MODEL BUKU TEKS PELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n1.p17--32

Oos M. Anwas(1*)
(1) Pustekkom Kemdikbud
(*) Corresponding Author


This article has been read: 825 times



Abstract


Innovation on book industry, textbooks of particular, tends to be relatively static, eventhough the demand and the development of ICT advances very fast. This article aims to study the benefits and the development model of ICT based textbooks. This article applies a review method of relevant literature. The results show that the benefits of ICT-based textbooks are among others: enabling the content presented in multimedia format so that it becomes more attractive and easily understood, learning becomes more active, variety, interactive, more productive in efficient manner, and in line with the development trend of the digital native generation.The ICT-based textbooks development can be packaged in audiobooks and e-books. The development of audiobooks and e-books is done by repackaging the printed books into audio media by optimizing dialogue or monologue, music, and sound effects aspects.The development model of e-books and audiobooks is done by changing the printed book content into digital format including the text, images, audio, video, animation, and interactive simulations according to the characteristics of the lesson content. The study concluded that ICT-based textbooks needs to be developed in the models of audiobook and e-book by presenting the learning content in multimedia format so that it becomes more attractive and easily understood by learners.

 

Abstrak

Inovasi industri perbukuan terutama buku teks pelajaran cenderung statis, padahal tuntutan dan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat pesat. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji manfaat dan model pengembangan buku teks pelajaran berbasis TIK. Tulisan ini menggunakan metode kajian literatur yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa manfaat buku teks pelajaran berbasis TIK antara lain: menyajikan konten mutimedia sehingga lebih menarik dan mudah dipahami; belajar lebih aktif, variatif, dan interaktif; secara produksi lebih efisien; serta sesuai dengan trend perkembangan generasi digital native. Pengembangan buku teks pelajaran berbasis TIK dapat dilakukan melalui model audiobook dan e-book. Pengembangan model audiobook dilakukan dengan cara mengemas buku cetak ke dalam media audio dengan mengotimalkan aspek: dialog/monolog, musik, dan efek suara. Pengembangan model e-book dilakukan dengan cara mengubah sajian konten buku cetak ke dalam format digital, meliputi unsur: teks, gambar, audio, video, animasi, dan simulasi interaktif sesuai dengan karakteristik dari konten pelajaran tersebut. Kajian ini menyimpulkan bahwa buku teks pelajaran berbasis TIK perlu dikembangkan baik model audiobook maupun e-book dengan menyajikan konten pembelajaran secara multimedia sehingga lebih menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik.


Keywords


Information and communication technology; ICT-based textbooks model; audiobook; e-book; Teknologi informasi dan komunikasi; buku teks pelajaran berbasis TIK; audiobook; e-book

Full Text:

PDF

References


Aberg, E. S., Stahle, Y., Engdahl, I, Nyqvist, H.K. 2016. Designing a Website to Support Students Academic Writing Process. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 15(1), hlm. 33 42.

Anwas, O. M. 2014. Audiobook; Media Pembelajaran Masyarakat Modern. Jurnal Teknodik, 18 (1), hlm. 54-62.

Anwas, O. M, Kusnandar, Purwanto, Hermanto. 2014. Panduan Kerja Perancangan dan Produksi Program TV Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Arisma, O. A. 2012. Peningkatan Minat dan Kemampuan Membaca melalui Penerapan Program Jam Baca Sekolah di Kelas VII SMP Negeri 01 Puri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Ashary, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi

Badan Pusat Statistik. 2012. Proporsi Penduduk Berumur 10 Tahun ke Atas yang Membaca Selama Seminggu Terakhir menurut Provinsi, Jenis Bacaan, dan Tipe Daerah. https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1521, (diunduh 16 Januari 2016).

Bakar, S. A. B. 2014. Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Masyarakat di Taman Baca Masyarakat (Studi Kasus di Taman Baca Masyarakat Cinta Baca, Kelurahan Lempuing, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu). Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu.

Darlen, R. F., Sjarkawi, Lukman, A. 2015. Pengembangan E-Book Interaktif untuk Pembelajaran Fisika SMP. Jurnal Tekno-Pedagogi, 5 (1), hlm. 13-23. Fauziah, E. R. 2013. Pengaruh Game Online terhadap Perubahan Perilaku Anak SMP Negeri 1 Samboja. eJournal llmu Komunikasi, ejournal.ilkom.fisipunmul.ac.id. Samarinda: Universitas Mulawarman. hlm.1-16, (diunduh 16 Januari 2016).

Fryer, dan Wesley, A. 2001. “Strategy for effective ElementaryTechnology Integration”, http://www.wtvi.com/teks/integrate/tcea2001/powerpointoutline.pdf, (diunduh 5 Desember 2015).

Gifary, Sharen dan Kurnia, Iis. 2015. Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Komunikasi. Jurnal Sosioteknologi, 14 (2), hlm. 170-178. http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/viewFile/1472/1045, (diunduh 6 Januari 2016).

Hashunah, U. 2014. Studi Deskriptif Pemanfaatan e-Book sebagai Sumber Belajar di Kalangan Santri Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Yogyakarta. Skripsi Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Hilmuniati, F. 2011. Dampak Bermain Game Online dalam Pengamalan Ibadah Shalat pada Anak. Skripsi Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Jakarta: Universitas Islam negeri Syarif Hidayatullah.

Humairoh, Faris dan Wasis. 2015. Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan. Pemahaman Konsep Siswa dan Penerapannya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), Universitas Airlangga Surabaya, 04 (02), hlm. 69-75.

Irawan, Z., Sari, M.E., Setyoningrum, M.U. 2012. Analisis Implementasi Kebijakan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Kementerian Pendidikan Nasional di SMA kota Yogyakarta. journal. uny.ac.id/index.php/pelita/article/ download/4298/372, hlm. 1-13 (diunduh 24 Januari 2015).

John, B., Thavavel, V., Jayaraj, J., Muthukumar, A., Jeevanandam, P.K. 2016. Design of Open Content Social Learning that Increases Learning Efficiency and Engagement Based on Open Pedagogy. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 15(1), hlm. 20-32.

Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia dan Unicef. 2014. Riset Kominfo dan Unicef mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. Siaran Pers No. 17/PIH/Kominfo/2/2014. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3834/Siaran+Pers+No.+17-PIH-KOMINFO2014+t entang+Riset+Kominfo+dan+UNICEF+Mengenai+Perilaku+Anak+dan+Remaja+Dalam+Menggunakan+Internet+/0/siaran_pers. (diunduh 6 Januari 2016).

Khairunnisa. 2014. Dampak Aplikasi Instagram terhadap Perilaku Konsumtif Remaja dalam Berbelanja Online di Kalangan Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Tenggarong. Ejournal Ilmu Komunikasi. 2(4). 220 230. http://ejournal.ilkom.fisipunmul.ac.id/site/wp.content/uploads/2014/11/artikel%20jurnal%20 nisa%20_Genap2_%20(11-18-14-1212-35).pdf (diunduh 24 Januari 2015).

Kurniawati, A., dan Suryadarma, I.G.P. 2015. Penyusunan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Untuk PBL dan Keefektifannya Terhadap CTS Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 1(1), hlm. 57-64.

Magdin, M. dan Milan T. 2016. Modeling Behavior of Students in E Learning Courses on the Basis of Use Interactive Animations. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 15 (1), hlm. 62-68.

Ming L., Lim, C.P, Wang, L. 2016. Potential of Digital Teaching Portfolios For Establishing a Professional Learning Community in Higher Education. Australasian Journal of Educational Technology, 32(2), hlm. 1-14.

Mujib, M. 2013. Pengaruh Penggunaan Internet terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nurcahili. 2010. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran Kimia terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16 (6), hlm 648-658.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013, tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 tahun 2016 tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan.

Puskurbuk, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Indikator Penilaian Buku Teks Pelajaran. Pustekkom Kemendikbud. 2015. Proses Fotosintesis. https://belajar.kemdikbud.go.id/LabMaya/Konten/VirtualLab/19 (diunduh, 1 Maret 2016)

Rubery, M. 2011. “Introduction” Audiobooks, Literature, and Sound Studies. Routledge.

Saputra, A. P. 2014. Fenomena Penggunaan Smartphone Di Kalangan Pelajar (Studi Kasus di SMP Islam Athirah I Makassar). Skripsi Universitas Hasanudin Makassar, http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/10322 (diunduh 4 Februari 2016).

Sarasaty, A. K. 2012. Penggunaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Seni Budaya di SMAN 2 Batu. Jurnal online Universitas Negeri Malang http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikel45669049E5E6FA76655198D7F0F 36DA3.pdf 1-15 (diunduh 4 Februari 2016)

Siregar, V. M. 2014. Studi Komparatif Penggunaan Internet dan Buku Teks Sebagai Referensi Pengerjaan Tugas. Skripsi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas FISIP Universitas Lampung.

Subchan, Nur, Endang, S., Kertahadi. 2016. Mengukur Efektivitas Sistem Informasi dan Mengetahui Kesuksesan Portal Akademik (Siam) On-Line (Studi Kasus Terhadap Pengguna di Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya) https://www.academia.edu/5989193/, (1 Maret 2016).

Techin Asia. 2015. Statistik Pengguna Internet dan Media Sosial di Indonesia. https://id.techinasia.com/statistik-pengguna-internet-dan-media-sosial-terbaru-2015 (diunduh 12 Februari 2016).


Article Metrics

Abstract viewed : 583 | PDF downloaded : 242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Kwangsan




 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats