DAMPAK PEMANFAATAN APLIKASI ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG

Elisabeth Wiwik Sri Mulyani

Abstract


The purpose of this study was to know the impact of the utilization of android applications in learning mathematics in SMPN-1 Sragen. This classroom action research was conducted in two cycles,each cycle beginned with planning, action, observation, and reflection. The data in this study was the assessment of the learning process obtained from learners in the activity and assessment at the end of the cycle. Then, the data was analyzed to know whether the utilization of android application in teaching space has been successful or not. There was an increase in students' learning achievement in understanding mathematics after having utilized the android applications. Before the action, only 18 students (56.25%) completed their learning and increased to be 22 students (68.75%) on the first cycle. In the second cycle, the number of students completed their learning was 31 students (96.87%). The use of android application for class IX students B SMPN-1 Sragen had improved the students’ learning achievement. Before the action, the average knowledge of students was 75.16 and their average skill was 70.63. In the first cycle, the average knowledge of students is 78.59 and their average skills is 72.5. In the second cycle, of average knowledge 88.13 average skills 86.88. The conclusion, the utilization of android application in teaching the space learning content improved the students learning achievement. Teachers are suggested to utililize the android application or other appropriate media in learning-teaching activities.


ABSTRAK
Fokus masalah yang menjadi pembahasan di dalam tulisan ini adalah dampak dari pemanfaatan aplikasi android dalam pembelajaran matematika tentang bangun ruang sisi lengkung di SMPN-1 Sragen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari pemanfaatan aplikasi android dalam pembelajaran matematika tentang bangun ruang sisi lengkung di SMPN-1 Sragen. Metode penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus, di mana setiap siklus diawali dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini berupa penilaian proses yang diperoleh dari peserta didik dalam beraktivitas dan penilaian pada akhir siklus. Kemudian, data dianalisis untuk memperoleh gambaran tentang berhasil-tidaknya pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam memahami bangun ruang sisi lengkung setelah belajar menggunakan aplikasi android. Sebelum tindakan, yang tuntas 18 peserta didik (56,25%), pada siklus pertama 22 peserta didik (68,75%). Pada siklus kedua, peserta didik yang tuntas belajarnya 31 orang (96,87%). Penggunaan aplikasi android pada peserta didik kelas IX B SMPN 1 Sragen terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sebelum tindakan, rata-rata pengetahuan 75,16 dan rata-rata keterampilan 70,63. Pada siklus pertama, rata-rata pengetahuan meningkat menjadi 78,59 dan rata-rata keterampilan 72,5. Kemudian, pada siklus kedua, rata-rata pengetahuan meningkat menjadi 88,13 dan rata-rata keterampilan meningkat menjadi 86,88. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan aplikasi android pada materi bangun ruang meningkatkan hasil belajar peserta didik. Disarankan agar guru menggunakan aplikasi android atau media lain yang tepat dalam pembelajaran. 


Keywords


3D object; learning media; android apps; bangun ruang; media pembelajaran; aplikasi android

Full Text:

PDF

References


Amin, Ahmad Kholiqul. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Weblog Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro, (Penelitian Dilakukan Pada Mata Kuliah Metode Statistika Tahun Ajaran 2014/2015). Jurnal Magistra No. 94 Th. XXVII Desember 2015 ISSN 0215-9511 .

Batubara, Hamdan Husein. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Peserta didik SD/MI. 3 Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, MUALLIMUNA: Volume 3, Nomor 1, Oktober 2017

Dewi, Ni Wayan Dian Permana 2014. Pengembngan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan pendekatan Scientific Berorientasi Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Peserta didik.e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika (Volume 3 Tahun 2014)

Ependi. 2015. Pemanfaatan Teknologi Berbasis Android sebagai Media Belajar Matematika Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah MATRIK Vol.17 No.2, Agustus 2015:109 -122.

Iqbal. 2016. Perancangan Media Pembelajaran Aplikasi Fisika pada Pokok Bahasan Fluida Statis untuk Peserta didik SMA Berbasiss Android. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 04, No.02, hlm 20-24, 2016 http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi M. Iqbal:

Jurnal Pembelajaran Matematika Tahun III Nomor 1, Januari 2016 Irfan, Muhammad. 2016. Pemanfaatan Gadget dalam Pembelajaran Matematika Serta Pengaruhnya pada Mahasiswa yang Mengalami Math Anxietydi Universitas Sarjanwiyata Tamansiswa Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial

Juraman, Stefanus Rodrick. 2014. Pemanfaatan Smartphone Android oleh Mahapeserta didik Ilmu Komunikasi dalam Mengakses Informasi Edukatif (Studi Pada Mahapeserta didik Ilmu Komunikasi Fispol Unsrat). Journal Volume III. No.1. Tahun 2014.

Mamentu.2013. Manajemen Pendidikan Dan Pengajar Pada Sma Negeri Remboken Kabupaten Minahasa. IOSRJournal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) e-ISSN: 2320–7388,p-ISSN: 2320–737X Volume 3, Issue 5 (Nov. –Dec. 2013), PP 58-66.

Marlinda, Linda. 2015. Pengaruh CD Education dan Animasi Berbasis Android Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik SMU IPA Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015) 8 dan 9 Juni 2015, Bandung, Indonesia.

Murtiwiyati. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, Volume 12 Nomor : 2, Desember 2013 ISSN : 1412-9434

Prasetia, Eko Jhon Veri. 2017. Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Android. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi Vol. 4, No. 2, Oktober 2017, Hal. 219- 229 ISSN : 2355-9977 Copyright©2017 by LPPM UPI YPTK Padang.

Sulaeman. 2015. Pengemabngan Kurikulum 2013 dalam Paradigma Pembelajaran Kontemporer.. Jurnal Islamadina, Volume XIV , No. 1 , Maret 2015 : 71-95

Sulisworo, Dwi. 2014. Pengembangan Sistem Manajemen Pembelajaran Kooperatif Secara Mobile Berbasis Sistem Operasi Android. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies.IJCETS 3 (1) (2014): 56-63

Widodo. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013 Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol XVII, Edisi April 2013 ISSN : 1410-2994

Yuntoto, Singgih. 2015. Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Kompetensi Pengoperasian Sistem Pengendali Elektronik Pada Peserta didik Kelas Xi SMKN 2 Pengasih. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p122--136
Abstract views : 120 | PDF views : 50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Kwangsan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD PKP Index Indonesia One SearchCrossref Garda Rujukan Digital

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo 
Ds. Kwangsan 
Sedati - Sidoarjo 
Telp 0318911373 
Fax. 0318911392

Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

 

View My Stats