PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN APLIKASI TEAM VIEWER DAN WHATSAPP UNTUK EFEKTIVITAS PRAKTIKUM JARAK JAUH DIMASA PANDEMI COVID-19

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n2.p204--219

nFn Fathirma’ruf(1*), Asmedy Asmedy(2), Budiman Budiman(3), M. Nur Imansyah(4)
(1) STKIP Yapis Dompu
(2) STKIP Yapis Dompu
(3) STKIP Yapis Dompu
(4) STKIP Yapis Dompu
(*) Corresponding Author


This article has been read: 186 times



Abstract


This study aims to ensure the learning process (Practicum) during the Covid-19 pandemic through learning tools developed based on the ADDIE development model, the tools developed in this study have been valid through validity tests by 2 experts with an average validator score of 85.8% (categorized very valid). Effective through the effectiveness test by peer assessment of student practicum activities with an average observation score of 80, and student performance-based test results with a high category score of 9 students, while 3 students have been tested for practicality through a response questionnaire instrument students with an average score of 86.5 (very good category), the existence of the Practicum E-Modul whose implementation is supported by the TeamViewer Remote Desktop and WhatsApp utilities is considered able to overcome learning difficulties (Practicum) during the Covid-19 pandemic.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjamin proses pembelajaran (Praktikum) dimasa pandemic Covid-19 melalui perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE, perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini  telah Valid melalui uji Validitas oleh 2 orang pakar dengan rerata skor validator 85,8% (berkategori sangat valid). Efektif melalui uji Efektivitas oleh penilaian rekan sejawat terhadap aktivitas praktikum mahasiswa dengan rerata skor pengamatan sebesar 80, dan hasil tes berbasis kinerja mahasiswa dengan capaian skor yang berkategori tinggi sebanyak 9 orang mahasiswa, sedang sebanyak 3 orang mahasiswa, serta telah diuji kepraktisannya melalui instrument Angket respon mahasiswa dengan rerata skor sebesar 86,5 (berkategori sangat baik), keberadaan E-Modul Praktikum yang implementasinya didukung oleh utilitas TeamViewer Remote Desktop dan WhatsApp dianggap mampu mengatasi Kesulitan belajar (Praktikum) dimasa pandemic Covid-19.


Keywords


Pengembangan; E-Modul; TeamViewer; WhatsApp; Daring

Full Text:

PDF

References


Agus Sudarmanto, M. Najib Mustaqim Wenty Dwi Yuniarti. 2017. “PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PRAKTIKUM ELEKTRONIKA DASAR I MATERI DIODA II MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UIN WALISONGO TAHUN 2015.” Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1496.

Aji, Rizqon Halal Syah. 2020. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7 (5): 395–420.
https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Atsani, Lalu Gede Muhammad Zainuddin. 2020. “Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam 1 (1): 82–93. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php.

Chaeruman, Uwes Anis. 2020. “Ruang Belajar Baru Dan Implikasi Terhadap Pem-belajaran Di Era Tatanan Baru.” Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 08 (01): 142–53. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p142--153.

Dinatha, Ngurah Mahendra, and Maria Yuliana Kua. 2019. “PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM DIGITAL BERBASIS NATURE OF SCIENCE (NOS) UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS).” Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22500.

Doni, Fahlepi Roma, and Ibnu Dwi Lesmono. 2018. “Mengubah Jarak Dengan Penerapan Remote Access Menggunakan Team Viewer.” Jurnal Kajian Ilmiah. https://doi.org/10.31599/jki.v18i2.234.

Fathirma'ruf, F., & M. Said, B. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konstruktivistik Model Teaching with Analogies (TWA) pada Mata Kuliah Database Management System (DBMS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiwa. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(5), 1051-1060. doi:http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.2020752388

Giatman, Muhammad, Sri Siswati, and Irma Yulia Basri. 2020. “Online Learning Quality Control in the Pandemic Covid-19 Era in Indonesia.” Journal of Nonformal Education 6 (2): 168–75. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/jne.v6i2.25594.

Iswan, L Muhammad. 2010. “Implementasi VPN Remote Access Dengan Linux Openswan.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kimianti, Febyarni, and Zuhdan Kun Prasetyo. 2019. “Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk” 07 (02): 91–103.

Maulana, Arris, Galih Tiara Sekartaji, Riyan Arthur, and Laurika Kusuma Dewi. 2019. “Pengembangan Media Video Presentasi Pada Mata Kuliah Hidrologi Di Universitas Negeri Jakarta.” Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 7 (2): 170. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p170--183.

Munir, Syahrul. 2018. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Merancang Media Pembelajaran Berbasis TIK Melalui Kegiatan Lesson Study.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang 11 (1): 48–55. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.17977/UM014v11i12018p048.

Patmawati, Agustina. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pen-cemaran Lingkungan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X.” EduSains 4 (2): 94–103.

Prasistayanti, Ni Wayan Nursarita, I Wayan Santyasa, and I Wayan Sukra Warpala. 2019. “Pengaruh Desain E-Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Mata Pelajaran Pemrograman Pada Siswa Smk.” Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 7 (2): 138. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p138--155.

Rusni, Ariza, and Elysa Evawani Lubis. 2017. “Penggunaan Media Online Whatsapp Dalam Aktivitas Komunitas One Day One Juz (ODOJ) Dalam Meningkatkan Minat Tilawah ODOJER Di Kota Pekanbaru.” Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

Sukrillah, Ahmad, Ike Atikah Ratnamulyani, and Ali Alamsyah Kusumadinata. 2018. “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL MELALUI WHATSAPP GROUP FEI SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI.” JURNAL KOMUNIKATIO. https://doi.org/10.30997/jk.v3i2.919.

Syar, Nur Inayah, and Nadya Meriza. 2020. PENGEMBANGAN BUKU SISWA BERTEMA CUACA MENGGUNAKAN METODE FOUR STEPS TEACHING MATERIAL DEVELOPMENT” 08 (02): 190–212. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p190--212


Article Metrics

Abstract viewed : 130 | PDF downloaded : 55

Copyright (c) 2021 Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats