ANALISIS KEBUTUHAN LEMBAR KERJA AUDIO SISWA (LKAS) UNTUK SISWA TUNANETRA

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n1.p55--66

nFn Innayah(1*)
(1) BPMR Yogyakarta
(*) Corresponding Author


This article has been read: 294 times



Abstract


Visually impaired disabilities have requiring an appropriate medium for learning. Audio student worksheet (LKS) is one of the media for persons with disabilities are being developed. The aim of the study was to determine the subjects that require media audio LKS, format of audio LKS, player tool for audio LKS program and accompanying materials required as supporting audio LKS. This research was conducted by the method of research and development. The results of this study showed subjects that require audio LKS is a national examination subjects such as Indonesian language, English language, science and mathematics. Form of audio LKS for visually impaired disabilities is a summary with multiple choice questions. Instruments of audio LKS that suitable for visually impaired disabilities are laptop and an MP3 player. The understanding of the audio LKS for visually impaired disabilities should be complemented with an accompanying material in the form of Braille.

 

Abstrak

Siswa tunanetra membutuhkan media pembelajaran yang tepat. Lembar kerja audio siswa (LKAS) merupakan salah satu media yang dikembangkan bagi siswa tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mata pelajaran yang membutuhkan media LKAS, format LKAS, alat pemutar program untuk LKAS dan bahan penyerta yang dibutuhkan sebagai penunjang LKAS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R and D). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mata pelajaran yang membutuhkan media LKAS adalah mata pelajaran ujian nasional seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Ingggris, IPA dan matematika. Format LKAS bagi siswa tunanetra adalah ringkasan materi dengan bentuk soal pilihan ganda. Alat pemutar program yang sesuai bagi siswa tunanetra adalah laptop dan MP3 player. Pemahaman terhadap LKAS perlu dilengkapi dengan bahan penyerta dalam bentuk Braille.


Keywords


audio student worksheet; media audio; visual impairment; lembar kerja audio siswa (LKAS); media audio; tunanetra

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal. 2013. Penggunaan Lembaran Kerja Siswa dalam Pembelajaran Materi Tumbuhan Hijau Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD negeri 4 Banda Aceh. Ejournal STKIP Bina Bangsa Meulaboh Volume IV Nomor 2. Juli-Desember 2013. hal 1840. (Diakses 22 Mei 2016).

Anshori, Ricky. 2013. Perilaku Pencarian Informasi Pemakai Pada Layanan Perpustakaan Tuna Netra Yayasan Mitra Netra Jakarta. Skripsi. Semarang: Undip. http://fib.undip.ac.id/digilib/home/fib.undip.ac.id/files/e_book/Ricky%20Anshori%20A2D009004%20 skripsii%20burn%20CD.pdf (Diakses 25 Mei 2016).

Arraid, M.Salwa. 2014. Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta Tahun Akademik 2013-2014. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Astono. 2008. Pengembangan Model Praktikum Sains untuk Anak Penyandang Ketunaan Melalui Pendektan Konstruktivis Serta Aplikasinya Pada Pendidikan Inklusif dan Sekolah Luar Biasa. Laporan Penelitian.Yogyakarta: UNY. http://elib.pdii.lipi.go.id/katalog/index.php/searchkatalog/byId/263905. (Diakses 25 Mei 2016).

Astuti, F.S., Mulyati, S.. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk Pembelajaran yang Menggunakan Model Group Investigation pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal online.um.ac.id/.../ artikel 8578ED3CA 9248 C514 DFA58 D629D5F (Diakses 22 Mei 2016).

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.

Hasanah, Rahmawati. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui LKS pada Mapel Matematika Kelas 2. Skripsi. Bandung: UPI. http://a-research.upi.edu/operator/upload/s_pgsd_1008264_ capter2.pdf. (Diakses 2 September 2015)

Innayah. 2012. Laporan Analisis Kebutuhan Model Audio Jelang Ujian Nasional untuk Siswa Tunanetra. Yogyakarta: BPMRP.

KRjogja.com. 2010. Berita:UN SMP Siswa Tuna Netra Sulit Pahami Soal Bahasa Indonesia. http://pendidikan-diy.go.id/dinas_v4/? view=v_berita&id_sub=1921. (Diakses April 2016).

Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Rosdakarya.

Mendiknas. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 tentang Buku. Jakarta: Kemendiknas.

Misnawati. 2014. Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SD. Jurnal Pedagogia Vol. 3, No. 1, Februari 2014: halaman 45-53. http://idr.iain-antasari.ac.id/4859/ (Diakses 24 Agustus 2016).

Mitra Netra. 2006. Komunitas E-Braille Indonesia (Kebi); Membangun Masyarakat Literasi untuk Tunanetra. http://www.mitranetra.or.id/default.asp?page= momedia&id=7. (Diakses 22 Mei 2016)

--------------. 2009. Adakah Wajib Belajar untuk Anak Tunanetra? http:// www.mitranetra.or.id/default.asp?page=halo&id=1. (Diakses 22 Mei 2016)

Molenda, Michael and Januszeski, Alan. 2008. Educational Technology. New York: Lawrence Erlbaum Associates.

Newby, T.J., Stepich, D.A., Lehman, J.D., Russell, J.D. 2000. Instructional Technology for Teaching and Learning. Designing Instruction, Integrating Computer, and Using Media (second edition). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Ningtyas, Jilma Dewi Ayu. 2013. Analisis Kelayakan LKS Mata Pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) Kelas VIII Semester Ganjil di SMP Negeri Kabupaten Grobogan.Skripsi.Unes:Semarang. http://lib. unes.ac.id. (Diakses 23 Mei 2016).

Raharjo, Puji. 2010. Modul Pembuatan Media Audio Pembelajaran. Jakarta: Pustekkom-Kementerian Pendidikan Nasional.

Republika.co.id.06 April.2016. Pendidikan:.Diskriminasi Peserta UN Tunanetra, Kemdikbud Salahkan Daerah. http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/education/16/04/06/o57g8s384diskriminasi-peserta-un-tunanetrakemendikbud-salahkan-daerah. Diakses 23 Mei 2016.

Setyowati, Liling Kristin. 2014. Analisis Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus dalam Belajar Matematika di Kelas Inklusi. Skripsi. Surakarta: UMS. http://eprints.ums.ac.id/28712/12/ NASKAH_PUBLIKASI.pdf. (Diakses 23 Mei 2016).

Somantri, Sutjihati, T. 2012. Psikologi Anak luar Biasa. Bandung: Refika Aditama. Subagya. 2013. Media Audio Pembelajaran untuk Tunanetra.Makalah: disajikan pada Lokakarya Perancangan Model Audiobook untuk tunanetra pada tanggal 25 s.d. 28 Maret 2013 di Hotel Indah Palace Yogyakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Sulastri. 2012. Penggunaan Media Charta dan LKS dapat Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Tentang Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan pada Kelas VIII C di Smp Negeri 4 Saradan Tahun Pelajaran 2011/2012.Skripsi. Jurnalbioma.blogspot.com/.../penggunaan-media-charta-dan-lks-dapat.html. (diakses 22 mei 2016).

Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia. 2009. Solo: CV Safira.

Wardani, I.G.A.K., Astati, Hernawati, Tati, Permanarian. 2009. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract viewed : 230 | PDF downloaded : 64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Kwangsan




 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # # # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats