MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN BERDASARKAN TOPIK TERTENTU MELALUI MEDIA PRESENTASI PADA SISWA KELAS XII SMALB TUNARUNGU KARYA MULIA SURABAYA

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v2n2.p108--121

Totok Warsito(1*)
(1) Karya Mulia Surabaya
(*) Corresponding Author


This article has been read: 192 times



Abstract


Writing skills based on the topic of the presentation by some used in the lesson for students of class XII SMALB Tunarungu Karya Mulia Surabaya is to help the students. Teachers can explained a knowledge of the images through life (video), picture dead, even a teacher can make variety of information are connected through the internet at the time. Media is developed for writing on a specific topic in learning encounters many obstacles, based on a particular topic proven low-self municipality study result of the students far below KKM. For that writer do a class action research (PTK) includes 3 cycle and each cycle consists of two times. The research starts from the pre action activities as spearhead of research action class, and then continued with a cycle 1, 2, to cycle the cycle 3. The results indicate an increase in the class learned the student of class XII SMALB Karya Mulia Surabaya based on a speci c topic during a presentation by the media.

 

Abstrak

Keterampilan menulis karangan berdasarkan topik tertentu melalui media presentasi yang digunakan pembelajaran bagi siswa kelas XII SMALB Tunarungu Karya mulia Surabaya sangat membantu mempermudah pemahaman siswa. Guru dapat menjelaskan berbagai pengetahuan, baik melalui tulisan, gambar hidup (video), maupun gambar mati. Bahkan guru dapat memilih berbagai informasi melalui internet yang disambungkan pada media presentasi. Media ini dikembangkan karena pelajaran menulis berdasarkan topik tertentu menemui kendala, yang terbukti dari masih rendahnya nilai hasil belajar siswa, jauh di bawah KKM. Oleh karena itu, penulis tergugah untuk melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mencakup 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian dimulai dari kegiatan pra tindakan, dilanjutkan dengan siklus-1, siklus-2, sampai dengan siklus-3. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas XII SMALB Karya Mulia Surabaya dalam menulis berdasarkan topik tertentu melalui media presentasi.


Keywords


writing based on specific topics; medium of presentation; menulis berdasarkan topik tertentu; media presentasi

Full Text:

PDF

References


Angkowo, R dan Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran, Jakarta: PT Grasindo.

Arikunto, S. dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Bunawan, L, & Yuwati, C.S. 2000. Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu, Jakarta Yayasan Santi Rama.

Depdiknas. 2006. Pedoman Penyusunan dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta Depdiknas.

Keraf, Gorys. 1989. Komposisi, Flores: Nusa Indah.

Mastoyo, Tri. 2007. Pengantar Metode Penelitian bahasa, Yogyakarta: Caraswatibook

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Musaba, Zulkifli. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar, Banjar Masin: Sarjana Indonesia.

Nasution, Wahyudin Nur. 2006. Efektifitas Strategi pembelajaran Koperatif dan Ekspositori terhadap Hasil belajar Sains Ditinjau dari Cara Berpikir, Makalah dimuat dalam jurnal penelitian edisi 5 tahun 2006.

Prayitno dan Amti. 2002. Dasar-dasar Bimbingan dan konseling, Jakarta:Rineka Cipta

Rifai, Mien A. 1997. Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan, dan Penerbitan, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rubin. 1995. Teaching Elementary language Art, An Integrated approach.,Boston: Allyn and Bacon

Sabarti, Akhadijah. dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia, Jakarta: Erlangga.

Sadiman, Arief S. , dkk.1986. Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No.6 Media

Sardiman. 2008. Interaksi dan motifasi belajar mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syafi’ie. 1998. Retorika dalam Menulis, Jakarta: Depdikbud.

Sujana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rusda Karya.

Suryanti dkk. 2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif, Surabaya: Unesa University Pres

Somad, P. & Herawati, T. 1996. Ortopaedagogik Anak Tunarungu, Bandung: Depdikbud.

Tarigan, D. & Tarigan, H.G. 1986. Tehnik Pengajaran Keterampilan

Berbahasa, Bandung: Aksara Bandung.

Tarigan, H.G. 1996. Menulis sebagian dari Keterampilan Berbahasa, Jakarta: Erlangga.

Tim Bahasa Indonesia SLB-B Karya Mulia Surabaya. 2003. Pelaksanaan Metode Maternal Reflektif sebagai upaya Meningkatkan Keterampilan Berbahasa di SLB-B Karya Mulia Surabaya. Makalah disampaikan pada lokakarya dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan di SLB-B Karya mulia Surabaya, tanggal 30 April 2003 di Surabaya.

Tompkins, Gail E. 1990. Teaching Writing Balancing Process and Product, New York: Macmillan Publishing Company

Winkel, W.S. 1987. Psikologi Pengajaran, Jakarta: PT Gramedia.

Website:http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/sastra-indonesia/article/view/211, diakses pada tanggal 31 Januari 2013

Website:http://library.um.ac.id/freecontenarits/index.php/pub/detail/leita-ninis-restanti-38689.html, diakses pada 31 Januari 2013.

Website:http://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&src=k&id=154752, diakses hari Kamis, tanggal 1 Februari 2013.

Zuchdi, Darmiyati. 1997. “Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Proses”, Karya Ilmiah disajikan dan dibahas pada Senat Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP


Article Metrics

Abstract viewed : 154 | PDF downloaded : 38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Jurnal Kwangsan




 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # # # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats