PENGEMBANGAN MODUL ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN BERBASIS DETIK K-13

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n1.p39--50

Riful Hamidah(1*)
(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Magetan
(*) Corresponding Author


This article has been read: 338 times



Abstract


The constraints of implementing the learning-based scientific approach of the 2013 Curriculum has resulted in a still lower learning achievement of students grade XII Studying Office Administration-1 (XII APk1) of the State Senior Vocational School-1 of Magetan (SMK Negeri 1 Magetan). This such condition has stimulated the researcher to conduct this study. It is caused by the unavailability of learning resources to be accessed by teachers and students the module is one of the learning resources. The purpose of this study is to develop a module on “Personnel Administration” based on the scientific approach of the 2013 Curriculum. The produced module should be eligibly declared by the subject matter and language experts, as well as positively responsed by the students as end users. This study uses a research and development method with 4-D model. The study concludes that the development of “Personnel Administration” module-based on Detik K-13 meets the requirements of BSNP, is eligibly declared by the subject matter and language experts, and is positively responsed by the students.

 

Abstrak

Terhambatnya proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik Kurikulum 2013 telah mengakibatkan masih rendahnya hasil belajar siswa di kelas XII Administrasi Perkantoran-1 (APk-1) SMK Negeri 1 Magetan. Kondisi yang demikianlah yang menggugah peneliti untuk melakukan penelitian ini. Penyebabnya adalah ketidaktersediaan berbagai sumber belajar yang dapat diakses oleh siswa dan guru. Salah satu di antara sumber belajar ini adalah bahan belajar mandiri tercetak (modul). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul Administrasi Kepegawaian berbasis pendekatan saintifik Kurikulum 2013 (Detik K-13). Modul yang dihasilkan haruslah dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli bahasa, serta mendapat respon yang positif dari siswa sebagai pengguna akhir (end users). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model 4-D. Kemudian, penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan modul Administrasi Kepegawaian Derbasis Detik K-13 dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli bahasa, memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh BSNP, dan mendapat respon yang positif dari siswa.


Keywords


Module development; Scientific Approach of the 2013 Curiculum; Pengembangan modul; Detik K-13

Full Text:

PDF

References


Alifi, Moch. Zamroni. 2015. Pengembangan Modul Kurikulum 2013 pada Mata Diklat Kearsipan di SMKN 2 Buduran. Skripsi tidak diterbitkan. Unesa: Universitas Negeri Surabaya.

Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Bandung: Direktori UPI.

BSNP. 2014. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran SMA/MA. Sumber: http://bsnp-indonesia.org. Diakses pada 21 Desember 2015.

Budiastuti, Seftifia Rizkhi. 2015. Pengembangan Modul Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Pangkat dan Jabatan Pegawai Sesuai Kurikulum 2013 pada Siswa XI AP 1 di SMK Negeri 2 Nganjuk. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol 3 No.3, tahun 2015. Sumber: http://ejournal.unesa.ac.id . Diakses pada 30 Desember 2015.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: Publisher.

_______. 2013. Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media.

Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, Depdiknas. 2003. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi . Sumber: ( https://bookes.google.co.id ). Diakses pada 29 Desember 2016.

Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mufidah, Chilmiyah izzatul. (2014). Pengembangan Modul Kompetensi Dasar Meng- identifikasi Pangkat dan Jabatan Pegawai Sesuai Kurikulum 2013 pada Siswa XI AP 1 di SMK Negeri 2 Nganjuk . Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol 2, Nomor 2. Sumber: http://ejur- nal.unesa.ac.id. Diakses pada 30 Desember 2015.

Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan belajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Riduwan, 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta Sadiman, et.al . 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Safitri, Aprilia, 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Memahami Asas, Tujuan dan Jenis Tata Ruang Kantor pada Siswa Kelas X APK 1 di SMK Negeri 10 Surabaya (JPAP), Vol. 03, Nomor 3. Sumber: http://ejournal. unesa.ac.id. Diakses pada 17 Januari 2015.

Pengembangan Modul Administrasi Kepegawaian Berbasis Detik K-13, Riful Hamidah . Hal: 39 - 50

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D . Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract viewed : 248 | PDF downloaded : 90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Kwangsan




 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # # # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats