MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DAN MENULIS DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
Jaka Warsihna(1*)
(1) Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 23294 | PDF downloaded : 5977
Abstract
This study aims to determine how the presence of ICT can be used to improve the literacy of reading and writing, as well as the types of ICT can be used to improve literacy reading and writing? With this method of study or literature review, data obtained from various sources kamudian analysis and descriptive exploratory discussion. From the data can be obtained that there are various types of ICT that can be used to improve literacy reading and writing of television, internet, e-book and audio book. Television can be used to improve literacy read by integrating the content of television by publication or otherwise. Internet can be used improve the literacy of reading and writing for anyone, anytime can search for a preferred reading and can write and publish with ease. E-book encourages people to easily get a reading that is cheap and easy and can be read anytime and anywhere without depending on a network (internet). e-book encourages authors to publish their own books without publishers. While audiobook easier fopr people with a variethy of conditions to be able to listen to their favourite books. In addition, it also books can be read out with music and illustrations that support that understanding becomes easier. thus it can be concluded that there are various types of ICT can be used to improve reading and writing literacy by integrating ICT
with reading and writing.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kehadiran TIK dapat digunakan untuk meningkatkan literasi membaca dan menulis, serta jenis TIK yang dapat digunakan untuk meningkatkan literasi membaca dan menulis? Dengan metode studi atau kajian pustaka, data yang diperoleh dari berbagai sumber kamudian dilakukan analisis dan pembahasan secara deskriptif eksploratif. Dari data diperoleh informasi bahwa ada berbagai jenisTIK yang dapat digunakan untuk meningkatkan literasi membaca dan menulis yaitu televisi, internet, e-book, dan audio book. Televisi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan literasi membaca dengan cara mengintegrasikan materi tayangan televisi dengan penerbitan buku atau sebaliknya. Internet dapat dimanfaatkan meningkatkan literasi membaca dan menulis karena siapa saja dan kapan saja dapat mencari bacaan yang disukai serta dapat menulis dan mempublikasikan tulisannya dengan mudah. E-book mendorong orang dengan mudah untuk mendapatkan bacaan yang murah dan mudah serta dapat dibaca kapan saja dan di mana saja tanpa tergantung dengan jaringan (internet). Dengan e-book mendorong penulis buku dapat mempublikasikan tulisannya sendiri tanpa penerbit. Sedangkan audio book memudahkan orang dengan kondisi apapun dapat mendengarkan buku yang disukai. Di samping itu juga buku dapat dibacakan dengan iringan musik dan ilustrasi yang mendukung agar pemahaman menjadi lebih mudah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada berbagai jenis TIK yang dapat digunakan untuk meningkatkan literasi membaca dan menulis dengan cara mengintegrasikan TIK dengan kegiatan membaca dan menulis.
Keywords
References
Anwas, M. Oos. 2000. Menjadikan Televisi sebagai Sahabat Buku dalam Rangka Meningkatkan Minat Baca, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 22 Tahun ke-5, Maret 2000, hlm. 45-56.
Anwas, M. Oos. 2012. Budaya Literasi Media Televisi, Jurnal Teknodik Vol. XVII – Nomor 4, Desember 2012, hlm. 422-434.
Anonim, Stasiun Televisi Swasta Lokal Yogjakarta, http://e-journal.uajy.ac.id/2933/3/2TA11242.pdf, diunduh, 12 Juli 2016
Badan Pusat Statistik (BPS), 2013. Jumlah Pengguna Internet Indonesia tahun 2013, http://harianti.com/survei-bps-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tahun-2013-tembus-71-juta-orang/, diunduh, 24 Agustus 2016.
Herwood, Drew.1996. Sejarah Perkembangan Internet, http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/387/jbptunikompp-gdl-sangrajuli-19319-2-02.babi-t.pdf. diunduh 21 Agustus 2016
Garcia, Marina Carmina dan Antonio, Jose Marin, 2013. ICT Trends in Education, Proceeding, 1St Annual International Interdiciplinary Conference (AIIC), 2013, 24-26 April, Azores, Portugal, http://eujournal.org/index.php/esj/article/viewFile/1355/1364, diunduh 26 Juni 2016.
Indriastuti, Faiza dan Saksono, W.T. 2014. Podcast sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio, Jurnal Teknodik, Vol. 18 – Nomor 3, Desember 2014, hlm. 304-314.
Kemdikbud, Dirjen PAUDNI, 2016. Gerakan Indonesia Membaca: “Menumbuhkan Budaya Membaca” http://www.paudni.kemdikbud.go.id/berita/8459.html. Diunduh 15 Juli 2016
Kern, R. 2000. Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.
Kominfo dan UNICEF, 2014. Studi Terakhir: Kebanyakan Anak Indonesia sudah online, namun masih banyak yang tidak menyadari potensi resikonya http://www.unicef.org/indonesia/id/media_22169.html. diunduh 27 Agustus 2016
Kwitantri, Ayu, 2016. Pengertian dan Macam-macam Buku Digital (e-Book) http://blog.unnes.ac.id/ayukwitantri/2016/02/25/pengertian-dan-macam-macam-buku-digital-ebook/ diunduh, 12 Juli 2015.
Latifah, 2014. Analisis Literasi Media Televisi dalam Keluarga: Studi Kasus Pendampingan Anak Menonton Televisi di Kelurahan Semapaj Selatan, Kota Samarinda, eJournal lmu Komunikasi, 2014, 2 (4): 259-268 ISSN 0000-0000, http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/ © Copyright 2014, diunduh 17 Agustus 2016
Lintang, Enrico, 2011. Tesis: Podcast sebagai Media Pengajaran Bahasa Indonesia; Universitas Atmajaya Yogyakarta, hlm 110-111
Lubis, Nena, 2015. Buku Digital, https://nenalubis.files.wordpress.com/2015/04/buku-digital-20-10-13.pdf, diunduh 12 September 2015.
Nielsen, AC. 2014. Konsumsi Media Lebih Tinggi di Luar Jawa, http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2014/nielsen-konsumsi-media-lebih-tinggi-di-luar-jawa.html. diunduh 15 September 2016.
Mahadarma, 2011. Cerdas di Era Digital Melalui E-Jurnal, https://mahadarma-world.wordpress.com/2011/07/08/cerdas-di-era-digital-melalui-e-jurnal/, diunduh, 12 Mei 2016.
OECD, 2004. PISA 2003. Data Analysis Manual, Paris, France: OECD. http://www.oecd.org/globalrelations/46241909.pdf diunduh 13 Agustus 2016
OECD, 2006. PIRLS, Paris, France: OECD. http://www.oecd.org/globalrelations/46241909.pdf. diunduh 13 Agustus 2016
OECD, 2010. Indonesia and The OECD: Enhancing Our Partnership. http://www.oecd.org/globalrelations/46241909.pdf. diunduh 13 Agustus 2016.
OECD. 2010. Draft PISA 2012 Assessment Framework. http://www.oecd.org/dataoecd/61/15/46241909.pdf. diunduh 13 Agustus 2016.
Pantiwati, Yuni dan Husamah (2014). Makalah: Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMP Kota Malang, dalam Prosiding Konferensi Ilmiah Tahunan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia. (HEPI) Tahun 2014, Bali, 2014, ISBN 978-602-71325-0-4. hlm 542-556
Permatasari, Ane. 2015. Makalah: Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi, Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015, hlm. 146 – 156.
PISA 2012 Assessment Framework. (Online). http://www.oecd.org/datao-ecd/61/15/46241909.pdf. diunduh, 12
September 2016.
Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS), 2011. Analisis Hasil Belajar Peserta Didik dalam Literasi Membaca melalui Studi Internasional, http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasionalpirls1/laporan-pirls, diunduh, 12 September 2016.
Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang, Kemdikbud 2006, Prestasi Membaca Siswa Indonesia dalam Laporan PIRLS, http://litbang.kemdikbud.go.id/data/puspendik/HASILRISET/PIRLS/LAPORAN-PIRLS2006PrestasiMembacaSiswaIndonesiadalamStudiPIRLS2006.pdf diunduh 1 Agustus 2016.
Widodo, Slamet, dkk. 2015, makalah: Membangun Kelas Literat Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Melatih Kemampuan Literat Siswa di Sekolah Dasar, dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Peningkatan Kualitas Peserta didik Melalui
Implementasi Pembelajaran Abad 21” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. 24 Oktober 2015 ISBN 978-602-70216-1-7
Suyono, (2009), Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah, Jurnal Bahasa dan Seni, Jilid 37, No. 2, Agustus 2009, 203 - 217. Hlm 127-136
Warsihna, Jaka. 2013. Pendidikan Jarak Jauh Jenjang Menengah sebagai Alternatif Penunjang Pendidikan Menengah Universal, Jurnal Teknodik Vol. 17 – Nomor 4, Desember 2013, hlm 448 - 456.
Warsihna, Jaka, dkk. 2015. E-Sabak (Tablet) untuk Pembelajaran di Indonesia, Jurnal Teknodik Vol. 19 – Nomor 3, Desember 2015, hlm. 293 – 304.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Jaka Warsihna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id