FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN TIK OLEH GURU

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v3n2.p121--134

Sri Lestari(1*)
(1) Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan Sidoarjo
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 78233 | PDF downloaded : 10830

Abstract

Not all teachers utilize ICT in organizing learning activities although they have understood that such learning strategies which really support or help level the learners mastery of the subject matter. Constraint the use of ICT by teachers are: no access, no adaanya means of ICT, learning does not integrate ICT, teachers have no knowledge of ICT, and no lack of willingness of teachers to utilize ICT. So the solution of problems utilization of ICT are: conducted socialization constantly about the potential, the benefits and importance of ICT in learning activities so that there is policy support, not only from the central government, local government, private agencies but also from the head school, (2) conducted more intensive training with a more lax or inadequate so it is possible for teachers to put into practice the results of training in the classroom, (3) the teachers responded to the advancement of ICT positively by action through the use of ICT in learning activities be a professional duties, and (4) implemented the procurement of ICT tools in schools gradually and berkelajuta, either through the government, the private sector and the community.

 

Abstrak

Belum semua guru memanfaatkan TIK dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang diampunya walaupun mereka telah memahami bahwa strategi pembelajaran yang demikian ini sangat menunjang atau membantu tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran. Kendala pemanfaatan TIK oleh guru adalah: tidak adanya akses, tidak adaanya sarana TIK, pembelajaran tidak mengintegrasikan TIK, guru tidak memiliki pengetahuan tentang TIK, dan tidak adanya kemauan guru untuk memanfaatkan TIK. Sehingga solusi dari kendala pemanfaaatan TIK adalah: dilakukan sosialisasi yang terusmenerus tentang potensi, manfaat, dan pentingnya TIK di dalam kegiatan pembelajaran sehingga ada dukungan kebijakan, tidak hanya dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, instansi swasta tetapi juga dari kepala sekolah, dilaksanakan pelatihan yang lebih intensif dengan waktu yang lebih longgar atau memadai sehingga dimungkinkan bagi guru untuk mempraktekkan hasil pelatihan di dalam kelas, para guru merespons kemajuan TIK secara positif dengan tindakan nyata melalui pemanfaatan TIK di dalam kegiatan pembelajaran yang menjadi tugas profesionalnya, dan dilaksanakan pengadaan perangkat TIK di sekolah secara bertahap dan berkelajutan, baik melalui pemerintah, pihak swasta maupun masyarakat.

Keywords

information and communication technology (ICT); learn use ict; teknologi Informasi dan komunikasi (TIK); pemanfaatan TIK dalam pembelajaran
--

Full Text:

PDF ***

References

Ghafur, M. 2009. Kendala Penerapan TIK di Bidang Pendidikan. Jakarta: Universitas Indonesia. https://staff.blog.ui.ac.id/harrybs/2009/04/22/kendalapenerapantik di bidang pendidikan. Diakses tanggal 27 Agustus 2015.

Gultom, Sl. 2012. Kata Pengantar Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://ukg.kemdikbud.go.id/info. Diakses pada tanggal 27 Agustus 2015.

Hartoyo. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Bahasa. Semarang: Pelita Insani.

Kurniawan, A dan Siahaan, S. 2015. Kearah Pembelajaran Terintegrasi TIK di Pulau Marore, Perbatasan Indonesia dengan Filipina. Jurnal Teknodik Vol. 19 - Nomor 1, April 2015. Jakarta: Pustekkom Departemen Pendidikan Nasional.

Miarso, Y. 2004, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Jejaring e Pendidikan. Jardiknas (Indonesian Education ICT Network). Ciputat Tangerang Selatan: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Siahaan, S. 2011, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustekkomdiknas.

Siahaan, S. 2009, Pemanfaatan Teknologi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan TIK oleh Guru. Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran. Modul Pelatihan Pengembangan Dan Pemanfaatan Konten Jardiknas. Jakarta: Pustekkom Departemen Pendidikan Nasional.

Siahaan, S dan Martiningsih. 2009. Pemanfaatan Internet dalam Kegiatan Pembelajaran di SMP Al Muslim SidoarjoJawa Timur, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 15 No.: 3, Mei 2009. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Siahaan, S. 2008. Perkembangan Siaran Televisi Edukasi (TVE): Persepsi dan Penyikapan Guru. Jakarta: Pustekkom-Depdiknas. http://pakdirman.blogspot.com/2008/01/perkembangan-siaran televisi-edukasi.html. diakses pada tanggal 9 September 2015.

Sutrisno. 2007. E-learning di Sekolah dan KTSP. e-dukasi.net. Pustekkom Depdiknas. http://www.e-dukasi.net/artikel/index.php?id=60 diakses pada tanggal 27 Agustus 2015.

Sugono, D, dkk. (eds.). 2011. Prosiding Forum Peneliti di Lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta: Badan Penelitian dan PengembanganKementerian Pendidikan Nasional.

Surjono, HD. 2010, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Makalah, disajikan dalam seminar MGMP Terpadu SMP/MTs Kota Magelang.

Warsihna, J. 2013. Pemanfaatan TIK untuk Pendidikan di Daerah 3T, Jurnal Ilmiah TEKNODIK, Vol. 17 No. 2, Juni 2013. Tangerang Selatan: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yaniawati, Poppy. 2007. Peran ”ELearning” dalam Pembelajaran http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2007/042007/12/0902.htm diakses tanggal 27 Agustus 2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Sri Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats