EFEKTIVITAS APLIKASI TELEGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n1.p75--88

Ismi Maulidiyah(1*)
(1) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
(*) Corresponding Author


This article has been read: 723 times



Abstract


This study aims to show how the effectiveness of the telegram application as a medium for learning Indonesian and the effectiveness of the features in it. This research is a qualitative descriptive study using the results of the questionnaire as a source of data in this study. The results and discussion show that if the telegram application is considered very effective in being used as a learning medium, most of the features studied also received a very effective assessment from the questionnaire respondents that have been distributed. Therefore, telegrams are considered capable of being used as learning media that can support interesting and easy-to-use learning to deliver learning materials. This makes it easier for both educators and students.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan bagaimana efektivitas aplikasi telegram sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia beserta efektivitas fitu-fitur yang ada di dalamnya. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan hasil kuisioner sebagai sumber data dalam penelitian ini. Hasil dan pembahasan menunjukkan jika aplikasi telegram dinilai sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran, sebagian besar fitur-fitur yang diteliti juga mendapat penilaian sangat efektif dari responden kuisioner yag telah dibagikan. Oleh karena itu, telegram dianggap mampu dijadikan media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran. Sehingga memudahkan pendidik dan juga peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Aji, Rizqon Halal Syah. 2020. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran.” Salam : Jurnal Sosial & Budaya Syar-I 7(5):396.

Alhabib, Thomas JS, Isah Cahyani, and Ma’mur Saadie. 2020. “Pemanfaatan Media Telegram Pada Pembelajaran Menulis Cerpen.” Riksa Bahasa : Proceedings UPI.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Barokah, Evi. 2021. “Penerapan Penggunaan Telegram Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Meningkatkan Kemampuan Dan Hasil Belajar Pada Teks Hikayat.” PKWU: Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 9(2).

Batara, Arianto. 2021. “Pemanfaatan Telegram Dalam Pembelajaran.” LPMP Sulawesi Utara. Retrieved (https://lpmpsulawesiutara.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-telegram-dalam-pembelajaran/).

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fitriansyah, Fifit, and Aryadillah. 2020. “Penggunaan Telegram Sebagai Media Komunikasi Dalam Pembelajaran Online.” Cakrawala Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika 2(2).

Hendayana, Yayat. 2020. “Tantangan Dunia Pendidikan Di Masa Pandemi.” Dikti.Kemdikbud.Go.Id.

Hidayat, Rahmad, Fajar Susanto, Endang M. Rahayu, Hertiki, Armelia N. Arbani, and Joesasono O. Soelistijowati. 2021. “PEMANFAATAN QUIZ BOT TELEGRAM DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK BAHASA INGGRIS.” Jurnal Penamas Adi Buana 4(2).

Ibnu, Suhardi. 2003. Metodologi Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Persell, Caroline Hodges. 1979. Educations and Inequalitty, The Roots and Results of Stratification in America’s Schools. United States of America: The Free Press.

Rinasih. 2015. “PEMANFAATAN APLIKASI MOBILE TELEGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PROGRAM KEJAR PAKET C.” in Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM.

Sadiman, Arief S. 2009. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sastrawangsa, Gde. 2017. “Pemanfaatan Telegram Bot Untuk Automatisasi Layanan Dan Informasi Mahasiswa Dalam Konsep Smart Campus. Konferensi Nasional Sistem & Informatika.” in Konferensi Nasional Sistem & Informatika.

Septiyaningsih, Sri. 2017. “Pengaruh Aktivitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa.” Universitas Negeri Yogyakarta.

Sujinah. 2020. “TANTANGAN DAN SOLUSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI ERA COVID-19.” Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 13(2).

Widiyono, Aan. 2021. “Pengaruh Penggunaan LMS Dan Aplikasi Telegram Terhadap Aktivitas Belajar.” Jurnal UNY : Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 14(1).


Article Metrics

Abstract viewed : 488 | PDF downloaded : 235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats