PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V
Syafira Ainiyyah(1*), Sri Astuti(2), Camelia Safitri(3)
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(3) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 2544 | PDF downloaded : 1069
Abstract
The purpose of this study is to provide information on the effects of audio-visual media on learning motivation in social studies learning grade V. This study used quantitative methods using quasi-experimental approach and control group post test only design. The number of samples in the study was 58 students, VD and VC classes each amounted to 29 students. The VD class is set to be an experimental class and the VC class is set to be a control class in the calculation of research prerequisite analysis data using normality test, homogeneity test and t-test hypothesis test. The results of hypothesis calculations using the stated t-test from both classes sh
The purpose of this study is to provide information on the effects of audio-visual media on learning motivation in social studies learning grade V. This study used quantitative methods using quasi-experimental approach and control group post test only design. The number of samples in the study was 58 students, VD and VC classes each amounted to 29 students. The VD class is set to be an experimental class and the VC class is set to be a control class in the calculation of research prerequisite analysis data using normality test, homogeneity test and t-test hypothesis test. The results of hypothesis calculations using the stated t-test from both classes show SIG. (2tailed) 0.000 < α 0.05. Then it can be concluded that H0 in rejected Ha is accepted. From the results of this study, it proves that there is an influence on audiovisual media on student learning motivation in social studies learning Class V.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan informasi adanya dampak dari media audio visual terhadap motivasi belajar pada pembelajaran IPS kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan pendekatan quasi eksperimen dan control group posttest only desain. banyaknya sampel pada penelitian sebanyak 58 peserta didik, kelas VD dan VC masing – masing berjumlah 29 peserta didik. Kelas VD ditetapkan menjadi kelas eksperimen dan kelas VC ditetapkan menjadi kelas kontrol dalam perhitungan data analisis prasyarat penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis uji-t. Hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji-t dinyatakan dari kedua kelas tersebut menunjukkan sig.(2tailed) 0,000 < α 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak Ha diterima. dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya pengaruh pada media audiovisual terhadap motivasi belajar siswa pada pemebelajaran IPS Kelas V.
ow SIG. (2tailed) 0.000 < α 0.05. Then it can be concluded that H0 in rejected Ha is accepted. From the results of this study, it proves that there is an influence on audiovisual media on student learning motivation in social studies learning Class V.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan informasi adanya efek dari media audio visual terhadap motivasi belajar pada pembelajaran IPS kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan pendekatan quasi eksperimen dan control group posttest only desain. banyaknya sampel pada penelitian sebanyak 58 peserta didik, kelas VD dan VC masing – masing berjumlah 29 peserta didik. Kelas VD ditetapkan menjadi kelas eksperimen dan kelas VC ditetapkan menjadi kelas kontrol dalam perhitungan data analisis prasyarat penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis uji-t. hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji-t dinyatakan dari kedua kelas tersebut menunjukkan sig.(2tailed) 0,000 < α 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak Ha diterima. dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya pengaruh pada media audiovisual terhadap motivasi belajar siswa pada pemebelajaran IPS Kelas V.
Keywords
References
Abdullah, D., & Maryati, T. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2166
Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249
Fu’adah, Anis. 2022. Pembelajaran Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Anak (hlm 37 – 38). Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Hajrianah, S. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA MURID KELAS V SDN NO. 018 LOMBOK KECAMATAN TINAMBUNG KABUPATEN POLEWALI MANDAR. 8.5.2017, 2003–2005. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/29983-Full_Text.pdf
Hasan, Milawati dkk. 2021. Media Pembelajaran (hlm. 33). Jawa Tengah : TAHTA MEDIA GROUP.
Hestiningrum, C. Saptiyi. 2022. PANDUAN UNTUK TK KOLASE DALAM MOTIVASI BELAJAR (hlm. 23 -26). Jawa Tengah : Penerbit Cahya Ghani Recovery.
Kahfi, M., Ratnawati, Y., Setiawati, W., & Saepuloh, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Siswa Pada Pembelajaran Ips Terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 84–89. https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1636
Ikhsan, M., & Humaisi, M. S. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i1.45
Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90–98. https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31311
Naibaho, S. W., Siregar, E. Y., & Elindra, R. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs NEGERI 1 TAPANULI TENGAH DISAAT PANDEMI COVID-19. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 304–312. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2596
Rasyid, H., & Islamia, I. N. (2021). Pengaruh Media Audio Visual (Video) Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Ips Smp/Mts Di Kecamatan Tajinan. SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya, 2(2), 77–86. https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v2i2.568
Sholihah, M., Bahiroh, H., & Hadi, M. S. (2019). Penggunaan Media Visual dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. 172071200049.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November, 289–302.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Syafira Ainiyyah, Sri Astuti, Camelia Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id