PENERIMAAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n2.p186--203

I Putu Widyanto(1*), Ni Putu Eka Merliana(2), Ni Nyoman Tantri(3)
(1) Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
(2) Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
(3) Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
(*) Corresponding Author


This article has been read: 621 times



Abstract


The Covid 19 pandemic makes the implementation of learning carried out into online (in a network) which process since the odd semester of 2020/2021. The implementation of online learning process requires an evaluation that is used to determine the factors that can be used as the basis for determining success in the implementation of the online learning process. One of the determinants of this success is to determine student acceptance in the application of the online learning process during the Covid 19 pandemic. The purpose of this research is to determine student acceptance of online learning that has been implemented. The study used a quantitative method with a survey method using a sample of 50 students at SMAN 1 and 50 students at SMAN 2, Kahayan Tengah District, Pulang Pisau Regency, Central Kalimantan Province. The model used is The Unified Theory of Acceptance and Use Of Technology (UTAUT) model. Data analysis used structural equation modeling (SEM) with the Partial Least Square (PLS) method. Interpretation of research results using the Smart PLS 3.3.2 program. The results showed that there were several factors that influenced the implementation of the online learning process during the Covid 19 pandemic, including performance expectancy, effort expectancy which affected behavior intentions in participating in the online learning process and behavior intention affects user behavior in following the online learning process.

Abstrak

Pandemi Covid 19 menjadikan pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan) yang mana dimulai pada semester ganjil 2020/2021. Pelaksanaan proses pembelajaran daring memerlukan suatu evaluasi yang digunakan untuk menentukan faktor-faktor yang dapat dijadikan dasar dalam menentukan keberhasilan dalam pelaksanaan proses pembelajaran daring. Penentuan keberhasilan tersebut salah satunya adalah dengan mengetahui penerimaan siswa dalam penerapan proses pembelajaran daring di masa pandemic Covid 19.  Tujuan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerimaan siswa terhadap pembelajaran daring yang sudah dilaksanakan. Penelitian menggunakan metode kuantitaf dengan metode survei dengan menggunakan sampel 50 siswa di SMAN 1 dan 50 siswa di SMAN 2 Kecamatan Kahayan Tengah Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah. Model yang digunakan adalah model The Unified Theory of Acceptance and Use Of Technology (UTAUT). Analisis data menggunakan pemodelan persamaan struktur atau Structural Equation Model (SEM) dengan metode Partial Least Square (PLS). Interpretasi hasil penelitian dengan menggunakan program Smart PLS 3.3.2. Hasil penelitian menunjukan ada beberapa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan proses pembelajaran daring selama masa pandemi Covid 19 antara lain performance expectancy (kinerja siswa), effort expectancy (usaha siswa) yang berpengaruh terhadap behavior intentions (niat siswa) dalam mengikuti proses pembelajaran daring dan behavior intention (niat siswa) berpengaruh terhadap user behavior (kemauan siswa) dalam mengikuti proses pembelajaran daring. Sedangkan facilitating (fasilitas) dalam memanfaatkan teknologi dan social influence (tanggapan teman sebaya) tidak mempengaruhi behavior intention (niat siswa)  dalam mengikuti proses pembelajaran daring.


Keywords


Pembelajaran Daring; Model UTAUT; Pandemi Covid 19

Full Text:

PDF

References


Ahmad. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid 19. Jurnal Paedagogy, 7(4), 258–264.

Anhusadar, L. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609

Aswasulasikin, A. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kuliah Daring dimasa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(8). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i8.15734

Chaeruman, U. A. (2020). Ruang Belajar Baru Dan Implikasi Terhadap Pembelajaran Di Era Tatanan Baru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 142. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p142--153

Dewi, L. (2017). Rancangan Program Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Pada Mata Kuliah Kurikulum Pem-Belajaran Di Universitas Pendidikan Indonesia. Edutech, 16(2), 205. https://doi.org/10.17509/e.v16i2.7616

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139–152. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679190202

Humas. (2020). Inilah PP Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk Percepatan Penanganan Covid-19. Sektretariat Kabinet Republik Indonesia.

Ihsanuddin. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar, Jokowi Tegaskan Polri Bisa Ambil Langkah Hukum. Kompas.

Indah, Mutiara; Agustin, H. (2019). Penerapan model UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) untuk memahami niat dan perilaku aktual pengguna Go-pay di kota Padang. Aktual, Perilaku Di, Pengguna Go-Pay Padang, Kota Jurusan, Alumni Fakultas, Akuntansi Padang, Universitas Negeri, 1(4), 1949–1967.

Kemdikbud. (2020). Buku Saku Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Kemendikbud.

Khan, B. H. (1997). Web-based Instruction. Educational Technology Publications.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1820 99

Kurniasari, A. dkk. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.

Mukaromah, V. F. (2020). Kilas Balik 8 Pandemi Penyakit dan Dampaknya dalam Sejarah. Kompas.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Nabila Hilmy Zhafira, Yenny Ertika, C. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh di masa Pandemi. Jurnal l Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45. https://doi.org/https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1981

Nuari, E. S., Nurkhin, A., & Kardoyo, K. (2019). Analisis Determinan Pemanfaatan Edmodo Dengan Menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (Utaut). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 57–73. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26337

Nurhayati. (2020). Masa Inkubasi Covid-19, Berapa Lama? Primaya Hospital.

Nurhayati, S., Anandari, D., & Ekowati, W. (2019). Unified Theory of Acceptance and Usage of Technology (UTAUT) Model to Predict Health Information System Adoption. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(1), 89–97. https://doi.org/10.15294/kemas.v15i1.12376

Pane, M. D. C. (2020). COVID-19. Halo Dokter.

Prasistayanti, N. W. N., Santyasa, I. W., & Sukra Warpala, I. W. (2019). Pengaruh Desain E-Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Mata Pelajaran Pemrograman Pada Siswa Smk. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 138. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p138--155

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/http://doi.org/10.21009/PIP.341.1

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.416

Ramadha, A. (2020). Covid-19 Tak Cukup Dilawan Hanya dengan ”Lockdown”. Kompas.
RI, K. K. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Kementerian Kesehatan RI, Juli, 1–214.

Sa’idah, N. (2017). Analisis Penggunaan Sistem Pendaftaran Online (E-Health) Berdasarkan Unified Theory Of Accepptance And Use Of Technology (UTAUT) Analysis. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 5(1), 72.

Sedana, I. G. N., & Wijaya, S. W. (2012). Penerapan Model UTAUT Untuk Memahami Penerimaan Dan Penggunaan Learning Management System Studi Kasus: Experential E-Learning Of Sanata Dharma University. Jurnal Sistem Informasi, 5(2), 114. https://doi.org/10.21609/jsi.v5i2.271

Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38.

Tri Suci Rokhani, C., & Negeri Dengkek, Sa. S. (2020). Pengaruh Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Dengkek 01 Pati Selama Masa Pandemi Covid-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 424–437.

Venkatesh, Morris, Davis, & Davis. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Quarterly, 27(3), 425. https://doi.org/10.2307/30036540

Widyanto, I. P., Merliana, N. P. E., & Pranata. (2020). Implementasi Manajemen Pembelajaran Era Revolusi Industri 4 . 0 di Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya Pendahuluan. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 6(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.18784/smart.v6i1.981

World Health Organization. (2020). Tatalaksana klinis infeksi saluran pernapasan akut berat ( SARI ) suspek penyakit COVID-19. World Health Organization, 4(March), 1–25.


Article Metrics

Abstract viewed : 419 | PDF downloaded : 202

Copyright (c) 2021 Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats