PENGEMBANGAN E-MODULE AUDIOVISUAL OPERASI ARITMATIKA DASAR BERBASIS PEMAHAMAN KONSEP DAN NILAI-NILAI AKHLAK

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n2.p237--258

Mela Aziza(1*)
(1) UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
(*) Corresponding Author


This article has been read: 176 times



Abstract


This study aims to determine the validity, practicality, and effectiveness of the audiovisual e-module for basic arithmetic operations based on understanding concepts and moral values. The development model used is 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Data in the study were collected with validation sheets, practicality sheets, response questionnaires, and learning outcomes tests. After the define and design stages have been carried out, Draft I of the e-module is obtained. At the develop stage, a validity test was carried out on five validators, an empirical test was done to 1 teacher and 5 students, as well as a field test to a class 2A MI Humaira' Bengkulu City so that a valid, practical, and effective e-module was produced. This e-module has some advantages, namely providing interactive learning activities with clear and detailed pictures, videos and learning steps, motivating students to learn mathematics, explaining material according to mathematical concepts, containing moral values that can be imitated, giving project activities that can be done independently, as well as practicing students' mathematical problem solving skills.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-module audiovisual operasi aritmatika dasar berbasis pemahaman konsep dan nilai-nilai akhlak. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Data dalam penelitian dikumpul-kan dengan lembar validasi, lembar kepraktisan, angket respon, dan tes hasil belajar. Setelah dilakukan tahap define dan design dihasilkan Draf I Produk e-module. Pada tahap develop, dilakukan uji kevalidan kepada lima validator, uji empirik (terbatas) kepada 1 guru dan 5 peserta didik, serta uji lapangan kepada satu kelas 2A MI Humaira’ Kota Bengkulu sehingga dihasilkan produk akhir e-module yang valid, praktis, dan efektif. E-module ini memiliki beberapa keunggulan yaitu menyajikan kegiatan belajar yang interaktif dengan gambar, video dan langkah-langkah pembelajaran yang jelas dan rinci, memotivasi peserta didik belajar matematika, men-jelaskan materi sesuai konsep matematika, me-ngandung nilai-nilai akhlak yang bisa diteladani, menyajikan kegiatan proyek yang bisa dilakukan secara mandiri, serta melatih kemampuan pemecah-an masalah matematika peserta didik. 


Keywords


Research development; Audiovisual E-Module; Valid; Practical; Effective

Full Text:

PDF

References


Al Farisyi, S., Syafe’i, I., & Dinda Pratiwi, D. (2018). Modul Elektronik Matematika Ber-pendekatan Contextual Teaching Learning untuk Peserta Didik MTS kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, 1(2), 423–431. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/2494

Anidar, J. (2017). Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif serta Implikasinya dalam Pem-belajaran. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 3(2), 8–16.
https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/528/445

Anjani, T., Yanto, A., & Yuliati, Y. (2019). Urgensi Pendekatan Matematika Realistik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA, 1, 236–248.
https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/34/35

Anugrahana, A. (2020). Analisis Kesalahan Matematika Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Sigma, 5(2), 91–99. https://doi.org/10.36513/sigma.v5i2.791

Anwas et al. (2020). Panduan Pengembangan Buku Teks Sekolah Dasar Kelas Rendah. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://repositori.kemdikbud.go.id/22343/1/Panduan%20Pengembangan%20Buku%20Teks%20Sekolah%20Dasar%20Kelas%20Rendah.pdf

Ariningsih, I., & Amalia, R. (2020). Membangun Karakter Siswa melalui Pembelajaran Mate-matika Yang Berintegrasi Keislaman. Journal on Teacher Education, 1(2), 1–8.
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/511

Asyrofi, M., & Junaedi, I. (2016). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Multiple Intelligence Pada Pembelajaran Hybrid Learning Berbasis Konstruktivisme. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 32-39.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/12914

Auliah, L., Syaiful, S., & Syamsurizal, S. (2020). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 13.
https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9885

Badengo, T., & Suparman. (2019). Design Module of Learning With Rme Approach to Improve Creative Thinking Ability. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 1178–1182. http://www.ijstr.org/final-print/oct2019/Design-Module-Of-Learning-With-Rme-Approach-To-Improve-Creative-Thinking-Ability-.pdf

Carpendale, J. I. M., Lewis, C., & Müller, U. (2020). Piaget’s Theory. The Encyclopedia of Child and Adolescent Development, 1–11. https://doi.org/10.1002/9781119171492.wecad100

Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-module Berbasis Smartphone Sebagai Media
Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1060

Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher
Education, 1(2), 61–70. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/95/48

Hariyani, M. (2013). Strategi Pem-belajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah Berintegrasi Nilai-nilai Islam. Menara Riau, 12(2), 150–155.
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Menara/article/view/418/399

Harmini, T. (2019). Efektivitas Penggunaan Modul Berbasis Differentiated Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pe-mahaman Konsep Matematika Mahasiswa. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 136–148. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i2.14293

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Herutomo, R. A., & Saputro, T. E. M. (2014). Analisis Kesalahan dan Miskonsepsi Siswa Kelas VIII Pada Materi Aljabar. Edusentris. https://doi.org/10.17509/edusentris.v1i2.140

Indariani, A., Amami Pramuditya, S., & Firmasari, S. (2018). Pe-ngembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Kemampuan Pemecah-an Masalah Matematis pada Pembelajaran Matematika (Bahan Ajar Digital Interaktif pada Materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 7(2), 89–98.
https://doi.org/10.24235/eduma.v7i2.3670

Innayah, n. (2016). ANALISIS KEBUTUHAN LEMBAR KERJA AUDIO SISWA (LKAS) UNTUK SISWA TUNANETRA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 55--66.
https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n1.p55--66

Irawan, E. (2019). Identifikasi Problematika Mahasiswa Calon Guru SD/MI dalam Menyelesai-kan Masalah Matematika Dasar.

Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 117–132. https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i1.68

Khairiyah, U., & Faizah, S. N. (2020). Respon Siswa Terhadap Peng-gunaan Modul Tematik Dalam Meningkatkan Kemampuan Ber-pikir Kritis. ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(1),1–10.
http://riset.unisma.ac.id/index.php/je/article/view/4903/5464

Kurniati, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 43–58.
https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i1.251

Kusumawati, L., Sugito, n., & Mustadi, A. (2021). KELAYAKAN MULTI-MEDIA PEMBELAJAR-AN INTERAKTIF DALAM MEMOTIVASI SISWA BELAJAR MATEMATIKA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 31--51. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p31--51

Larasati, S. (2018). Desain Pe-ngembangan Modul Pemaham-an Konsep Berbasis Metode Penemuan Terbimbing. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 185–195.
https://doi.org/10.30738/.v6i2.2224

Mendikbud. (2013). Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. In Permendikbud NOMOR 67 TAHUN 2013.

Nilasari, E., Djatmika, E. T., Santoso, A., Dasar, P., & Malang, P. N. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Konteks-tual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 1(7), 1399–1404.
http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6583

Permata, S., & Mustadi, A. (2020). REFLECTIVE MODUL BER-BASIS CHILD FRIENDLY SCHOOL UNTUK ME-NINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN KARAKTER SISWA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 251--274. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p251--274

Pradana, A. A., & Ummah, J. (2020). Pengaruh Media Sempoa Ter-hadap Kemampuan Operasi Hitung Pengurangan Siswa Kelas II MI. Premiere : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 94–102.
https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.89

Putra, O. D., Darlius, & Harlin. (2017). Pengembangan Media Pem-belajaran E-module Interaktif Pada Mata Kuliah Sistim Pemindah Tenaga Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 4(1), 29–37.
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/ptm/article/download/5422/3627

Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Integrasi Pembelajaran Mate-matika Berbasis ICARE dan Islam Pada Materi Pecahan. JNPM (Jurnal Nasional Pen-didikan Matematika), 4(1), 110–124. https://www.researchgate.net/publication/340267818_Perangkat_Pembelajaran_Matematika_Berbasis_ICARE_Dan_Terintegrasi_Islam

Sabaruddin, Sari, R., & Mansor, R. (2019). Kompetensi Pedagogik: Sebuah Tinjauan tentang Inter-nalisasi Nilai-nilai Karakter pada Pembelajaran Matematika SD. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 9–18.
https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6318

Santosa, A. S. E., Santyadiputra, G. S., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E- Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan Kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Ti Bali Global Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 62. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9269

Sari, N. S., Farida, N., & Rahmawati, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Untuk Melatih Literasi Mate-matika. EMTEKA: Jurnal Pen-didikan Matematika, 1(1), 11–23. http://scholar.ummetro.ac.id/index.php/emteka/article/view/377

Simarmata, E. A., Santyadiputra, G. S., & Divayana, D. G. (2017). Pengembangan E- Modul Ber-basis Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Grafik Kelas Xii Rekayasa Perangkat Lunak Di Smk Negeri 2 Tabanan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 93–102.
https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18632

Sugiharni, G. A. D. (2018). Pengembangan Modul Mate-matika Diskrit Berbentuk Digital dengan Pola Pendistribusian Asynchronous Menggunakan Teknologi Open Source. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(1), 58. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12667

Sulthon, S. (2020). Membangun Pemahaman Konsep Dasar Matematika Pada Anak Ber-kesulitan Belajar Matematika di MI. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 27. https://doi.org/10.32678/primary.v12i01.2457

Wicaksono, K. A. D., Handayanto, A., & Happy, N. (2020). Pengembangan E-module Mate-matika Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantu Media Powerpoint untuk Meningkat-kan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Program Linear. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 461–466. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6668

Zaluchu, S. E. (2020). Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28–38. https://core.ac.uk/download/pdf/296974333.pdf

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Per-kuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45.
http://jurnal.utu.ac.id/jbkan/article/view/1981/1454


Article Metrics

Abstract viewed : 125 | PDF downloaded : 51

Copyright (c) 2021 Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats