MENUMBUHKAN MINAT BACA MASYARAKAT MELALUI TAMAN BACAAN MASYARAKAT BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n1.p43--54

Asep Saepudin(1*), Bunga Nisa Mentari(2)
(1) Departemen Pendidikan Luar Sekolah Univesitas Pendidikan Indonesia
(2) Departemen Pendidikan Luar Sekolah Univesitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author


This article has been read: 326 times



Abstract


The purpose of this study is to analyze the community reading interest at Community Library, the implementation of the Community Library program based on information technology, and the third, the impact of Community Library program based on information technology to increase the community interest in the Community Library. The method used is descriptive method with qualitative approach. subjects numbered five persons consisting of one manager, three participants, and one facilitator of Community Library. The results of this study is: (1) the community interest in reading at Community Library arising from internal factors and external factors. however, that has more influence that external factor because people tend to be always invited, persuaded, and given encouragement from others; second implementation of the Community Library based information technology is done through of the following stages: organizing, mobilizing, and coaching; thrid impact of Community Library based technology infornmation views of the cognitive domain, it is known that the citizens involved in the Community Library program has subsequently internalized the new knowledge, and applied in everyday. in the affective domain, citizens have a positive attitude towards the movement of at least ten minutes reading through the “games” in Community Library. In conclusion, Community Library has increased the ability to read community that are useful in performing activities of daily living.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk me-nganalisis minat baca masyarakat di wilayah Taman Bacaan Masyarakat Sukamulya Cerdas, pelaksanaan kegiatan Taman Bacaan Masyarakat berbasis Information Technology, dan dampak pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) berbasis IT terhadap peningkatan minat baca masyarakat di wilayah TBM Sukmulya Cerdas. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian berjumlah lima orang terdiri dari satu orang pengelola, tiga orang peserta kegiatan, dan satu orang fasilitator TBM Sukamulya Cerdas. Hasil penelitian adalah bahwa minat baca masyarakat sekitar TBM timbul dari faktor internal dan faktor eksternal (faktor eksternal lebih berpengaruh karena masyarakat cenderung harus selalu diajak, dibujuk, serta diberikan dorongan dari orang lain), pelaksanaan kegiatan TBM berbasis teknologi informasi dilakukan melalui tahapan pengorganisasian, penggerakkan, dan pembinaan, dampak kegiatan TBM berbasis teknologi informasi dari ranah kognitif (masyarakat memiliki pengetahuan baru yang selanjutnya diinternalisasi dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari), dan ranah afektif (warga masyarakat memiliki sikap positif terhadap gerakan membaca buku minimal sepuluh menit melalui “games” di TBM). Simpulan penelitian adalah bahwa TBM telah meningkatkan kemampuan membaca masyarakat yang bermanfaat dalam menjalankan aktivitas hidup sehari-hari.


Keywords


interest read; city library; information technology; Minat Baca; Taman Bacaan Masyarakat; Teknologi Informasi

Full Text:

PDF

References


Buku Pedoman Penyelenggaraan Taman Bacaan Masyarakat. 2006. Jakarta: Direktorat Dikmas.

Badan Pusat Statistik. 2014. Data Penduduk Indonesia. Jakarta: BPS Press. Fitriastuti. 2009. Aplikasi opac (online public access catalog) pada sistem informasi perpustakaan berbasis mobile. Jurnal Dinamika Informatika Volume 3 No. 2, September 2009.

Irmayati. 2011. Pengembangan Perpustakaan Digital Puslata UT dalam Mendukung Sistem Belajar Jarak Jauh. Jurnal Teknodik Vol. XV No. 2 Desember 2011.

Pilegard dan Richard E. Mayer. 2016. Improving academic learning from computer-based narrative games. Journal of Contemporary Educational Psychology. Department of Psychological and Brain Sciences, University of California, Santa Barbara, CA 93106, USA. Journal homepage: www.elsevier.com/locate/cedpsych (diakses 16 Agustus 2016).

Rivalina, R dan Anwas, M. 2013. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Optimalisasi Perpustakaan. Jurnal Tekndik. Vol. 17 N0. 2 Juni 2013.

Rahmat, J. 2014. Peran PKBM dalam meningkatkan mutu pengelolaan program PAUDNI di Privinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Jurnal Pedagogia. Vol. 1 No. 2 Desember 2014.

Rullyana G. 2015. Pengaruh Sikap Tenaga Perpustakaan dalam Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi terhadap Pendayagunaan Layanan. Jurnal Pedagogia. Vol. 2 No. 1 April 2015.

Sutisna, A. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Teknis Berkelanjutan dalam Meningkatkan Kompetensi Tutor Paket C. Jurnal Ilmiah VISI Vol. 10 No. 2 Desember 2015.

Rachman, A., dkk. 1983. Minat Baca Murid Siswa Sekolah Dasar di Jawa Timur. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Rahim, F. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Saepudin, A. 2015. Efektifitas Pelatihan dan Efikasi Diri dalam Meningkatkan Perilaku Berwirausaha pada Masyarakat Transisi. Jurnal Mimbar Vol. 31 No. 1 Juni 2015.

Schmitz. 2015. Attuning a mobile simulation game for school children using a designbased research approach. Journal of Computers & Education journal homepage: www.elsevier.com/locate/ compedu. (diakses 16 Agustus 2016).

Sutarno. 2008. Membina Perpustakaan Desa. Jakarta: Sagung Seto.

Sudjana, D. 2010. Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah.

Suherman. 2010. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyanto, M. 2005. Pengantar Teknologi Informasi Untuk Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UNESCO. 2012. Annual Review of World Population Paper.

Warsihna, J. 2012. Model Pembelajaran dengan TIK di Sekolah Kategori Perintis. Jurnal Teknodik Vol. XVI No. 4 Desember 2012.

Warsita, B. 2012. Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik No. Vol. XVI No.2 Juni 2012.


Article Metrics

Abstract viewed : 249 | PDF downloaded : 77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Kwangsan




 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # # # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats