PENGEMBANGAN MODEL MOBILE VIRTUAL LABORATORIUM UNTUK PEMBELAJARAN PRAKTIKUM SISWA SMA

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p23--42

nFn Manikowati(1*), Dody Iskandar(2)
(1) Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan
(2) Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan
(*) Corresponding Author


This article has been read: 688 times



Abstract


The schools and or students number compared with the experimental laboratories was still not proportional. The available virtual laboratory media had not accommodated the anywhere and anytime learning mobility. This research was to develop mobile V-Lab for senior high school. This research and development was conducted along May  December 2016. It started from identifying problems, analyzing needs, designing mobile V-Lab, producing the applications, implementing and evaluating them. Instruments used were closed and opened quessionaires, observation sheet, and interview sheet. From the data identified, it was needed an offine mobile V-Lab with simulation format, and completed with an experiment sheet. Information and perform/ experiment features linked with the downloadable experiment sheet was designed. Two prototypes were developed by using Unity and implemented in web www.m-edukasi.kemdikbud.go.id dan google play. Those, then, were evaluated and revised to get a qualified applications and implemented. Considering the results, it was recommended to make more apps.

 

Abstrak

Perbandingan antara jumlah sekolah dan atau siswa dengan laboratorium praktikum belum proporsional. Media pembelajaran virtual lab yang sudah dikembangkan belum bisa mengakomotir mobilitas pembelajaran yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mobile virtual lab dengan sasaran SMA. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan rentang waktu Mei – Desember 2016. Penelitian dimulai dari identifikasi masalah, analisis kebutuhan, perancangan mobile V-Lab, produksi aplikasi, implementasi, dan diakhiri dengan evaluasi formatif. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup, kuesioner terbuka, lembar observasi, dan panduan wawancara. Dari permasalahan yang teridentifikasi, didapatkan kemudian kebutuhan mobile V-Lab yang bersifat offline pada aplikasinya, berformat sajian simulasi, dan dilengkapi dengan Lembar kerja Praktikum (LKP) sebagai panduan praktikum. Untuk itu, pada desainnya, mobile V-Lab dilengkapi dengan fitur informasi dan performa serta LKP yang bisa diunduh
melalui aplikasi. Dua prototipe aplikasi mobile V-Lab dibuat dengan menggunakan Unity dan selanjutnya diimplementasikan di web www.m-edukasi.kemdikbud.go.id dan google play. Kedua prototipe tersebut akhirnya diuji coba dan direvisi sehingga mendapatkan aplikasi yang berkualitas dan layak untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran. Memperhatikan hasil yang telah diperoleh direkomendasikan kemudian agar mobile V-Lab tersebut dikembangkan lebih banyak lagi.


Keywords


Mobile; virtual lab; multimedia; Praktikum; SMA

Full Text:

PDF

References


Akram Alkouz1, A. Y. Al-Zoubi and Mohammed Otair. 2007. J2ME-Based Mobile Virtual Laboratory for Engineering Education. Online: http://www.aeche.psut.edu.jo/rlp/project/Puplications/J2ME-Based%20Mobile%20Virtual%20Laboratory%20for%20Engineering%20Education.pdf

APJII. 2017. Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2017. Online: https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Laporan%20Survei%20APJII_2017_v1.3.pdf

Arista, F.S. 2016. Pengembangan Aplikasi Laboratorium Virtual Fisika “ViPhyLab” Berbasis Smartphone Android untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Dinamika Rotasi Siswa SMA. Online: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33721

Bhosale, Y.S. dan Livingston, J. 2014. V-Lab: A Mobile Virtual Lab for Network Security Studies. International Journal of Computer Applications Vol. 93.

Chalim, Saifuddin dan Anwas, Oos M. 2018. Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran. Jurnal Penyuluhan, Pascasarjana IPB. Maret 2018 Vol. 14 No. 1. Hal 42 - 52. http://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jupe/article/view/19558.

Chen, Min-Hong; Chang, Feng-cheng; dan Hang, Shueh- ming. 2006. Design and Implementation of an MHP Video and Graphics
Subsystem on Xilinx ML310 Platform. Online: IEEE Journal DOI:10.1109/IIH-MSP.2006.265066

Henleti dkk. 2014. Pengembangan Media Praktikum Laboratorium Virtual untuk Pembelajaran Optika Kelas VIII SMP Negeri 1 Tungkal Ulu. Jurnal Edu-Sains, Vol. 3 no.2. Online: https://media.neliti.com/media/publications/59612-ID-pengembangan-media-praktikum-laboratoriu.pdf

Kemendikbud. 2016. Statistik Sekolah Menengah Atas (SMA) 2015/ 2016. Jakarta: Pusat Data dan Statistik Dikbud. Online: http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_583FC30B-53E3-42F5-88EB-940540BB8E5A_.pdf

Manikowati dan Bharati, D.A.L. 2017. The Effectiveness of Multimedia in Teaching Writing to Students with Different Learning Styles. Online: EEJ, Vol.7 no.2.

Oluwole, dkk. 2015. Mobile Virtual Laboratory in Nigeria. International Journal of Engineering and Computer Science, Vol. 4 Issue 4. Online: http://www.ijecs.in/issue/v4-i4/58%20ijecs.pdf

Shah, K.B., dkk. 2014. Enhancing Engineering Educational Using Virtual Lab Technology. http://www.asee.org/documents/zones/zone1/2014/Student/PDFs/180.pdf

Suryana. 2010. Metode Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Online: https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/23731890cdc8189968cf15105c651573.pdf

Swandi dkk. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Lab Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto. Jurnal Fisika Indonesia Vol. 18 No. 52. Online: http://pdm-mipa.ugm.ac.id/ojs/index.php/jfi/article/view/923

Waldman, Jack. 2013. Deep and Surface Learning: The Literature. Online: http://www.psy.gla.ac.uk


Article Metrics

Abstract viewed : 536 | PDF downloaded : 149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Kwangsan




 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # # # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats