STRATEGI PESANTREN DALAM MENUMBUHKAN ENTREPRENEURSHIP SANTRI
Rif’an Humaidi(1*), Jazilatul Auniyah(2)
(1) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(2) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 1172 | PDF downloaded : 150
Abstract
The purpose of this research is to describe: 1) the of the Islamic boarding school's strategy in the planning stage in fostering santri entrepreneurship. 2) of the Islamic Boarding School strategy in the implementation stage in fostering santri entrepreneurship. 3) of the Islamic Boarding School strategy in the evaluation stage in fostering santri entrepreneurship. This research uses a qualitative approach with a descriptive type. Data analysis techniques used Miles, Huberman namely: data condensation, data presentation, and data verification/conclusion. The validity of the data uses source triangulation and technical triangulation. The results of this research are the Islamic Boarding School's strategic in fostering student entrepreneurship at the Raden Rahmad Sunan Ampel Antirogo Jember Islamic Boarding School which includes the planning, implementation and evaluation stages. The planning stage includes the following steps: formulation of the vision, environmental assessment, organizational assessment and determination of the santri strategy. While the implementation phase includes strategy implementation, change analysis, change planning, communicating changes and consolidating changes. The evaluation phase includes review activities and performance measurement.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) strategi Pesantren pada tahap perencanaan dalam menumbuhkan entrepreneurship santri. 2) strategi Pesantren pada tahap implementasi dalam menumbuhkan entrepreneurship santri. 3) strategi Pesantren pada tahap evaluasi dalam menumbuhkan entrepreneurship santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik analisis data menggunakan Miles, Huberman yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi/ kesimpulan data. Keabsahan data menggunakann trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil dari penelitian ini strategi Pesantren dalam menumbuhkan entrepreneurship santri di Pondok Pesantren Raden Rahmad Sunan Ampel Antirogo Jember mencakup tahap perencanaan, implementasi dan Evaluasi. Tahap perencanaan meliputi langkah-langkah: perumusan visi, asesmen lingkungan, asesmen organisasi dan penentuan strategi santri. Sedangkan tahap implementasi meliputi implementasi strategi, analisa perubahan, perencanaan perubahan, mengkomunikasikan perubahan serta mengkonsolidasi perubahan. Tahap evaluasi meliputi aktivitas peninjauan ulang dan pengukuran kinerja.
References
Afandi, Z. (2019). Strategi Pendidikan Entrepreneurship di Pesantren Al-Mawaddah Kudus. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 7(1), 55. https://doi.org/10.21043/bisnis.v7i1.5191
Agustina, M., Pujiati, P., & Perdana, R. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6900–6910. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3281
Aziz, A. A. (2020). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Membentuk Santri Yang Berjiwa Entrepreneur. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 5(3), 233–254. https://doi.org/10.15575/tadbir.v5i3.2104
EQ, N. A., Suhartini, A., & Sutarjo, J. (2020). Pemberdayaan Santri Melalui Pendidikan Entrepreneurship. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 5(01), 52. https://doi.org/10.32332/riayah.v5i01.2300
Fatchurrohman; Ruwandi. (2018). Model Pendidikan Entrepreneurship Di Pondok Pesantren Pondok Pesantren Bina Insani Susukan dan Pondok Pesantren Al
Ittihad Poncol Kabupaen Semarang Kabupaten Semarang. Inferensi: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 12(2), 395–416. https://inferensi.iainsalatiga.ac.id/index.php/inferensi/article/view/1869/pdf
Firmansyah, K., Fadhli, K., & Rosyidah, A. (2020). Membangun Jiwa Entrepreneur Pada Santri Melalui Kelas Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Ekonomi, 1(1), 28–35.
Hasim, A., & Ramly, A. T. (2021). Pendidikan Enterpreneurship Pada Abad 21 (Millenial) Di Pondok Pesantren. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v1i1.4323
Kahfi, S., & Kasanova, R. (2020). Manajemen Pondok Pesantren Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pondok Pesantren Mambaul Ulum Kedungadem Bojonegoro). Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(1), 26–30.
Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 257–267.
Majid, S., RS, S., & Fakhruroji, M. (2018). Manajemen Strategi Pesantren dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Santri. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 3(1), 67–83. http://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/tadbir/article/view/158
Nurul Alifa, M., & Musringudin, M. (2022). Evaluasi Program Latihan Kepemimpinan Organisasi Siswa Intra Sekolah di Pondok Pesantren Al-Hamid Putri. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(6), 1006–1017. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i6.628
Qori, I. (2019). Analisis implementasi manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan pondok pesantren. Management and Business Review, 3(2), 83–94. https://doi.org/10.21067/mbr.v3i2.4605
Rasidi, A. (2022). Manajemen Strategik dan Boarding School dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren. Palapa, 10(2), 460–472. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i2.2276
Saepudin, A., & Mentari, B. N. (2016). Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Kwangsan, 4(1), 43. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v4i1.34
Siregar, R. L. (2017). Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Islam. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 59–75.
Stai, D., Muahmmad, S., Samba, S., & Barat, K. (2013). DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA Adnan Mahdi Abstract Pesantren is the oldest and unique educational institution which has Indonesian characteristics , therefore , many studies have been conducted from different perspectives , especially in the terms of peri. Jurnal ISLAMIC Review, II(1), 1–20.
Syahputra, R. D., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsp Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(3), 51–61.
Tsauri, S., & Wahidah, F. (2021). Strategi kepemimpinan entrepreneurship kiai dalam eskalasi kemandirian santri melalui pendidikan terpadu di pesantren. Leaderia: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 108–130.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rif’an Humaidi, Jazilatul Auniyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id