MULTIMEDIA GLADHEN AKSARA JAWA UNTUK SISWA KELAS V SD
Haprilia Cahyaningsih(1*), Supartinah Supartinah(2)
(1) Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 1446 | PDF downloaded : 280
Abstract
The low score of the Javanese script deserves more attention, not only as a characteristic of Javanese culture, but as part of the identity of the Javanese people. The low score is caused by the low interest of students in learning Javanese script and the absence of media used during learning Javanese script. To overcome these problems it is necessary to develop media that is easily accessible to students, one of which is multimedia. The purpose of this study was to produce a decent, practical, and effective Javanese script gladhen multimedia for teaching Javanese script reading and writing skills for grade V SD. The development research refers to the 5 steps of ADDIE development. Collecting data through interviews, observation, questionnaires, and tests of skills in reading and writing Javanese script. Data analysis was performed using qualitative and quantitative data analysis. The effectiveness of the Javanese script gladhen multimedia for learning Javanese script reading and writing skills was analyzed by means of the n-gain score, t-test, and Manova test with a significance level of 0.05. The results of the study stated that the Javanese script gladhen multimedia was feasible, practical, and effective for learning Javanese script reading and writing skills.
Abstrak
Rendahnya nilai aksara Jawa sudah sepatutnya mendapatkan perhatian yang lebih, bukan hanya sebagai karakteristik budaya Jawa, tetapi sebagai bagian dari identitas masyarakat Jawa. Rendahnya nilai tersebut disebabkan oleh rendahnya minat siswa dalam mempelajari aksara Jawa dan belum adanya media yang digunakan selama pembelajaran aksara Jawa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dikembangkan media yang mudah diakses oleh siswa, salah satunya adalah multimedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan multimedia gladhen aksara Jawa yang layak, praktis, dan efektif untuk pembelajaran keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa kelas V SD. Penelitian pengembangan mengacu pada 5 langkah pengembangan ADDIE. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, dan tes keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa. Analisis data dilakukan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Keefektifan multimedia gladhen aksara Jawa untuk pembelajaran keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa dianalisis dengan skor n-gain, uji-t, dan uji Manova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyatakan bahwa multimedia gladhen aksara Jawa layak, praktis, dan efektif untuk pembelajaran keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa.
Keywords
References
Badryatusyahryah, B., Winarsih, M., Kustandi, C., & Putro, P. A. (2022). PENERAPAN GAMIFIKASI DALAM PENDIDIKAN FISIKA: SUATU STUDI LITERATUR SISTEMATIS. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 283. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n2.p283--301
Branch, R. M. (2009). Instructional Design:The ADDIE Approach. Springer.
Clark, R. C., & Mayer, E. E. (2003). E-learning dan Ilmu Instruksi. Jossey-Bass.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-Learning and the Science of Instruction: Proven Gidelines for Customers and Designers of Multimedia Learning. John Wiley & Sons.
Degeng, I. N. S. (2013). Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Aras media.
Eka Estianti, W., & Al Masjid, A. (2021). Analisis Hasil Belajar Menulis Aksara Jawa pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mirit Kebumen. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11104
Faatin, N. A., & Rusnilawati, Nf. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL WORDWALL DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI MATERI OPERASI BILANGAN KELAS VI. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 221. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n2.p221--238
Fauyan, M. (2019). Developing Interactive Multimedia Through Ispring on Indonesian Language Learning with The Insights of Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 177. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.4173
Febrianti, F. U. A., Ahmadi, F., & Widihastrini, F. (2018). Pengembangan Game Mobile Media Aksara Jawa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Joyful Learning Journal, 7(3), Art. 3. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i3.24627
Hartati, T. (2017). Multimedia dalam Pengembangan Literasi di Sekolah Dasar Terpencil. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(1), 47–54. https://doi.org/10.17977/um009v25i12016p047
Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. (2022). Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Nomor 432.5/04678, tentang Pedoman Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Jawa Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah di Provinsi Jawa Tengah.
Laba Laksana, D. N., Dasna, I. W., & Degeng, I. N. S. (2019). The Effects of Inquiry-Based Learning and Learning Styles on Primary School Students’ Conceptual Understanding in Multimedia Learning Environment. Journal of Baltic Science Education, 18(1), 51–62. https://doi.org/10.33225/jbse/19.18.51
Mayer, R. E. (2017). Using Multimedia for E‐Learning. Journal of Computer Assisted Learning, 33(5), 403–423. https://doi.org/10.1111/jcal.12197
Mutlu-Bayraktar, D., Cosgun, V., & Altan, T. (2019). Cognitive Load in Multimedia Learning Environments: A Systematic Review. Computers & Education, 141, 103618. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103618
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 79–83. https://doi.org/10.15294/IJCET.V6I2.19336
Nisa, P. L. K., Maknunah, J., & Syaifulloh, A. (2017). Game Aplikasi Pengenalan Aksara Jawa “Hanacaraka” berbasis Android. Seminar Nasional Sistem Informasi 2017. https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/83/68
Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261
Onyema, E. M., Eucheria, N. C., Obafemi, F. A., Sen, S., Atonye, F. G., Sharma, A., & Alsayed, A. O. (2020). Impact of Coronavirus Pandemic on Education. Journal of Education and Practice. https://doi.org/10.7176/JEP/11-13-12
Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705
Passerini, K. (2007). Hasil Kinerja dan Perilaku dalam Pembelajaran yang Didukung Teknologi: Peran Multimedia Interaktif (Vol. 2). Jurnal Pendidikan Multimedia dan Hypermedia.
Peraturan Daerah Kabupaten Klaten. (2014). Peraturan Daerah Kabupaten Klaten Nomor 2 tentang Pelestarian Bahasa dan Budaya Jawa.
Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Kencana.
Purwaningsih, E., Nurhadi, D., & Masjkur, K. (2019). TPACK Development of Prospective Physics Teachers to Ease the Achievement of Learning Objectives: A Case Study at The State University of Malang, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1), 012042. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012042
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Rasyid, M., Azis, A. A., & Saleh, A. R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Konsep Sistem Indera pada Siswa kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69–80. http://dx.doi.org/10.17977/um052v7i2p69-80
Reigeluth, C. (1999). Apa Itu Teori Desain Instruksional dan Bagaimana Perubahannya? Dalam CM Reigeluth (Ed.) Teori dan Model Instruksional. Lawrence Erlbaum Associates.
Suryaningrum, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Papan kertu Maneka Warna Aksara Jawa untuk Siswa Kelas V di SD Negeri Sinduadi I Yogyakarta. UNY.
Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android. TEKNOMATIKA, 9(2), 113–120. http://ojs.palcomtech.com/index.php/teknomatika/article/view/467.
Wati, S., Fitriana, L., & Mardiyana, M. (2018). Technological Pedagogical Content Knowledge of Junior High School Mathematics Teachers in Teaching Linear Equation. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1), 012067. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012067
Yusuf, W. L., Degeng, I. N., & Adi, E. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pelajaran Baca Tulis Aksara Jawa dengan Sandhangan Kelas IV SD. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 95–98. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p095
Zainuddin, Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, & Mahtari, S. (2019). Developing The Interactive Multimedia in Physics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1), 012019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Haprilia Cahyaningsih, Supartinah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id