PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL BAGI SISWA KELAS XI MULTIMEDIA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n2.p91--100

Utrisa Luftania Furi(1*), nFn Mustaji(2)
(1) Mahasiswa Pasca Sarjana Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Surabaya
(2) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 2299 | PDF downloaded : 491

Abstract

The purpose of this research is to produce a decent and effective digital photo video media for the subject of composition for the students of class XI Multimedia of Vocational High School. The development model used is the ADDIE model. To determine the feasibility of the product is based on expert test ie media experts and content experts. To know the effectiveness of the product is based on a comparison of learning result test between experiment class and control class at SMKN 1 Dlanggu Mojokerto. Based on the results of expert test data analysis obtained conclusion that the learning video media developed feasible to use in learning. The result of the value of pre-test and post- test conducted in control class and experimental class by using t-test obtained t-count is 13,11 and by using t-test distribution table with significant level 5% obtained t-table = 2 , 68, thus the video learning media declared effective. The conclusion of this study indicates that the video learning media subjects composition of digital photos declared feasible and effective for students class XI Multimedia Vocational Secondary School.


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media video mata pelajaran komposisi foto digital yang layak dan efektif bagi siswa kelas XI Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Untuk mengetahui kelayakan produk didasarkan pada uji ahli yakni ahli media dan ahli isi. Untuk mengetahui keefektifan produk didasarkan pada perbandingan tes hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol di SMKN 1 Dlanggu Mojokerto. Berdasarkan hasil analisis data uji ahli diperoleh simpulan bahwa media video pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil nilai dari pre-test dan post-test yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan uji-t diperoleh t-hitung adalah 13,11 dan dengan menggunakan tabel distribusi uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh t-tabel = 2,68, dengan demikian media video pembelajaran dinyatakan efektif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran mata pelajaran komposisi foto digital dinyatakan layak dan efektif bagi siswa kelas XI Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan.


Keywords

Learning video media; feasible; Vocational Secondary School; Learning video media; feasible; Vocational Secondary School
--

Full Text:

PDF ***

References

Anderson, Ronald. 1983. Selecting and developing media for instruction. New Jersey: Van Nortrand & Reinhold Co.

Aditiawan, Rangga. 2011. Mahir Fotogra untuk Hobi dan Bisnis. Bekasi: Laskar Aksara.

Arikunto,Suharsimi.2013.ProsedurPenelitian. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Borg & Gall. 1983. Educational Research: An Introduction. London: Longman Inc.

Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Aproach. USA: Springer.

Degeng, I Nyoman Sudana. 1989. Ilmu Pengajaran Variabel Taksonomi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Dharmawan, Bagas. 2010. Belajar Fotografi dengan Kamera DSLR. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Firdausi, Arif. 2012. Pro l Guru SMK Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Heinich, R. Molenda, M. Russel, J.D dan Smaldine, Sharon, E. 2005. Instructional Technolcogy and Media For Learning. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Indriana,Dina . 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Januszewski, Alan dan Molenda, Michael (Ed). 2008. Educational Technology: A Definition with Commentary. New York: Routledge.

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.
Riduan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Riyana, Cepi. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
Rusijono dan Mustaji. 2008. Penelitian Teknologi Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Sadiman, Arief. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.
Sheels, B.B & Richey. 1994. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiarto, Atok. 2014. SHUTTER: Kiat Memesona dengan Kecepatan Rana. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Suprihatiningrum, Jamil. 2014. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Susilana, Rudi & Riyana, Cepi. 2007. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Wiarto, Giri. 2016. Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.

Wiyani, Novan Ardy. 2014. Desain Pembelajaran Pendidikan: Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wiyani, Novan Ardy. 2014. Desain Pembelajaran Pendidikan: Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Utrisa Luftania Furi, nFn Mustaji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats