KAMPUS MERDEKA (INDEPENDENT CAMPUS) POLICY IN INDONESIA: A BRIEF OVERVIEW

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p255--278

Eristian Wibisono(1*), Etik Umiyati(2)
(1) University of Pecs, Hungary.
(2) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 1207 | PDF downloaded : 141

Abstract

Implementing the Kampus Merdeka (Independent Campus) policy for higher education in Indonesia opens new perspectives on the transformation of higher education. This strategic approach aims to improve institutions' quality flexibly and wants to place students in a central position in the university by involving students in the real-world activities through various field projects. Nevertheless, few doubts arise on how this policy program is implemented, including its sustainability. Through evidence-based critical review, this article aims to review the implementation of the Kampus Merdeka policy and some of the challenges that may arise. We identify three main challenges, including decision-making authority, external collaboration, and benchmarks of success which then lead to conclusions and recommendations regarding the skills of higher education institutions in carrying out external collaboration and tools to measure the success of field projects.

Abstrak

Penerapan kebijakan Kampus Merdeka pada pendidikan tinggi di Indonesia membuka perspektif baru dalam transformasi pendidikan tinggi. Pendekatan strategis ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas institusi secara fleksibel dan menempatkan mahasiswa pada posisi sentral di perguruan tinggi dengan melibatkan mahasiswa dalam kegiatan di dunia nyata melalui berbagai proyek lapangan. Namun demikian, beberapa keraguan muncul tentang bagaimana program kebijakan ini diimplementasikan, termasuk keberlanjutannya. Dengan pendekatan tinjauan literatur berbasis bukti, artikel ini mengulas implementasi kebijakan Kampus Merdeka dan beberapa tantangan yang mungkin muncul. Kami mengidentifikasi tiga tantangan utama, antara lain kewenangan pengambilan keputusan, kolaborasi eksternal, dan tolok ukur keberhasilan. Ketiganya mengarah pada kesimpulan dan rekomendasi mengenai keterampilan institusi pendidikan tinggi dalam melakukan kolaborasi eksternal beserta instrumen untuk mengukur keberhasilan proyek-proyek di lapangan.

Keywords

education policy; higher education; kampus merdeka; literature review; universities; kebijakan pendidikan; pendidikan tinggi; kampus merdeka; tinjauan pustaka; universitas
--

Full Text:

PDF ***

References

Agung, I., Parwanto, P., Widiputera, F., & Noviyanti, N. (2020). Risalah kebijakan: kesiapan perguruan tinggi dalam implementasi kebijakan kampus merdeka.

Amalia, M. (2021). Challenges and Efforts of Legal Education in the Pandemic Time in Improving The Role of Education through Merdeka Belajar Kampus Merdeka. International Conference on Education of Suryakancana (Iconnects Proceedings).

Arifin, S. & Muslim, M. O. H. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1).

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205.

Dasrimin, H. (2021). Kampus Merdeka di Tengah Pandemi Covid-19: Antara Peluang dan Tantangan. Indonesian Journal of Education and Learning, 5(1), 24–32.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Panduan Program Kompetisi Kampus Merdeka. Pkkmdikti.Kemdikbud.Go.Id, 1–32. pkkmdikti.kemdikbud.go.id

Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang. Guepedia.

Harahap, N. J. (2019). Mahasiswa dan Revolusi Industri 4.0. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 70–78.

Ibda, H. (2019). Pembelajaran bahasa indonesia berwawasan literasi baru di perguruan tinggi dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. Jalabahasa, 15(1), 48–64.

Jatmiko, D., & Januarti, N. E. (2021). Model Kegiatan Pembelajaran Membangun Desa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Junaidi, A. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Karim, B. A. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Educationand Learning Journal, 1(2), 102–112.

Lhutfi, I., & Mardiani, R. (2020). Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Policy: How Does It Affect the Sustainability on Accounting Education in Indonesia? Dinamika Pendidikan, 15(2), 243–253.

Mariati, M. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 749–761.

Muslikh, M. (2020). Landasan Filosofis dan Analisis terhadap Kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Jurnal Syntax Transformation, 1(3), 40–46.

Nanggala, A., & Suryadi, K. (2021). Analisis Konsep Kampus Merdeka dalam Perspektif Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme dan Perenialisme. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 14–26.

PDDikti. (2020). Higher Education Statistics 2020. 81–85.

Prahani, B. K., Deta, U. A., Yasir, M., Astutik, S., Pandiangan, P., Mahtari, S., & Mubarok, H. (2020). The Conceptof" Kampus Merdeka" in Accordance with Freire’s Critical Pedagogy. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 21–37.

Rifqi, A. (2021). Regional Based Kkn Management: Toward Freedom of Learning During the Covid-19 Pandemic. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 95–105.

Rochana, R., Darajatun, R. M., & Ramdhany, M. A. (2021). Pengaruh implementasi kebijakan kampus merdeka terhadap minat dan keterlibatan mahasiswa. Journal of Business Management Education (JBME), 6(3), 11–21.

Salinan-PERMENDIKBUD-4-TAHUN-2020. (n.d.).

Sasikirana, V. (2020). Urgensi Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Society 5.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(2).

Sasikirana, V., & Herlambang, Y. T. (n.d.). E-Tech URGENSI MERDEKA BELAJAR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN TANTANGAN SOCIETY 5.0. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00

Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021). Merdeka belajar: kajian literatur. Urban Green Conference Proceeding Library, 183–190.

Sumarto, S. (2020). Kampus Merdeka; Realitas Pembelajaran Online, Riset dan Pengembangan Wirausaha. Jurnal Literasiologi, 4(2).

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28.

Susilawati, N. (2021a). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219.

Susilawati, N. (2021b). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219.

Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1–12.

Syarif, M. I. (2020). Disrupsi Pendidikan IPA Sekolah Dasar dalam Menyikapi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Menuju New Normal Pasca COVID-19. Jurnal Basicedu, 4(4), 927–937.

Uswatiyah, W., Argaeni, N., Masrurah, M., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Implikasi Kebijakan Kampus Merdeka Belajar terhadap Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian Pendidikan Menengah Serta Pendidikan Tinggi. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 28–40.

Wardhani, N. W., Priyanto, A. S., Suhardiyanto, A., Melati, I. S., & Rif’an Efendi, S. (n.d.). Melayani Yang Tidak Terlayani dalam Pendidikan di Indonesia (Masalah dan Solusi). Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021a). Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2).

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021b). Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2).

Widodo, B. (2021). Implementasi Education 4.0 dan Merdeka Belajar dalam Matematika di Perguruan Tinggi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. PRISMA, 4, 1–7. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Yanuarsari, R., Asmadi, I., Muchtar, H. S., & Sulastini, R. (2021). Peran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Meningkatkan Kemandirian Desa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6307–6317.

Yusuf, F. A. (2021). The independent campus program for higher education in Indonesia: The role of government support and the readiness of institutions, lecturers and students. Journal of Social Studies Education Research, 12(2), 280–304.

Yusuf, M. (2022). IMPLEMENTASI DAN PROBLEMATIKA MERDEKA BELAJAR.

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eristian Wibisono, Etik Umiyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats