PENGEMBANGAN BAHAN BELAJAR KOSAKATA BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDIDIKAN NILAI-NILAI PANCASILA DI FACEBOOK

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n2.p115--127

Yani Paryono(1*)
(1) Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur
(*) Corresponding Author


This article has been read: 231 times



Abstract


Good Indonesian language learning materials are not only taken from textbooks but they can also be taken from various sources such as newspaper, outdoor media, nature, television, and social media. The research entitled ‘The Development of Indonesian Language Vocabulary Learning Materials Based on the Education of Pancasila Values on Facebook’ aims at producing Indonesian learning materials based on the education of Pancasila values. The problem discussed in this article is that there hasn’t been any Indonesian vocabulary learning material based on the education of Pancasila values developed by teachers and published on Facebook. The method used in this research is a Four-D Model consisting of some stages, such as: defining, planning, developing, and presenting on a seminar. This research involves an expert of Indonesian language education, six Indonesian language teachers, and twenty Senior High School students. Indonesian language learning materials on Facebook can be used to instill the values of Pancasila. The development of these learning materials is based on the principles of relevance, consistency, sufficiency properness of content, language, presentation, and graph. It has been proven through this research that the Indonesian subject learning achievement of Senior Secondary students through the use of facebook containing Pancasila values as learning content is higher compared to those students using different learning materials.

 

Abstrak

Bahan belajar bahasa Indonesia yang baik tidak harus bersumber pada buku-buku pelajaran saja, tetapi dapat juga memanfaatkan berbagai sumber, seperti: media cetak koran, media luar ruang, alam sekitar, televisi, dan media sosial. Penelitian dengan judul Pengembangan Bahan Belajar Kosakata Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Nilai-Nilai Pancasila di Facebook bertujuan untuk menghasilkan bahan belajar bahasa Indonesia berbasis pendidikan nilai-nilai Pancasila yang dapat diakses melalui facebook. Masalah yang dibahas di dalam artikel ini adalah belum adanya materi pelajaran kosakata bahasa Indonesia berbasis pendidikan nilai-nilai Pancasila yang dikembangkan guru dan di-publish di facebook. Metode penelitian yang digunakan adalah Four-D Model yang meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan,dan tahap pendiseminasian. Penelitian ini melibatkan seorang ahli pendidikan bahasa Indonesia, 6 guru bahasa Indonesia, dan 20 siswa SMA. Bahan belajar bahasa Indonesia yang disajikan di media sosial facebook dapat dimanfaatkan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila. Bahan belajar bahasa Indonesia ini dikembangkan dengan memperhatikan prinsip relevansi, konsistensi, ketercukupan, kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan. Hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMA melalui bahan belajar yang menggunakan kosakata bahasa Indonesia berbasis nilainilai Pancasila di media sosial facebook terbukti lebih tinggi dan lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan belajar yang tidak sama.


Keywords


Learning materials; facebook; Indonesian vocabulary; Pancasila values; Bahan belajar; facebook; kosakata bahasa Indonesia; nilai-nilai Pancasila

Full Text:

PDF

References


Adjat, Sakri. 2006. Tata Bahasa untuk Menulis Buku Ajar Perguruan Tinggi. Jakarta: UNJ. Arifin, Zaenal. 2015.Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab melalui Media Sosial Whatsapp di Program BISA. Tesis,Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Binanto, Iwan dan Yorif Khismar. 2015. Implementasi CAI untuk Program Pembelajaran Bahasa Inggris Level Real Beginner Berbasis Multimedia pada Lembaga Bahasa ABCD Yogyakarta. Yogyakarta: Jurnal Ilmiah Widya Teknik. Vol. 14 Nomor 2-2015/ISSN 123.456.7890.

Degeng, I.N.S. 1998. Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran.Surabaya:Citra Raya. Departemen Pendidikan Nasional.2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Dick, W. dan Carey, L. 1990. The Systematic Design of Instruction: Third Edition. USA: Harper Collins Publishers.

Hasibuan, Raja. (2014). Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Pancasila. http://handicap60.blogspot.com/2013/02/nilai-nilaiyang-terkandung-alam. html/(Diunduh tanggal 28 April 2016).

Joni, R.T. 1984. Pengembangan Paket Belajar. Ja- karta: Depdikbud. P2LPTK.

Karim, Abdul.1980. Media Pembelajaran. Ujungpandang: IKIP Negeri Ujungpandang. Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ma’arif, Samsul. 2016. Pemanfaatan Media Sosial Facebook untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Discussion Siswa Kelas XII MAN. Jombang: MAN Jombang.

Maryanto, dkk. 2013. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Muntoha, Rahmatin. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi keanekaragaman Budaya di Indonesia untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V di MIN Gedog Kota Blitar. Skripsi. Program Studi pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Nasrullah, Rulli. 2016. Media Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Permadi, Bintang dkk. 2016. Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Multimedia. e-Proceeding of Apllied Science: Vol.2, No. 2.Agustus 2016.

Prakosa, Bayu Ahmad. 2013. Pengertian Pancasila sebagai Pandangan Hidup. Yogyakarta: Paradigma.

Setyawan, Ardi dan Imam Riadi. 2013. Implementasi Multimedia sebagai Media Pembelajaran. Yogyakarta: Jurnal Sarjana Teknik Informatika. Vol. 1 Nomor 1, Juni 2013. Yunarso, Eka Widhi. 2015. “Implementasi Aplikasi Jejaring Sosial sebagai Alat Bantu Pembelajaran Bahasa Inggris di SMK dan Pondok Pesantren”.Jurnal Infotel-Informatika Telekomunikasi Elektronika. Volume 7, Nomor 1, hlm. 9-14.

Wibowo, Aries Setyo. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Media Group Facebook Berbasis PBL Pada Materi Koloid Terkait Pencapaian Kompetensi. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Semarang: Universitas Negeri Semarang.


Article Metrics

Abstract viewed : 169 | PDF downloaded : 62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Kwangsan




 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # # # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats