PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI AKREDITASI A DI PROVINSI JAWA TIMUR

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n1.p21--38

Herry Widyastono(1*)
(1) Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud
(*) Corresponding Author


This article has been read: 468 times



Abstract


The aim of this study is to obtain information on the use of Information and Communication Technology (ICT) in teaching and school management in SMP Negeri Accreditation of A in East Java province. The study was conducted in August-September 2016 on SMP Negeri 4 Accreditation of A in East Java province. The study concluded that the ICT has been used in teaching and school management in Junior High School Accreditation in East Java province. The use of ICT in the form of ICT-based learning, blended e-learning, Web-based learning/Blog, assessment based on ICT, ICT labs, class multi-media, digital libraries, and application data base school. The study concluded that the ICT has been used in teaching and school management in Junior High School Accreditation in East Java province. The use of ICT in the form of ICT-based learning, blended e-learning, Web-based learning/Blog, assessment based on ICT, ICT labs, class multimedia, digital libraries, and application data base school. The study recommends that the use of ICT optimized, particularly in terms of: learning in the form of mailing lists/discussion groups, distance learning, virtual world class, assessment of learning outcomes that can be accessed by students and parents, as well as documents and digital library services.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran dan manajemen sekolah di SMP negeri akreditasi A di Provinsi Jawa Timur. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus-September 2016, pada empat SMP negeri akreditasi A di Provinsi Jawa Timur. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa TIK telah dimanfaatkan dalam pembelajaran dan manajemen sekolah pada sekolah menengah pertama negeri akreditasi A di  Provinsi Jawa Timur. Pemanfaatan TIK berupa pembelajaran berbasis TIK, blended e-learning, pembelajaran berbasis Web/Blog, penilaian berbasis TIK, laboratorium TIK, kelas multi media, perpustakaan digital, dan aplikasi data base sekolah. Penelitian merekomendasikan agar pemanfaatan TIK dioptimalkan, terutama dalam hal: pembelajaran dalam bentuk mailing list/grup diskusi, pembelajaran langsung jarak jauh, kelas dunia maya, penilaian hasil belajar yang dapat diakses oleh peserta didik dan orang tua, serta dokumen dan layanan perpustakaan digital.


Keywords


ICT; SMP Negeri accreditation of A; learning; school management; Teknologi informasi dan komunikasi; SMPN akreditasi A; pembelajaran; manajemen sekolah

Full Text:

PDF

References


Anas, Muhammad., Mursidin T, dan Firdaus. 2006. Studi tentang Persepsi terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SMPN se Kota Kendari dan se Kabupaten Kolaka. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan, Depdiknas.

Anwas, Oos M. 2015. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pesantren Rakyat Sumber Pucung Malang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 21, No. 3, hlm 207-220. DOI: http://dx.doi.org/10.24832%2Fjpnk.v21i3.187

Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah. 2014. Perangkat Akreditasi SMP/MTs. Jakarta: Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah.

Jakaria, Yaya. 2007. Studi Pemetaan Kemampuan Teknologi Informasi di Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun Ke-13 No. 066, hlm 488-507. DOI: http://dx.doi.org/10.24832%2Fjpnk.v13i66.363

Lestari, Sri. 2015. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Guru. Kwangsan : Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), 121. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v3n2.p121--134

Pannen, Paulina., M. Yunus, Teguh Prakosa. 2005. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun Ke-11, No. 052, hlm 35-51.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud. 2014. Isu-isu yang Menonjol dalam Evaluasi Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Rivalina, Rahmi., dan Oos M. Anwas. 2013. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Optimalisasi Perpustakaan. Jurnal Teknodik, Vol.17 No. 2, hlm 224-235. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/81

Siahaan, Sudirman. 2008. Perkembangan Siaran Televisi Edukasi: Persepsi dan Penyikapan Guru. Jakarta: Pusat Teknologi dan Komunikasi Departemen Pendidikan Nasional.

Sihabudin, Ahmad. 2013. Teknologi Informasi Komunikasi dan Gaya Hidup Mahasiswa. Jurnal Teknodik, Vol.17 No. 2, hlm 177-183. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/77

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UNESCO.2002-a. Information and Communication Technology in Education. Moscow: GP Press.

UNESCO. 2002-b. Institute for Information Technologies in Education. “Toward Policies for Integrating ICTs into Education” Hig Level Seminar for Decision Makers and Policy-Makers, Moscow 2002.

Warsihna, Jaka. 2013. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan di Daerah Terpencil, Tertinggal, dan Terdepan. Jurnal Teknodik, Vol.17 No. 2, hlm 236-243. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/82

Widodo, Arie. 2008. Manajemen Kesiswaan dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Negeri 11 Yogyakarta. DOI: http://doi.org/10.13140/RG.2.2.27435.49444

Widyastono, Herry. 2015. Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengembangan Pembelajaran dan Manajemen Sekolah Rintisan Penerapan Kurikulum 2013. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), 77. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v3n2.p77--90


Article Metrics

Abstract viewed : 347 | PDF downloaded : 121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Kwangsan




 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats