INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19
Shafina Ade Pratiwi(1), nFn Bramastia(2), Eka Khristiyanta Purnama(3*)
(1) rogram Studi Magister Pendidikan Sains Pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(2) Program Studi Magister Pendidikan Sains Pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(3) Koordinator Substansi Produksi Teknologi Pembelajaran dan Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) Ahli Madya Pusdatin Kemendikbudristek.
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 3919 | PDF downloaded : 961
Abstract
Rapid technological development affects various life aspects, one of which is in the field of education. Technology has a crucial role in education to improve and achieve educational goals. This research aims 1) implementation of technology in education during the Covid-19 pandemic and 2) integration of technology in education. This research uses a quantitative descriptive approach with data collection techniques through the telesurvey method using a questionnaire held in April 2021. The research population was conducted throughout Indonesian citizens over 17 years who spread across 34 provinces. The research sample selected was 1000 respondents selected using a multistage random sampling technique. Data analysis was carried out descriptively. The results show that: 1) 65.7% of the public claimed online learning has not been effectively implemented. Some parents hope that face-to-face learning will soon be implemented because online learning is not optimal, students start to complain about online learning, the Covid-19 dispersion trend has begun to decline, and the vaccine is available. Some parents disagree because the spread of Covid-19 is still high, the vaccinations are unevenly distributed, students prefer to study from home, and students are more susceptible to Covid-19. 2) 64.7% of the public declared that technology should be applied in education, and 66.0% of the public thought that technology-integrated education would be an essential need to improve the quality of national education.
Abstrak
Perkembangan teknologi yang sangat pesat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, salah satunya pada bidang pendidikan. Teknologi memiliki peran penting dalam dunia pendidikan dalam rangka meningkatkan dan mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan : 1) Implementasi teknologi dalam dunia pendidikan di masa pandemi Covid-19 dan 2) Integrasi teknologi dalam dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui metode telesurvei menggunakan kuisioner yang dilaksanakan pada bulan April 2021. Populasi penelitian dilakukan ke seluruh warga negara Indonesia diatas 17 tahun yang tersebar di 34 provinsi. Sampel penelitian yang terpilih sebanyak 1000 responden yang dipilih dengan dengan teknik multistage random sampling. Analisis data dilaksanakan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) 65,7% publik berpendapat pembelajaran dalam jaringan (daring) belum dilaksanakan secara efektif. Sebagian orang tua berharap bahwa pembelajaran tatap muka segera dilaksanakan karena pembelajaran daring kurang maksimal, siswa mulai mengeluh belajar daring, tren penyebaran covid-19 mulai menurun, dan sudah ada vaksin. Sebagian orang tua tidak setuju karena angka penyebaran covid-19 masih tinggi, vaksinasi belum merata, siswa lebih senang belajar dari rumah, dan siswa lebih rentan tertular covid-19. 2) sebanyak 64,7% publik menyatakan bahwa teknologi perlu diterapkan dalam pendidikan dan sebanyak 66,0% publik berpendapat bahwa pendidikan terintegrasi teknologi merupakan kebutuhan penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional.
Keywords
References
Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 43. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803
Ariyanti, G., & Santoso, F. G. I. (2020). Analysis of mathematics learning outcomes on senior high school students in Madiun City, Indonesia in COVID-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012037
Athena, Laelasari, E., & Puspita, T. (2020). PELAKSANAAN DISINFEKSI DALAM PENCEGAHAN PENULARAN COVID- 19 DAN POTENSI RISIKO TERHADAP KESEHATAN DI INDONESIA Implementation of Disifection in Prevention of Covid-19 Transmission and Its Potential Health Risk. Jurnal Ekologi Kesehatan, 19(1), 1–20.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.11
Chiruguru, S. (2020). The Essential Skills of 21 st Century Classroom – President Barak Obama Research Prepared by : March. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.36190.59201
Cholik, C. A. (2017). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2).
Cornillie, F., Clarebout, G., & Desmet, P. (2012). The role of feedback in foreign language learning through digital role playing games. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 34, 49–53. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.02.011
Danuri, M. (2019). Development and Transformation of Digital Technology. Infokam, XV(II), 116–123.
Eck van, R. (2006). Digital Game-Based Learning: It’s Not Just the Digital Natives Who Are Restless. Educause Review, 41(2), 16–30.
Fajri, I., & Afriansyah, H. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia.
Fauziyah, N. (2013). Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Pada Siswa Kelas Xi Jurusan Keagamaan Di Man Tempel Sleman. Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga, 14(1), 99–108.
Fuad, A. J., & Andhinasari, P. (2021). Improving Student Learning Outcomes During Covid-19 Pandemic Using Learning Videos and E-Learning A. Journal of Islamic Elementary Education, 3(2).
Gerschler, J. (2012). Classroom Strategies for Maintaining Student Focus. Universidad Del Papaloapan, June, 98.
Goos, M., Galbraith, P., Renshaw, P., & Geiger, V. (2003). Perspectives on technology mediated learning in secondary school mathematics classrooms. Journal of Mathematical Behavior, 22, 73–89.
Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988
Holmes, B., & Gardner, J. (2006). e-Learning: Concepts and practice.
Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541.
Ibda, H., & Laeli, D. N. (2021). Hasil Belajar Siswa Saat Pandemi Covid-19 Melalui Home Visit Studi di MI Salafiyah Kranggan. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 12. https://doi.org/10.30736/atl.v5i1.451
Kemendikbud. (2020). Survei Belajar dari Rumah (Siswa dan Orang Tua, Mei 2020).
Kemendikbud. (2021). Bantuan Paket Kuota Data Internet Tahun 2021 Periode September-November 2021 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/
Kominfo. (2019). Digitalisasi Sekolah Percepat Perluasan Akses Pendidikan Berkualitas di Daerah 3T. https://kominfo.go.id/content/detail/22211/digitalisasi-sekolah-percepat-perluasan-akses-pendidikan-berkualitas-di-daerah-3t/0/artikel_gpr
Li, F., Li, Y. Y., Liu, M. J., Fang, L. Q., Dean, N. E., Wong, G. W. K., Yang, X. B., Longini, I., Halloran, M. E., Wang, H. J., Liu, P. L., Pang, Y. H., Yan, Y. Q., Liu, S., Xia, W., Lu, X. X., Liu, Q., Yang, Y., & Xu, S. Q. (2021). Household transmission of SARS-CoV-2 and risk factors for susceptibility and infectivity in Wuhan: a retrospective observational study. The Lancet Infectious Diseases, 21(5), 617–628. https://doi.org/10.1016/S1473-3099(20)30981-6
Lita, A., & Dewi, S. (2022). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 8(1), 1062–1066.
Maksum, A. (2021). TRANSFORMASI DAN DIGITALISASI PENDIDIKAN DIMASA PANDEMI. 121–127.
Manurung, S. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(01).
N.K.S. Widarini, I.N.A.J. Putra, & N.P.E. Marsakawati. (2021). Teachers Strategies in Online Learning During Covid Pandemic. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia, 9(2), 82–89. https://doi.org/10.23887/jpbi.v9i2.487
Naziev, A. (2021). What is an education paper? Journal of Functional Programming, 31(June). https://doi.org/10.1017/s0956796821000150
Noor-Ul-Amin, S. (2013). An Effective use of ICT for Education and Learning by Drawing on Worldwide Knowledge , Research , and Experience : ICT as a Change Agent for Education. Department Of Education University of Kashmir, 1(1), 1–13.
Nuraini, R. (2021). Transformasi Digital Pendidikan. In Transformasi Digital dari Berbagai Aspek (Issue May, p. 119). PENERBIT INSAN CENDEKIA MANDIRI. https://id1lib.org/book/17365510/8fa278
Partono, J., Wulandari, Y., & Indyastuti, P. (2020). Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 1551–1559.
Pham, T. T. T., Le, H. A., & Do, D. T. (2021). The Factors Affecting Students’ Online Learning Outcomes during the COVID-19 Pandemic: A Bayesian Exploratory Factor Analysis. Education Research International, 2021. https://doi.org/10.1155/2021/2669098
Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.
Prawiyogi, Anggi Giri, D. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Peserta didik di SDIT Purwakarta. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 8.
Pusdatin Kemendikbudristek. (2021). Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) dalam Meningkatkan Level Kompetensi TIK Guru di Indonesia. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-berbasis-tik-pembatik-dalam-meningkatkan-level-kompetensi-tik-guru-di-indonesia/
Raja, R., & Nagasubramani, P. C. (2018). Impact of modern technology in education. Journal of Applied and Advanced Research, 3(1), 33–35. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.21839/jaar.2018.v3S1.165
Ramadhan, A., Yanti, D., Rahim, B., Mesin, J. T., Teknik, F., Padang, U. N., Tawar, K. A., Daring, P., Logam, T. P., & Sampling, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Ft-Unp Pada Mata Kuliah Teknologi Pengelasan Logam Effectiveness of Online Learning During the Covid 19 Pandemic for Students Majoring in Mechanical Engineeri. 4(1), 113–118.
Saputri, M. L. D. (2018). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar. Computers and Industrial Engineering, 2(January), 6.
Selwyn, N. (n.d.). Education and Technology Key Issues and Debates. Replika Press Pvt Ltd.
Simanjuntak, H., Endaryono, B. toni, & Balyan. (2020). Bakti Peran Teknologi Informasi dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Inventa, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.36456/inventa.4.1.a2122
Slameto. (2013). Belajar & Faktor Yang Mempengaruhi. Asdi Mahasatya.
Suripto, R., F., & Purwantiningsih. (2014, April 16). Penggunan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Dampaknya Dalam Dunia Pendidikan. Citizen Journalism Dan Keterbukaan Informasi Publik Untuk Semua.
Susanti, R. (2013). Teknologi Pendidikan Dan Peranannya Dalam Transformasi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 15–23.
Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758
Syafa’ati, J. S. N., Sucipto, & Roysa, M. (2021). Analisis Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio, 7(1), 122–127. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.882
Syahrul, A. R. (2017). Reward, punishment terhadap motivasi belajar Siswa IPS Terpadu Kelas VIII MTsN Punggasan. Economica, 2(1), 1–9.
Taradisa, Nidia., Jarmita, Nida., E. (2020). Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi COvid 19 MIN 5 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 1(1), 23.
Vitasari, I. (2016). Kejenuhan (Burnout) Belajar Ditinjau Dari Tingkat Kesepian Dan Kontrol Diri Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 9 Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Wali, M., Pali, A., & Mbabho, F. (2020). PKM Edukasi Pencegahan Penularan COVID 19 terhadap Siswa Kelas III SD I Turekisa. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 367–372. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.30284
Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2021). Penerapan Digitalisasi Pendidikan. In Transformasi Digital dari Berbagai Aspek. PENERBIT INSAN CENDEKIA MANDIRI.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). The type of descriptive research in communication study. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Shafina Ade Pratiwi, nFn Bramastia, Eka Khristiyanta Purnama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id