PENGEMBANGAN MODEL APLIKASI SIMULATOR KAMERA VIDEO BERBASIS ANDROID

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p74--91

Heri Triluqman Budisantoso(1*), nFn Mulyoto(2), Leo Agung Sutimin(3)
(1) Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Universitas Negeri Semarang
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta
(*) Corresponding Author


This article has been read: 570 times



Abstract


The integration of Information and Communication Technology (ICT) in the learning process developed into a fight trought various designs and strategies which can be grouped into (1) E-learning as a learning form system that utilizes electronic devices and digital media,  and (2) Mobile learning (M-learning)  as a particular learning form to utilize mobile communication devices and information technology. The rapid development of mobile devices, relatively easy operation,  and more affordable prices,  is supporting factors in the widespread use of mobile learning into a new alternative of learning media. Those conditions encourage the learning paradigm that can be done anytime and anywhere.  The purpose of research to be achieved is to develop the design of the android camera based simulator software model as a learning media in cinematography lesson study program of educational technology FIP Unnes.  This research method refers to the research and development strategy proposed by Borg and Gall (in Sukmadinata,  2016) with some modifications that have been developed by Sukmadinata.  The research procedure used in the study focusing on the development stages of application design model.  The steps includes the following steps (1) model development (product design), (2) design validation, (3) design revisions. The results of research on the development of video camera simulator model can be concluded that the application of android based video camera in the process of validation by media experts obtained the results of software engineering aspects obtained 92 scores with very good category, while the visual communication design aspect scored 84, also with very good category. As for the material experts, validation on aspects of learning design got score 85 with very good category as well. Based on the validation results of media experts and materials experts, the application of this androdi-based video camera simulator is improved according to the records of media experts and material experts. Before used in the next research process should this application really well prepared, so the results obtained in accordance with the expected

 

Abstrak

Pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran terus berkembang dengan berbagai pola dan strategi, yang dapat dikelompokkan menjadi (1) sistem e-Learning sebagai bentuk pembelajaran yang memanfaatkan perangkat elektronik dan media digital, dan (2) mobile learning (m-learning) sebagai bentuk pembelajaran yang khusus memanfaatkan perangkat dan teknologi komunikasi bergerak. Perkembangan perangkat mobile yang begitu pesat, operasional yang relatif mudah, dan harga yang semakin terjangkau, merupakan faktor pendorong semakin meluasnya penggunaan mobile learning menjadi alternatif baru media pembelajaran. Kondisi tersebut mendorong terbentuknya paradigma pembelajaran yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah mengembangkan desain model Aplikasi Simulator Kamera Video Berbasis Android sebagai media pembelajaran mata kuliah sinematografi pembelajaran prodi Teknologi Pendidikan FIP Unnes. Metode penelitian ini mengacu pada strategi penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall (dalam Sukmadinata, 2016) dengan beberapa modifikasi yang telah dikembangkan oleh Sukmadinata. Adapun dalam artikel ini, prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian, fokus pada tahap pengembangan desain model aplikasi. Dalam tahap ini mencakup langkah-langkah sebagai berikut (1) Model pengembangan (desain produk), (2) Validasi desain, (3) Revisi desain, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan desain model aplikasi simulator kamera video berbasis android dilakukan melalui langkah-langkah sesuai prosedur penelitian di atas, diawali dengan analisis kebutuhan, kemudian menyusun peta kompetensi, peta materi, Garis Besar Isi Media (GBIM), jabaran materi, flowchart dan naskah, kemudian dilakukan validasi desain dan revisi produk. Desain model aplikasi simulator kamera video ini juga siap digunakan untuk tahap penelitian dan pengembangan selanjutnya. Penggunaan aplikasi simulator kamera video berbasis android sangat diperlukan dalam proses pembelajaran mata kuliah sinematografi pembelajaran, khususnya materi teknik dan prosedur pengambilan gambar karena dapat membantu mahasiswa belajar secara mandiri


Keywords


Model development; video camera stimulator; android; Pengembangan model; simulator kamera video

Full Text:

PDF

References


Horwitz, Josh. 2014. Statistik pengguna internet di Asia dan Indonesia. http://id.techinasia.com. di unduh 15 November 2015

Kusuma, Aditya Candra. 2013. Perancangan Aplikasi Mobile Edukatif ‘Belajar Chord Piano Untuk Pemula’ Berbasis Android. STIMIK AMIKOM Yogyakarta

Pasarai, Usman. 2010. Pengembangan dan Aplikasi Simulator Reservoir Untuk Simulasi Perkolasi Gas pada Reservoir Bertenaga Dorong Gas Terlarut. Lembaran publikasi Minyak dan Bumi Vol 44, No 3 (2010).

Permadi, I Nyoman Agus. 2013. Pengembangan Aplikasi Game Simulasi Virtual Tingklik Dan Suling Bali Berbasis Android. Jurnal KARMAPATI Volume 2, Nomor 6.

Prameswari, Lourensia Palupi Dhika. 2009. Pengembangan Aplikasi Simulasi Mesin Mobil Berbasis Multimedia. UATY Yogyakarta.

Purbasari, Rohmi Julia. 2013. pengembangan aplikasi android sebagai media pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga untuk siswa SMK kelas X. UM Malang (jurnal-online.um.ac.id).

Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sambodo, Riski Agung. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning (M-Learning) Berbasis Android pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Skripsi).

Soemapradja, Tomy G. 2014. Pengembangan Aplikasi Simulasi Perdagangan Saham Dengan Sector Rotation Dan Linear Programming. BINUS BUSINESS REVIEW Vol. 5 No. 1 2014: 418-428.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sutanto, Arif Dwi. 2013. Perancangan Aplikasi Edukasi “Smart Brain Kids” Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. STIMIK AMIKOM Yogyakarta.

Triarso, Agus. 2010. Pengembangan Mobile Edukasi (m-edukasi), (http://m-edukasi.net/artikel-mobile-learning-isi.php?kodenya=2010-ad, diunduh 15 November 2015)

Urip. 2011. Android, Sarana dan Sumber Alternatif Belajar Kimia. Diunduh dari www.urip.wordpress.com.


Article Metrics

Abstract viewed : 464 | PDF downloaded : 99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Kwangsan




 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # # # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats