EFEKTIVITAS MODEL PELATIHAN PARENTING AUTISME BERBASIS MEDIA VIDEO
Edi Purnomo(1*), Putut Wijayanto(2)
(1) Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan Sidoarjo
(2) Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan Sidoarjo
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 2890 | PDF downloaded : 258
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui efektivitas pelaksanaan pelatihan parenting autisme berbasis media video dalam meningkatkan keterampilan kognitif peserta pelatihan; (2) memperoleh informasi mengenai respon pebelajar terhadap pelatihan parenting autisme berbasis media video. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Experimental Design dengan One Groups Pretest-Posttest Design, yaitu desain penelitian yang terdapat pretes sebelum diberi perlakuan dan postes setelah diberi perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan parenting autisme berbasis media video sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan kognitif peserta pelatihan dalam hal parenting autisme. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu: (1) Pelatihan parenting autisme berbasis media video terbukti efektif meningkatkan keterampilan kognitif peserta pelatihan. (2) respon peserta pelatihan terhadap model pelatihan berbasis media video pembelajaran menunjukkan respon positif.
Keywords
References
Arham, Uliya Ulil dan Kusumawati Dwiningsih. 2016. Keefektifan Multimedia Interaktif Berbasis Blanded Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan. Vol. 4 No. 2.
Arsyad, Ashar. 2004. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Briesmeister, J. M., & Schaefer, C. E. 2007. Handbook of Parent Training: Helping Parents Prevent and Solve Problem Behaviors. New Jersey: John Wiley& Sons, inc.
Dunn, E. M., Burbine, T., Bowers, & Tanleff-Dunn, S. 2001. Moderators of Stress in Parent of Children With Autism. Journal of Community Mental Health. Vol. 37, 451-477.
Hidayati, Fina. 2013.Pengaruh pelatihan “Pengasuhan Ibu CERdas” terhadap stres pengasuhan pada ibu dari anak autis. Jurnal Psikologi Islam, Volume 10. Nomor 1, 29-40.
Kazdin, A. E. & Whitley,. 2003. Treatment of Parental Stress to Enhance Therapeutic Change Among Children Referred for Agressive and Antisocial Behavior. Journal of Consulting and Clinical Psychology. Vol. 71, 504-515.
Kolb, David. 1984. Experiental Learning. New Jersey: Prentice Hall.Inc.
Kordi, Abdorreza, Rozumah Baharudin. 2010. Parenting Attitude and Style and Its Effect on Children’s School Achievements. International Journal of Psychological Studies, vol 2. No 2. 217-222.
Meltzer, D.E. 2002. The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning gains in Physics: Posisible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics. Vol. 70(7).
Munif dan Mosik. 2009. Penerapan Metode Experiential Learning pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 5,79-82.
Neitzel, J. 2010. Positive Behavior Supports for Children and Youth with Autism Spectrum Disorders. Preventing School Fallure. Vol 54 (4), 247-255.
Pouretemad, Khooshab, Roshanbin, & Jadidi. 2009. The Effectiveness of Group Positive Parenting Program On Parental Stress of Mothers of Children With Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder. Archives of Iranian Medicine, Vol. 12 (1), 60-68.
Sanders, M., Cann, W., & Markie-Dadds, C, 2003. The Triple P-Positive Parenting Programme: A Universal Population-Level Approach to Prevention of Child Abuse. Child Abuse Review vol.12 (3), 155-171.
Sugihartini, Nyoman, Ketut Agustini, dan Gede Aditra Pradnyana. 2017. Penerapan E-Learning di SMKN 2 Tabanan: Kajian Respon Pelatihan. Jurnal Widya Laksana. Vol. 6, no.1. 17-23
Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Widoyoko, E.P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran, Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Wijayanto, Putut. 2013. Pengembangan Paket Pembelajaran Membuat Manian Nangka untuk Keaksaraan Fungsional Mandiri. Jurnal Kwangsan. Vol. 1No.1. 16-33.
Wyatt,R.L.& LooperS. 1999. So you have to havena portfolio: a teacher's guide to preparaton and presentation, thousand Oaks, Calif: London: CorwinPress
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Edi Purnomo, Putut Wijayanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id