KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Uliya Ulil Arham(1), Kusumawati Dwiningsih(2*)
(1) Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
(2) Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 3606 | PDF downloaded : 822
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of interactive multimedia-based blended learning developed in the subject matter of chemical elements. The effectiveness in terms of improving student learning outcomes by comparing the value pretest and post-test then measured with N-gain. This type of research is developmental research. The procedures in this study refers to Research & Development (R & D) design that carried out only restricted to preliminary field test. The results showed student learning out-comes that used interactive multimedia blended learning as learning media increased with N-gain in the moderate category and in the high category. The conclusions obtained by the interactive multimedia blended learning based on the subject matter chemical element was declared effective used as a medium of learning in terms of student learning outcomes.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif berbasis blended learning yang dikembangkan pada materi pokok kimia unsur. Keefektifan tersebut ditinjau dari peningkatan hasil belajar siswa dengan membandingkan nilai pretest dan posttest kemudian diukur dengan N-gain. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan (developmental research). Prosedur pada penelitian ini mengacu pada desain Research
& Development (R&D) yang dilakukan hanya sebatas pada uji coba awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia interaktif berbasis blended learning sebagai media pembelajaran me- ngalami peningkatan, dengan N-gain pada kategori sedang dan kategori tinggi. Simpulan yang diperoleh yaitu multimedia interaktif berbasis blended learning pada materi pokok kimia unsur dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran ditinjau dari hasil belajar siswa.
Keywords
References
Al-Ani, W.T. 2013. Blended Learning Approach Using Moodle and Student’s Achievement at Sultan Qaboos University in Oman. Journal of Education and Learning. Vol 2, No 3. DOI: https://doi.org/10.5539/jel.v2n3p96
Arham, Uliya Ulil & Dwiningsih, Kusumawati. 2016. Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning pada Materi Pokok Kimia Unsur. Unesa Journal of Chemical Education. Vol. 5 No. 2. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/15788
Bath, D. & Bourke, J. 2010. Getting Started with Blended Learning. Australia: Griffith Institute for Higher Education
Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. 1989. Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman
Eklund, dan Schutte. 2003. Designing feelings into products - Integrating Kansei Engineering Methodology in Product Development. Thesis Linkoping Linkopings University
Jumiati, Sari Martala, dan Akmalia Dian. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Numbereds Heads Together (NHT) pada Materi Gerak Tumbuhan di Kelas VII SMP Sei Putih Kampar. Lectura Volume 02. https://www.unilak.ac.id/media/file/73452042508Martalasari-jumiati-dian.pdf
Kirna, I M., & Tegeh, I M. 2010. Metode Penenlitian Pengembangan Pendidikan. Skripsi tidak diterbitkan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Kusminarko, Warno. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Membuat Polacelana Pria Berbasis Adobe Flash pada Siswa Kelas XI Busana Butik di SMK Negeri 2 Godean. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Leow, Fui-Theng. 2014. Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education in a Malaysian University. The Turkish Online Journal of Educational Technology. Volume 13 issue 2 http://www.tojet.net/articles/v13i2/13211.pdf
Munadi, Y. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada
Murniati, D.R. & Sanjaya, I G.M. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Blended Learning di SMA Negeri 7 Kediri. Unesa Journal of Chemical Education. Vol. 2 No. 3. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/4482
Nur, M., Wikandari, P.R. & Sugiarto, B. 2004. Teori-teori Pembelajaran Kognitif. Edisi 2. Surabaya: PSMS Universitas Negeri Surabaya
Permendikbud No. 59 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Plomp, T. & Nieveen, N. 2013. Educational design research - Part A: An Introduction. Enschede, the Netherlands: SLO
Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., Rahardjito. 2010. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sudarma, I K. & Oka, G. P. A. 2008. Teknik Produksi dan Pengembangan Multimedia Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Sulistyowati, T. & Poedjiastoeti, S. 2013. Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Intertekstual pada Materi Reaksi Kimia untuk Kelas X SMA. Unesa Journal of Chemical Education. Vol. 2 No. 3. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/4469
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Uliya Ulil Arham, Kusumawati Dwiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id