THE DEVELOPMENT OF LEARNING MATERIALS PjBL-STEM TO IMPROVE STUDENTS’ SCIENTIFIC LITERACY SKILLS

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p66--82

Siti Maghfirah(1), Muhammad Syukri(2*), A Halim(3), Nurazidawati Mohammad Arsad(4)
(1) Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh
(2) Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh
(3) Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh
(4) The National University of Malaysia, Bangi, Malaysia
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 2156 | PDF downloaded : 426

Abstract

This study aims to develop the learning materials based on the STEM approach through the PjBL model that is feasible used to improve students’ scientific literacy in physics learning. The study is a development study using the ADDIE model which consists of five stages of development, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of this study were the students of grade 11th at SMA Negeri 5 Banda Aceh in the academic year 2019/2020. This study in the implementation stage used an experimental research design (quasi-experimental design) in which the model used was non-equivalent control group design by utilizing research instruments such as the questionnaire, validation questionnaire, and scientific literacy skills question test. The post-test results of students’ scientific literacy skills were then tested by using a t-test to investigate the differences between the experiment and control class. Based on the results of the study, the learning materials developed was feasibly used to improve students’ scientific literacy skill.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan STEM melalui model PjBL yang layak digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Uji lapangan pada tahap implementation menggunakan desaign penelitian eksperimen (quasi experimental design) model yang digunakan adalah non-equaivalent control group design. Instrumen penelitain berupa angket validasi, angket respon guru dan peserta didik serta soal tes kemampuan literasi sains. Hasil posttest kemampuan literasi sains peserta didik kemudian diuji menggunakan uji t untuk melihat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik.

Keywords

stem approach; project based; pjbl; scientific literacy; pendekatan stem; pjbl; literasi sains
--

Full Text:

PDF ***

References

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Aguss, R. M., Amelia, D., & Permata, P. (2021). Pelatihan Pembuatan Perangkat Ajar Silabus Dan Rpp Smk Pgri 1 Limau. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 48-53.

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Prenada Media.

Amri, M. Y. B., Rusilowati, A., & Wiyanto. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kabupaten Tegal. Unnes Physics Education Journal, 6, 80–93.

Ariani, L., Sudarmin, S., & Nurhayati, S. (2019). Analisis berpikir kreatif pada penerapan problem based learning berpendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Arimadona, S. & Silvina, R. (2019). Pengembangan modul pembelajaran zat adiktif dan psikotropika berbasis scientific approach dengan crossword puzzle. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 3(1), 64-76. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.661

Bhoke, W. (2019). Pengaruh pendidikan matematika realistik berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas V SD gugus 2 Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada. Ejurnal Imedtech, 3(2).

Dedovets, Z., & Rodionov, M. (2015). The Development of Student Core Competencies through the STEM Education Opportunities in Classroom. International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Industrial Engineering, 9(No.10), 3237–3240.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. (Online)(http://ericbio.files.wordpress.com/2012/09/panduan-pengembangan-bahan-pelajaran 1.doc.).

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77-85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609

Fuadi, H., Robbia, A, Z., Jamaluddin, & Jufri, A,W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Furi, L, M, I. Handayani, S. & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Peserta didik Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60.

Gunawan., & Asrifan, A. (2020). Penerapan Kerja Kelompok Kegiatan MGMP Guru Ekonomi dalam Menyusun RPP untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik. Celabes Education Review, 2(1), 31-36.

Halim, A., Wahyuni, A., Malvina, & Yani, E. (2020). The impact of the use of the internet on the learning outcomes in physics for high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1521(2). https://doi.org/10.1088/17426596/1521/2/022060

Hamzah, A. (2021). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. CV Literasi Nusantara Abadi.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Hester, K. & Cunningham, C. (2007). Engineering is elementary: An engineering and technology curriculum for children. ASEE Annual Conference and Exposition Conference Proceedings.

Jagantara, I. M. W., Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. L. P. M. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015 Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurnia, F., Zulherman, & Fathurohman, A. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1):43-47.

Lee, Y., Capraro, R. M., & Bicer, A. (2019). Affective mathematics engagement: A comparison of STEM PBL versus non-STEM PBL instruction. Canadian Journal of Science, Mathematics and Technology Education, 19(3), 270-289.

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.

Lestari, Tutik. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar menyajikan ContohContoh Ilustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Loipha, S. (2014). Thai elderly behavior of internet use. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 147, 104-110.

Mayasari, T., Kadarohman, A., & Rusdiana, D. (2014). Pengaruh Pembelajaran Terintegrasi Science , Technology , Engineering , and Mathematics ( STEM ) Pada Hasil Belajar Peserta Didik : Studi Meta Analisis. Prosiding Semnas Pensa VI ”Peran Literasi Sains” Surabaya, 20 Desember 2014, 371–377.

Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23-33.

Nababan, S, A., & Tanjung, H, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2), 233-243.

Nazarudin. (2017). Manajemen Pembelajaran: Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta: Tesis.

OECD. (2020). “PISA 2018 Results”, (online). http://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm. (Diakses 5 Januari 2020).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 22, Tahun 2016, tentang Standar Proses pendidikan Dasar dan Menengah.

Rangkuti, Ahmad Nizar. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Reeve, E. M. (2013) Implementing science, technology, mathematics, and engineering (STEM) education in Thailand and ASEAN. Bangkok: Institute for the Promotion of Teaching Science and Technology (IPST).

Salas-Rueda, R. A., Salas-Rueda, E. P., & Salas-Rueda, R. D. (2020). Analysis and design of the web game on descriptive statistics through the ADDIE model, data science, and machine learning. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology (IJEMST), 8(3), 245-260.

Sari, D. N. A., Rusilowati, A., & Nuswowati, M. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 114. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.741

Setiawan, A, R. (2019). Menyusun Instrumen Penilaian untuk Pembelajaran Ekologi Berorientasi Literasi Sains. Prosiding Seminar Nasional dan Workshop Biologi-IPA dan Pembelajaran ke-4, Malang: 4-5 September 2019. Hal. 241-249.

Simbolon, Redina., & Koeswanti, H, D. (2020). Comparison Of Pbl (Project Based Learning) Models With Pbl (Problem Based Learning) Models To Determine Student Learning Outcomes And Motivation. International Journal of Elementary Education, 4(4), 519-529. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Soleh, Dariyo. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137-143. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.239

Stohlmann, M., Moore, T., & Roehrig, G. (2012). Considerations for Teaching Integrated STEM Education. Journal of Pre-College Engineering Education Research, 2(1), 28–34. https://doi.org/10.5703/1288284314653

Sujudi, M. S., Idris, T., Suryanti, S., & Handayani, P. H. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Islam As-Shofa Kota Pekanbaru Berdasarkan PISA. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 58-69.

Syukri, M. Maghfirah, S. Halim, A. &Herlina, F. (2020). Student responses toward worksheets based on stem approach through project-based learning model. Journal of Physics: Conference Series. doi:10.1088/1742-6596/1882/1/012031

Syukri, M., Halim, L., & Mohtar, L. E. (2017). Engineering Design Process: Cultivating Creativity Skills through Development of Science Technical Product. Jurnal Fizik Malaysia, 38(1), 10055–10065.

Syukri, M., Soewarno, S., Halim, L., & Mohtar, L. E. (2018). The impact of the engineering design process in teaching and learning to enhance students' science problem-solving skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 66–75. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.12297

Tias, I. W. U., & Octaviani, S. (2018). The Effect of Using The Project-Based Learning Model On ( Quasi Study Experiments for Class V Students of SD Negeri 8 Metro Timur, SD Negeri 1 Metro Barat, SD Negeri 1 Metro Utara dan SD Negeri 5 Metro Pusat). Journal of Humanities and Social Studies, 02(02), 25–30.

Titu, M. A. (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 9).

Tjahyono, T. D. (2021). Implementasi Project Based Learning pada Materi Menerapkan Instalasi Software Aplikasi di SMK Negeri 1 Banyuanyar: SMK Negeri 1 Banyuanyar. Mitra Pendidikan, 2(3), 101-109.

Wibowo, T. P., & Pranata, E. (2020). Survei Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Air Priukan Kabupaten Seluma. Educative Sportive, 1(1), 13-17.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Maghfirah, Muhammad Syukri, A Halim, Nurazidawati Mohammad Arsad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats