PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG (TTS) DARING TERHADAP HASIL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUN (AKM) LITERASI SISWA DI SEKOLAH DASAR

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n2.p662--680

Lativa Qurrotaini(1), Listya Nursita Arifani(2*), Nisrina Qutratuaini(3)
(1) Universitas Muhammmadiyah Jakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Jakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 949 | PDF downloaded : 133

Abstract

The purpose of this research is to provide information related to the impact of the use of educational game learning media, especially in crossword games on the results of the minimum literacy competency assessment of students in grade V elementary school. This study used a quantitative research method pre-experimental design type one group pretest-posttest. Sampling used a random sampling technique, where the number of samples in the study were 30 students, consisting of 15 students in class 5A and 15 students in class 5B. In calculating the research prerequisite analysis data using the Kolmogorov-Smirnov normality test, and paired sample t-test. The results of hypothesis calculations using the paired sample-t test stated the value of Sig. (2-tailed) of 0.005 <0.05, then Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is an average difference between the results of the pre-test and post-test minimum competency assessments, which means that there is influence in the use of online crossword educational games as learning media in improving the results of the literacy minimum competency assessment for 5th grade students at SDN Cibeuteung Muara 02.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberikan informasi terkait adanya dampak dari penggunaan media pembelajaran permainan edukasi khususnya pada permainan teka-teki silang terhadap hasil AKM Literasi siswa pada kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, dimana banyaknya sampel pada penelitian sebanyak 30 orang siswa, yang terdiri dari 15 orang siswa kelas 5A dan 15 orang siswa kelas 5B. Dalam perhitungan data analisis prasyarat penelitian menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, dan uji paired sample t-test. Hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji paired sample-t test dinyatakan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.005 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil AKM Literasi prates dengan pascates, yang artinya terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran permainan edukatif TTS daring dalam meningkatkan hasil AKM Literasi siswa kelas 5 SDN Cibeuteung Muara 02.

Keywords

AKM; literasi; media belajar; teka-teki silang; literacy; learning media; crossword.
--

Full Text:

PDF ***

References

Ali, W. L., & Zamzam, A. (2014). Strategi Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Di Madrasah. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 2(3), 248-258.

Andriani, L., Diana, S., & Hidayat, T. (2022). Analisis kemampuan numerasi siswa pada materi genetika berdasarkan asesmen kompetensi minimum (AKM). Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 5(2), 100-105.

Aribowo, E. K. (2017). Media Pembelajaran DIY: Membuat Flash Card dan Teka-Teki Silang Mandiri.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Ariyanto, M. P., Nurcahyandi, Z. R., & Diva, S. A. (2023). Penggunaan Gamifikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(1), 1-10.

Fajrianti, Z., & Firmansyah, D. (2023). PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL PRETEST AKM NUMERASI SISWA DI SEKOLAH PENEMPATAN KAMPUS MENGAJAR. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(3), 1083-1090.

Johan, R. S. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII2 SMP NEGERI 4 TANAH PUTIH. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1-9.

Maharani, D. A. M., Rahmawati, I., & Sukamto, S. (2019). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa melalui strategi pembelajaran team quiz dan media teka teki silang. International Journal of Elementary Education, 3(2), 151-158.

Mashuri, S. (2019). Media pembelajaran matematika. Deepublish.

Mustofa, S. S., & Abdullah, M. H. (2017). Penggunaan Media Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Songgokerto 01 Batu. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 1491-1500.

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan persepsi calon guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1).

Nuranafi, D. A., & Rusnilawati, R. (2022). EFEKTIVITAS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 239-260.

Puspita, N., & Sabiqoh, N. (2017). Teaching vocabulary by using crossword puzzle. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 10(2), 308-325.

Resti, Y., Zulkarnain, Z., Astuti, A., & Kresnawati, E. S. (2020). Peningkatan kemampuan numerasi melalui pelatihan dalam bentuk tes untuk asesmen kompetensi minimum bagi guru sdit auladi sebrang ulu ii palembang. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 670-673.

Rohim, D. C. (2021). Konsep asesmen kompetensi minimum untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54-62.

Sababalat, D. F., Purba, L. S. L., & Sormin, S. (2021). Efektivitas pemanfaatan media pembelajaran teka-teki silang online terhadap peningkatan minat belajar siswa. Edumatsains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 6(1), 207-218.

Slavin, E., Robert. 2009. Psikologi Pendidikan, Teori dan Praktik. Edisi Kesembilan Jilid I. terjemah-an Murianto Samosir. New Jersey: Person Education, Inc. Pengembangan multimedia ular tangga model hannafin dan peck untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas VIII semester genap di SMP Negeri 6 singaraja tahun pelajaran 2015/2016.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Türel, Y. K., & Dokumaci, O. (2022). Use of media and technology, academic procrastination, and academic achievement in adolescence. Participatory Educational Research, 9(2), 481-497.

Wana, P. R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas V. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 100-107.

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68-73.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lativa Qurrotaini, Listya Nursita Arifani, Nisrina Qutratuaini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats