PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS HOTS PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XII AKL SMK NEGERI 2 MADIUN

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p52--69

Binti Munafi’ah(1), Supri Wahyudi Utomo(2), Elly Astuti(3*)
(1) Universitas PGRI Madiun
(2) Universitas PGRI Madiun
(3) Universitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author


This article has been read: 362 times



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji proses pengembangan, kelayakan, dan respons dari peserta didik terhadap pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Higher Order Thinking Skills pada kelas XII Akuntansi Keuangan dan Lembaga mata pelajaran akuntansi keuangan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Madiun. Penelitian ini dilakukan pada semester genap kelas XII Akuntansi Keuangan dan Lembaga dengan jumlah 25 peserta didik. Model pengembangan penelitian yang digunakan yakni model 4D (Define, Design, Development and Dissemination). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket atau kuesioner, dokumentasi dan tes hasil respons peserta didik. Hasil dari penelitian ini ialah tingkat kelayakan berdasarkan penilaian pengesahan dari ahli materi, kebahasaan, dan desain grafis mendapatkan skor nilai 87%, kategori sangat layak untuk digunakan. Aspek yang digunakan untuk mendapatkan kelayakan diambil dari aspek materi, aspek kebahasaan dan aspek media (desain grafis). Tingkat respons peserta didik dinilai berdasarkan 4 komponen, yakni komponen isi, materi, penyajian dan bahasa, serta mendapatkan kriteria penilaian “Sangat Menarik” untuk digunakan.

 

Abstrak

This study aims to analyze and study the development process, feasibility, and response of students to the development of Student Worksheets based on Higher Order Thinking Skills in class XII Financial Accounting and Institutions of financial accounting subjects at 2 Madiun Vocational High School. This research was conducted in the even semester of class XII Financial Accounting and Institutions with a total of 25 students. The research development model used is the 4D model (Define, Design, Development and Dissemination). Data collection is done by observation, questionnaire or questionnaire, documentation and test results of students' responses. The results of this study are the level of eligibility based on the assessment of endorsement by experts in material, linguistic, and graphic design score of 87%, the category is very feasible to use. The aspects used to obtain eligibility are taken from the material aspects, linguistic aspects and media aspects (graphic design). Student response rates are assessed based on 4 components, namely the components of content, material, presentation and language, and get an assessment criteria "Very Attractive" to use.


Keywords


Development; LKPD; HOTS; Financial Accounting; Pengembangan; LKPD; HOTS; Akuntansi Keuangan

Full Text:

PDF

References


Badan Standart Nasional Pendidikan. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi.
Badan Standart Nasional Pendidikan. (2017). Standar Penulisan Buku Ajar. Jakarta: Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan.

Harususilo, Y. E. (2019). Daftar Lengkap Skor PISA 2018: Kemampuan Baca, Berapa Skor Indonesia?. Kompas.com, hlm. 3.

Heong, Yee Mei; Yunos, Jailani Md; Othman, Widad; Hassan, Razali; Kiong, Tee Tze; Mohamad, M. M. (2012). The Needs Analysis of Learning Higher Order Thinking Skills for Generating Ideas. Procedia: Social and Behavior Science, 59, 197–203. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.265

Nurhayati, Fitri; Widodo, Joko; Soesilowati, E. (2015). Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pokok Bahasan Tahap Pencatatan Akuntansi Perusahaan Jasa. 4(1), 14–19.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta: Diva Press.

Riduwan. (2016). Pengantar Statistika: Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: ALFABETA.

Rosyi, Fahrur; Fatirul, A. N. H. (2020). Kelayakan Bahan Ajar Materi Perbandingan Trigonometri yang Berorientasi HOTS pada Siswa SMA. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5 No 1, 38–50.

Salinan Peraturan Menteri dan Pendidikan Kebudayaan No. 22. (2016). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sari, Andini Tri Indah; Hakim, L. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( Lkpd ) Berbasis Higher — Order Thinking Skills ( Hots ) Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Kelas XI Semester II. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 06, 230–238.

Sari, D. I., & Hakim, L. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Saintifik Mata Pelajaran Layanan Lembaga Keuangan Syariah Kelas XI Semester I Kompetensi Keahlian Perbankan Syariah Kelas XI Kompetensi Keahlian Perbankan Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 07 Nomor 0, 342–346.

Sasongko, C., Setyaningrum, A., Hanum, A. N., Febriana, A., Pratiwi, A. D., & Zuryati, V. (2016). Akuntansi Suatu Pengantar: berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat.

Simbolon, Serma Ulipa; Ansari, Khairil; Simbolon, N. (2020). Work Sheet Development Based on Through Skills Based on High Level of Thematic Learning in 5th grade of Primary School (SD Negeri 040460 Berastagi T.A 2019/2020). Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 2(1), 436–454. https://doi.org/10.33258/biolae.v2i1.214

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi HOTS pada Kurikulum 2013. Jurnal Inventa, III(1), 1–17.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Sukmawati, Anugrah; Haris, H. M. (2019). Persepsi Guru terhadap Penilaian Higher Order Thingking Skills (HOTS) (Studi pada UPT Satuan Pendidikan SMAN 1 Jeneponto). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum, & Pengajarannya, XIV(2), 157–169.

Vitasari, D., & Rohayati, S. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas XI Di SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2), 177–182.


Article Metrics

Abstract viewed : 238 | PDF downloaded : 124

Copyright (c) 2021 Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats