KONTRIBUSI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO AKSI TERHADAP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n1.p51--63

Faiza Indriastuti(1*)
(1) BPMR Yogyakarta
(*) Corresponding Author


This article has been read: 280 times



Abstract


Development of early childhood language is very important in developingthe communication and interaction skills with others. Stimulation of the development of language skills can be done in the family and school environment. The purpose of this study is to determine the extent of contributionof media audio AKSI utilization in developing early childhood language ability. This study uses an experimental method to early childhood that using media audio AKSI as a learning treatment. The result of this study revealed that media audio AKSI has a significantly contribution for developing early childhood’s languange skills because enabling to improve the quality of children’s learning achievements, enabling to make teacher more productive, enabling to provide alternative learning media that more user friendly, and enabling to the ease of audio files storage, retrieval, and utilization makes learning become more flexible.

 

Abstrak

Pengembangan berbahasa anak usia dini sangat penting dilakukan untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Stimulasi pengembangan kemampuan berbahasa tersebut dapat dilakukan, baik di lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sejauhmana kontribusi pemanfaatan media audio AKSI terhadap pengembangan kemampuan berbahasa anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen terhadap peserta didik usia dini melalui treatmen penggunaan media audio AKSI dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa media audio AKSI memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pengembangan kemampuan berbahasa anak usia dini karena mampu meningkatkan kualitas hasil belajar anak, mampu membuat pendidik lebih produktif, dan mampu memberikan alternatif media pembelajaran yang lebih user friendly, dan kemudahan penyimpanan, pengambilan, dan pemanfaatan file audio menjadikan pembelajaran menjadi lebih fleksibel.


Keywords


Early childhood; language skills; audio media contribution; anak usia dini; kemampuan berbahasa; kontribusi media audio

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Arsyad, Azhar . 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Zaman, Badru; Hernawan, Asep Hery; Eliyawati, Cucu. 2005. Media dan Sumber Belajar TK . Jakarta: Pusbit UT, Cetakan Pertama.

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoretik . Jakarta: PT. Rineka Cipta

Direktorat Tenaga Teknis. 2003. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 0-6 Tahun . Jakarta: Ditjen PLSP- Depdiknas.

Hurlock, B. E. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Mar’at, Samsunuwiyati. 2011. Psikolinguistik. Bandung: PT. Refika Aditama.

Perry, Bruce D. 2015. How Young Children Learn Language. Early Childhood Today. Artikel penelitian yang diunduh dari https://beta.scholastic.com/teachers/articles/teachingcontent/how-young-children-learn-language/ pada tanggal 10 Januari 2017.

Roul, Sushanta Kumar. Language Development of the Preschool Children: The Effects of an audio visual Intervention Program in Delhi. 2014 . International Journal of Instruction, Vol. 7, No. 1, 2014. Diunduh dari http://.e-iji.net pada tanggal 12 Januari 2017.

Sadiman, A.S., dkk. 1996. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya . Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada.

Srikartin, Lusiana. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Tebak Bunyi Suara di TK Dharmawanita Agam. Jurnal Pesona PAUD Universitas Negeri Padang, Vol. 1, No. 03, 2013. Diunduh di www.portalgaruda.org/article pada tanggal 24 Juli 2017.

Nurhadiati, Teti. 2011. Pengaruh Penggunaan Media Audio Interaktif dalam Pembelajaran Terhadap Perkembangan Bahasa Verbal dan Motorik Halus Anak Usia Dini . Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurhayati, Nunung. 2013. Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Menyimak melalui Penggunaan Media Audio Interaktif . Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

UNESCO. The Four Pillars of Learning. Diunduh pada tanggal 4 Agustus 2017 dari laman http://www.unesco.org/new/en/education/networks/global-networks/aspnet/about-us/strategy/the-four-pillars-of-learning/

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. 2005. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Yusuf, L. N. Syamsu. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zubaidah, Enny. 2004. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dan Teknik Pengembangannya di Sekolah. Jurnal Ilmiah Cakrawala Pendidikan, November 2004, Th. XXIII, No. 3. LPM UNY. Kontribusipemanfaatan Media Audio Aksi terhadap Pengembangan Kemampuan Berbahasa pada Anak Usia Dini, Faiza Indriastuti. Hal: 51 - 63


Article Metrics

Abstract viewed : 211 | PDF downloaded : 69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Kwangsan




 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # # # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats