MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN BERDASARKAN TOPIK TERTENTU MELALUI MEDIA PRESENTASI PADA SISWA KELAS XII SMALB TUNARUNGU KARYA MULIA SURABAYA
Totok Warsito(1*)
(1) Karya Mulia Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 1057 | PDF downloaded : 145
Abstract
Writing skills based on the topic of the presentation by some used in the lesson for students of class XII SMALB Tunarungu Karya Mulia Surabaya is to help the students. Teachers can explained a knowledge of the images through life (video), picture dead, even a teacher can make variety of information are connected through the internet at the time. Media is developed for writing on a specific topic in learning encounters many obstacles, based on a particular topic proven low-self municipality study result of the students far below KKM. For that writer do a class action research (PTK) includes 3 cycle and each cycle consists of two times. The research starts from the pre action activities as spearhead of research action class, and then continued with a cycle 1, 2, to cycle the cycle 3. The results indicate an increase in the class learned the student of class XII SMALB Karya Mulia Surabaya based on a speci c topic during a presentation by the media.
Abstrak
Keterampilan menulis karangan berdasarkan topik tertentu melalui media presentasi yang digunakan pembelajaran bagi siswa kelas XII SMALB Tunarungu Karya mulia Surabaya sangat membantu mempermudah pemahaman siswa. Guru dapat menjelaskan berbagai pengetahuan, baik melalui tulisan, gambar hidup (video), maupun gambar mati. Bahkan guru dapat memilih berbagai informasi melalui internet yang disambungkan pada media presentasi. Media ini dikembangkan karena pelajaran menulis berdasarkan topik tertentu menemui kendala, yang terbukti dari masih rendahnya nilai hasil belajar siswa, jauh di bawah KKM. Oleh karena itu, penulis tergugah untuk melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mencakup 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian dimulai dari kegiatan pra tindakan, dilanjutkan dengan siklus-1, siklus-2, sampai dengan siklus-3. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas XII SMALB Karya Mulia Surabaya dalam menulis berdasarkan topik tertentu melalui media presentasi.
Keywords
References
Angkowo, R dan Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran, Jakarta: PT Grasindo.
Arikunto, S. dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.
Bunawan, L, & Yuwati, C.S. 2000. Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu, Jakarta Yayasan Santi Rama.
Depdiknas. 2006. Pedoman Penyusunan dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta Depdiknas.
Keraf, Gorys. 1989. Komposisi, Flores: Nusa Indah.
Mastoyo, Tri. 2007. Pengantar Metode Penelitian bahasa, Yogyakarta: Caraswatibook
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Musaba, Zulkifli. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar, Banjar Masin: Sarjana Indonesia.
Nasution, Wahyudin Nur. 2006. Efektifitas Strategi pembelajaran Koperatif dan Ekspositori terhadap Hasil belajar Sains Ditinjau dari Cara Berpikir, Makalah dimuat dalam jurnal penelitian edisi 5 tahun 2006.
Prayitno dan Amti. 2002. Dasar-dasar Bimbingan dan konseling, Jakarta:Rineka Cipta
Rifai, Mien A. 1997. Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan, dan Penerbitan, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rubin. 1995. Teaching Elementary language Art, An Integrated approach.,Boston: Allyn and Bacon
Sabarti, Akhadijah. dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia, Jakarta: Erlangga.
Sadiman, Arief S. , dkk.1986. Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No.6 Media
Sardiman. 2008. Interaksi dan motifasi belajar mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Syafi’ie. 1998. Retorika dalam Menulis, Jakarta: Depdikbud.
Sujana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rusda Karya.
Suryanti dkk. 2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif, Surabaya: Unesa University Pres
Somad, P. & Herawati, T. 1996. Ortopaedagogik Anak Tunarungu, Bandung: Depdikbud.
Tarigan, D. & Tarigan, H.G. 1986. Tehnik Pengajaran Keterampilan
Berbahasa, Bandung: Aksara Bandung.
Tarigan, H.G. 1996. Menulis sebagian dari Keterampilan Berbahasa, Jakarta: Erlangga.
Tim Bahasa Indonesia SLB-B Karya Mulia Surabaya. 2003. Pelaksanaan Metode Maternal Reflektif sebagai upaya Meningkatkan Keterampilan Berbahasa di SLB-B Karya Mulia Surabaya. Makalah disampaikan pada lokakarya dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan di SLB-B Karya mulia Surabaya, tanggal 30 April 2003 di Surabaya.
Tompkins, Gail E. 1990. Teaching Writing Balancing Process and Product, New York: Macmillan Publishing Company
Winkel, W.S. 1987. Psikologi Pengajaran, Jakarta: PT Gramedia.
Website:http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/sastra-indonesia/article/view/211, diakses pada tanggal 31 Januari 2013
Website:http://library.um.ac.id/freecontenarits/index.php/pub/detail/leita-ninis-restanti-38689.html, diakses pada 31 Januari 2013.
Website:http://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&src=k&id=154752, diakses hari Kamis, tanggal 1 Februari 2013.
Zuchdi, Darmiyati. 1997. “Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Proses”, Karya Ilmiah disajikan dan dibahas pada Senat Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Totok Warsito
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id