuah sistem dalam pembelajaran. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi media dan lembar validasi materi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menulis puisi berbasis aplikasi android dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan tersebut dibuktikan dari hasil penilaian pakar media dan pakar materi yang menyatakan bahwa media pembelajaran  sangat  akomodatif dan berkualitas. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran menulis puisi berbasis aplikasi direkomendasikan untuk dikembangkan pada materi lainnya dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. 

Keywords

learning media; android-based; writing poetry; media pembelajaran; berbasis android; menulis puisi
--

Full Text:

PDF ***

References

Abduh, N. K. (2018). Pemanfaatan Teknik Akrostik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1), 40. Link: https://ojs.unm.ac.id/retorika/index https://doi.org/10.26858/retorika.v11i1.4979

Anwas, O. M. (2016). Model Buku Teks Pelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 17–32. https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/32 DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n1.p17--32

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bagus, K. H., Buchori, A., & Aini, A. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, VI(1), 61–69. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/20551

Binanto, Iwan (2010). Multimedia Digital – Dasar Teori dan. Pengembangannya. Yogyakarta: Andi Publsiher

Budisantoso, Mulyoto, , & Agung. (2018). Pengembangan Model Aplikasi Simulator Kamera Video Berbasis Android. Kwangsan : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 58. https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/73 DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p74--91

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Heinich, Robert, dkk. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Merril Prentice Hall.

Huda, M. N., & Siswanto, W. (2018). Unsur Puitika dalam Bahan Ajar Puisi Berpola KTSP dan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 3(1), 330–333. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10643

Indrajani. (2011). Perancangan Basis Data dalam All in 1, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Ismawati, E., Santosa, G. B., & Ghofir, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Sastra Indonesia Berbasis Pendidikan karakter di SMA/SMK. Metasastra, 9(3), 185–200. DOI: http://doi.org/10.26610/metasastra.2016.v9i2.185-200

Jiaqi, D., Jianhua, W., & Long, Z. (2012). The Research in Mobile Learning Based on Android Smartphone Platform Application. The 2nd International Conference on Computer Application and System Modeling (pp. 1404–1407). DOI: https://doi.org/10.2991/iccasm.2012.359

Kirci, P., & Kahraman, M. O. (2015). Game-based education with android mobile devices. In the 6th international conference on modeling, simulation, and applied optimization (ICMSAO) (pp. 4–7).

Martono, K. T., & Nurhayati, O. D. (2014). Implementation of Android Based Mobile Learning Application as A Flexible Learning. International Journal of Computer Science Issues (IJCSI), 11(3), 168–174.

Mulyani, E. W. S. (2018). Dampak Pemanfaatan Aplikasi Android Dalam Pembelajaran Bangun Ruang. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 122–136. https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/70 DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p122--136

Rahayu, E., Rohmadi, M., & Andayani, A. (2018). Meningkatkan Minat dan Kemampuan Menulis Puisi. Indonesian Language Education and Literature, 3(2), 123. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/1575 https://doi.org/10.24235/ileal.v3i2.1575

Rahayu, S. (2015). Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Media Gambar Pada Siswa Menengah Pertama. Kajian Linguistik Dan Sastra, 27(2), 126–133. http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4481

Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22, Tahun 2016, tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Said, K., Kurniawan, A. D. E., & Anton, O. E. Y. (2018). Development of media-based learning using android mobile learning. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 96(3), 668–676. Retrieved from http://www.jatit.org/volumes/Vol96No3/10Vol96No3.pdf

Satinem, J. (2018). Development of Teaching Materials of Poetry Writing Using Pictures for the Elementary Students. AIAC, 9(3). Retrieved from http://journals.aiac.org.au/index.php/alls/index

Setyawan, B., Rufi’i, & Fatirul, A. N. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa SD. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(01), 78–90. https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/131 DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90

Sittichailapa, T., Rattanachai, R., & Polvieng, P. (2015). The Development of Model Learning Media of Sorting Algorithm. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 1064–1068. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.333

Smaldino, Sharon E., Deborah L. Lowther, J. D. R. (2011). Instructional Technology & Media for Learning (11th ed.). Jakarta: Kencana.

Sung, Y., Chang, K., & Liu, T. (2016). Computers & Education The effects of integrating mobile devices with teaching and learning on students ’ learning performance : A meta-analysis and research synthesis. Computers & Education, 94, 252–275. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.11.008

Talha, K. A., Alper, D. I., & Aydin, C. (2015). APK Auditor: Permission-based Android malware detection system. Digital Investigation, 13, 1-14. https://doi.org/10.1016/j.diin.2015.01.001

Taum, Yoseph Yapi. (2017). Pembelajaran Sastra Berbasis Teks: Peluang dan Tantangan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Kebudayaan: SINTESIS, 11 (1). https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis/article/view/928

Verma, N., Kansal, S., & Malvi, H. (2018). Development of Native Mobile Application Using Android Studio for Cabs and Some Glimpse of Cross-Platform Apps. International Journal of Applied Engineering Research, 13(16), 12527–12530. Retrieved from http://www.ripublication.com

Widayanti, S. (2015). Penggunaan Pendekatan Scientific Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narratif Melalui Media Gambar Berseri (Picture Series). Kajian Linguistik Dan Sastra, 27(2), 134–142. http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4482

Widoyoko, Eko Saputro. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka.

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA Developing Android-Based Instructional Media of Solubility to Improve Academic Performance of High School Students. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 88–99. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdul Haris Faisal, nFn Zuriyati, Eva Leiliyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats