PERAN DAN TANTANGAN PROFESI PENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN ABAD 21

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n2.p77--90

Bambang Warsita(1*)
(1) Pustekkom Kemdikbud
(*) Corresponding Author


This article has been read: 477 times



Abstract


Objects in the science of instructional technology are instructional and learning. Instructional and learning are experiencing change and tremendous transformation lately, especially at the turn of the millennium leading to the 21st century. Therefore, this condition is a challenge and demand professional role of instructional technology developers (PTP) to provide solutions. This study aims to describe what are the roles and challenges of the profession instructional technology developer in the learning of the 21st century, as well as what products should be produced by PTP in the future. This study uses a descriptive method. Data collection techniques and information through a literature study. The results of this literature review indicate that the future development of instructional technologies should be able to produce products such as; innovative ICT-based learning models, instructional media, and the application of e-learning. Therefore, the role and challenges facing the current PTP, namely: PTP must be creative and innovative to develop cutting-edge learning model appropriate learning paradigm of the 21st century; PTP must work collaboratively with other professionals in a team to produce a product; PTP needs to improve their competencies, they are competency in the area of learning and competency in the area of technology, especially regarding the new learning media; PTP needs to show real work and o er solutions to problems of learning with e-learning applications. Finally PTP products will be awaited and necessary to support the implementation of the learning process in different types, levels and appropriate education pathway applicable curriculum.

 

Abstrak

Objek keilmuan teknologi pembelajaran adalah belajar dan pembelajaran. Belajar dan pembelajaran mengalami perubahan dan transformasi yang luar biasa akhir-akhir ini, terutama pada pergantian millennium mengawali abad ke 21. Kondisi ini menjadi tantangan dan menuntut peran profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) untuk memberikan solusinya. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa peran dan tantangan profesi pengembang teknologi pembelajaran dalam pembelajaran abad 21, serta produk-produk apa yang harus dihasilkan oleh PTP di masa depan. Kajian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dan informasinya melalui studi literatur. Hasil kajian literatur ini menunjukkan bahwa ke depan pengembang teknologi pembelajaran harus mampu menghasilkan produk-produk berupa; model pembelajaran inovatif berbasis TIK, media pembelajaran, dan aplikasi e-pembelajaran. Oleh karena itu, peran dan tantangan yang dihadapi PTP saat ini yaitu: PTP harus kreatif dan inovatif mengembangkan model pembelajaran mutakhir yang sesuai paradigma belajar abad 21; PTP harus bekerja sama secara kolaboratif dengan profesi lain dalam suatu tim untuk menghasilkan produk; PTP perlu meningkatkan kompetensinya, yaitu kompetensi bidang pembelajaran dan kompetensi bidang teknologi khususnya mengenai media pembelajaran terbaru; dan PTP perlu menunjukkan karya nyata dan menawarkan solusi-solusi masalah pembelajaran dengan aplikasi e-pembelajaran yang tepat guna. Akhirnya, peran dan produk-produk PTP tersebut ditunggu dan dibutuhkan untuk menunjang terselenggaranya proses pembelajaran di berbagai jenis, jenjang dan jalur pendidikan sesuai kurikulum yang berlaku.




Keywords


Professional developer of instructional technologies; 21st century learning; Profesi pengembang teknologi pembelajaran; pembelajaran abad 21

Full Text:

PDF

References


Anderson,T., and Dron, J., Three Generations of Distance Education Pedagogy, International Review of Research in Open and Distance Learning, IRRODL Journal, Vol. 12.3, March, 2011, http://www.irrodl.org/index.php/irrodl/article/view/890/1826.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional di Abad 21. Jakarta: BSNP.

Carmona, C.G. and Marin, J.A., ICT Tren in Education, Proceedings-1st Annual International Interdisciplinary Conference, AIIC 2013, 24-26 April, Azores, Portugal.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta. Dirjen Dikti, 2014. Panduan Pejaminan Mutu Pengembangan Objek Pembelajaran, Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjen Dikti Kemdikbud, pditt.belajar.kemdikbud.go.id/.../ PanduanQAKontenVer4Ibisrev.docx, di unduh tanggal 11 Maret 2015.

Gafur, Abdul. 2011. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pengembangan Pembelajaran, Yogyakarta: FKIP Universitas Snata Dharma Yogyakarta, Makalah Seminar Pendidikan dengan tema “Cerdas dalam pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) dalam Pem-belajaran” tanggal 15 Januarai 2011 di Yogyakarta.

Haryono. 2017. Implementasi Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran di Sekolah, Jakarta: Pustekkom Kemdikbud, Jurnal Teknodik Vol. 21 - Nomor 1, Juni 2017.

Kemdikbud, 2016. Naskah Akademik Usul Perubahan Permenpan Jabatan Fungsional PTP, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud, 2013. Permendikbud No. 99 Tahun 2013 tentang Tata kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud, 2017. Permendibud No. 13 Tahun 2017 tentang Pedoman Formasi Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran, Jakarta: Kemdikbud.

Kuhlmann, Tom, Instructioanl Design Challenges for Today’s Course Designer, , April 15th, 2014 http://blogs.articulate.com/rapid-elearning/instuctional-design- challanges/

Kusnandar, 2013. Pengembangan Model Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Pendidikan di Daerah Terpencil, Tertinggal, dan Terdepan, Sidoarjo: BPMTP Kemdikbud, Jurnal Kwangsan Vol. 1- Nomor 2, Desember 2013.

Menpan, 2009. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor PER/2/M.PAN/3/2009 tentang Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran dan Angka Kreditnya, Jakarta: Menpan tertanggal 10 Maret 2009.

Menpan, 2017. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi Nomor 28 Tahun 2017 tentang Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran.

Mukminan. 2012. Penguatan Jatidiri Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran. Surabaya: Makalah Seminar yang Diselenggarakan oleh Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Adibuwana, tanggal 21 Oktober 2012.

Munson, L., 2010. How Do You De ne 21st- Century Learning?, One Question, Eleven Answer, Education Week, published online October 11, 2010, diunduh dari: http://www.edweek.org/tsb/articles/2010/10/12/01panel.h04.html. Partnership for 21st Century Skills. 2002.

Learning for the 21st Century. A Report and MILE Guide for 21st Century Skills. www.21centuryskills.org.P21.Report.pdf, diakses 17 Desember 2016.

Purwanto, 2012. Efek Google dan Penguasaan Siswa tentang Keterampilan Belajar Abad 21. Jakarta: Jurnal Teknodik Vol. XVI - Nomor 4, Desember 2012.

Purwanto. 2015. Pengembang Teknologi Pembelajaran: Kebutuhan Peluang dan Tantangan di Indonesia. Jakarta: Pustekkom Kemdikbud, Jurnal Teknodik Vol. 19 - Nomor 2, Agustus 2015.

Saputro, Danang, Adhi. 2015. Evaluasi Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran di Sekolah (studi proses PPL pada mahasiswa jurusan Tek- nologi Pendidikan Unnes angkatan 2011). Semarang: Skripsi, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Sims, C., and Koszalka, T.A., 2011. Competencies for the New-Age Instructional Designer, diunduh dari: http://www.aect.org/edtech/edition3/ER5849x_C042.fm.pdf

Suhardjono, 2007. Mengaktifkan Peran Teknologi Pendidikan guna Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru, Makalah

Seminar Pengembangan Teknologi Pem-belajaran, yang diselenggarakan oleh Pustekom Diknas, Bogor, 6-7 Nopember 2007.

Sopian, Yana R., Pendidikan Abad 21, h p:// yana.staf.upi.edu/2015/10/11/pendidilan-abad 21/. diakses 17 Desember 2016.

Warsihna, Jaka. Mutmainah, Siti. Utari, Ita. 2015. E-Sabak (Tablet) untuk Pembelajaran di Indonesia, Jakarta: Pustekkom Kemdikbud, Jurnal Teknodik Vol. 19 - Nomor 3, Desember 2015.

Warsita, Bambang. 2014. Peran Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran di sekolah dalam mensukseskan pelaksanaan kurikulum 2013. Jakarta: Pustekkom Kemdikbud, Jurnal Teknodik Vol. 18 - Nomor 2, Agustus 2014.

Wijaya, Etistika Yuni. Sudjimat, Dwi Agus. Nyoto, Amat. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global, Malang: Universitas Kanjuruhan Malang, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, Volume 1 Tahun 2016- ISSN 2528-259X, http://repository.unikama.ac.id, diakses 17 Desember 2016.


Article Metrics

Abstract viewed : 364 | PDF downloaded : 113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Kwangsan




 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # # # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats