PENGEMBANGAN MODEL MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN BERMUATAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n2.p101--114

nFn Suparti(1*), Mariana Susanti(2)
(1) BPMR Yogyakarta
(2) BPMR Yogyakarta
(*) Corresponding Author


This article has been read: 488 times



Abstract


Learning while playing is one of the educational principles of Early Childhood Education (PAUD). Through games, traditional games, in particular, child development aspects can be improved. However, teachers face the lack of traditional game references so that a medium is needed. This study aimed to produce a Model of Audio Instructional Media for Early Childhood Education, called Permata Nusantara. Permata Nusantara was developed by using ADDIE approach (Analysis-Design-Development-Evaluation-Implementation). After having completed the need analysis, the blueprint of the model was designed and the production stage conducted. Then, instructional audio media model with traditional games as its content was brought to be evaluated by the subject ma er and media specialists for better-improved quality. The following stage is the implementation, involving teachers and children. The instruments used for collecting data and information were questionnaires, interview guides, and observation sheets. The majority of respondents (83,4%) considered that the developed instructional audio media model was good and suitable to use for early childhood education in improving the spiritual attitude, the social attitude, knowledge, and skills for children in Early Childhood Education.

 

Abtrak

Belajar melalui bermain merupakan salah satu prinsip pembelajaran di PAUD. Melalui permainan, terutama permainan tradisonal, aspek perkembangan anak dapat ditingkatkan. Namun, guru-guru kekurangan referensi mengenai permainan tradisional yang ada sehingga dibutuhkan media yang dapat menjadi rujukan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Model Media Audio Pembelajaran Bermuatan Permainan Tradisional Anak Nusantara (Permata Nusan- tara) untuk PAUD dengan pendekatan ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Setelah melampaui tahap analisis kebutuhan, desain model atau cetak biru program dirancang dan diproduksi. Kemudian, hasil produk yang berupa media audio pembelajaran bermuatan permainan tradisional dievaluasi oleh ahli materi dan media dengan tujuan perbaikan produk. Selanjutnya dilakukan evaluasi pada tahap pemanfaatan media yang melibatkan guru dan anak PAUD dengan tujuan mengetahui tingkat kelayakan model media yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan adalah angket, panduan wawancara, dan lembar pengamatan. Sebagian besar responden (83,4%) berpendapat bahwa model media audio pembelajaran bermuatan permainan tradisional dikategorikan sebagai model media audio pembelajaran yang baik dan cocok untuk menunjang pembelajaran di PAUD dalam meningkatkan kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan ketrampilan pada anak usia dini.


Keywords


Development; audio media; Permata Nusantara; ADDIE model; Pengembangan; media audio; Permata Nusantara; Model ADDIE

Full Text:

PDF

References


Ambiyak, Moch. Irsyad. 2011. Efektivitas Permainan Konstruktif Keping Padu Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Siswa TK A Ra Al- Kahfi Ds. Pilang, Wonoayu, Sidoarjo. Program Studi Psikologi Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Ana Mc. 2014. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama di SMl Yesta Surabaya. Surabaya: Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya.

Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan (BPMRP). 2015. Rancangan Model Media Audio Permainan Tradisional Anak Nusantara. Yogyakarta: BPMRP.

Christianti, Martha. 2007. Anak dan Bermain. Makalah dalam kegiatan Jurnal Club Prodi PGTK UNY tanggal 17 Mei 2007. [online]. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Martha Christianti, M.Pd./Anak dan Bermain.pdf. Diakses 27 Juni 2016.

Downey, S., Hayes, N., O’Neill, B. tt. Play and Technology for Children Aged 4-12. Laporan dari Centre for Social and Educational Research Dublin Institute of Technology untuk Office of the Minister for Children. Diunduh dari http://www.dit.ie/cser/media/ditcser/images/Play-and-Technology.pdf pada tanggal 7 September 2017.

Dwipa, A. Agung. 2015. Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Motorik Kasar pada Siswa putra sekolah Dasar, Skripsi. Semarang: FIP, Universitas Negeri Semarang.

Fathurrochman dkk., 2015. Perancangan Media Pembelajaran Berupa e-Learning Solidwords untuk Modul Molding dengan Menggunakan Metode Model ADDIE sebagai Alat Bantu Ajar di Keprofesian PDE Telkom University. Bandung: Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom.

Herman dan Rusmaryadi. 2016. Bermain dan Permainan Sumber Belajar Penunjang PLPG 2016. [online] http://fkip.unri.ac.id/wp-content/uploads/2016/09/BAB-III-BERMAIN-DAN-PERMAINAN-020.pdf Diakses 5 Februari 2017.

Khasanah, I., Prasetyo, A., dan Rakhmawati, E. 2011. Permainan Tradisional sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No.1 tahun 2011, hal. 91-105.

Kusumaningrum, E. Mabruroh. 2015. Meminimalisir Ketergantungan Gadget Sejak Usia Dini dengan Memperkenalkan Permainan Tradisional yang Menarik. Ponorogo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Inovasi Pembelajaran untuk Pendidikan Berkemajuan” tanggal 7 November 2015 di Universitas Muhammadiyah Ponorogo, hal. 345-351.

Lifter, K., Foster-Sanda, S., Arzamarski, C., Briesch, J., dan McClure, E. 2011. Overview of Play: Its Uses and Importance in Early Intervention/Early Childhood Special Education. Infants & Young Children. Vol. 24, No. 3, hal. 225-245.

Misbach, I. H. 2006. Peran Permainan Tradisional yang Bermuatan Edukatif dalam Menyumbang Pembentukan Karakter dan Identitas Bangsa. [online] http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/197507292005012IFA_HANIFAH_MISBACH/LAPORAN_PENELITIAN_PERAN_PERMAINAN_TRADISIONAL_REVISI_FINAL_.pdf Diakses 8 Februari 2017.

Mawaddah, 2015. Pengaruh Penggunaan Media Audio dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng pada Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Wasatiyah Cipondoh. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah.

Musfiroh, Tadkiroatun. tt. Bermain untuk Pengembangan Aspek Bahasa dan Motorik. Pusdi PAUD Lemlit UNY, FBS-UNY, PGTK-UNY.

Nurcahyo, Fathan. tt. Teori Bermain. [online], http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/fathan-nurcahyo-spdjas-mor/mk-teori-bermain.pdf. Diakses tanggal 5 Februari 2017.

Kusbudiah, Yayah. 2014. Metode Pembelajaran Anak Usia Dini melalui Permainan. [online] http://bdkbandung.kemenag.go.id/jurnal/249-metode-pembelajaran-anak-usia-dini-melalui-permainan. Diakses 6 Februari 2017.

Priyanto, Aris. 2014. Pengembangan Kreatifitas pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 02/Tahun XVIII/November 2014, hal. 41-47.

Smaldino, Sharon E; Russell, James D; Heinich, Robert; Molenda, Michael. 2005. Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Pearson Education,Inc.

Suparti. 2007. Pengembangan Model Audio Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Surakarta: Program Pasca Sarjana Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.


Article Metrics

Abstract viewed : 333 | PDF downloaded : 155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Kwangsan




 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # # # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats