PENGEMBANGAN MODEL E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n1.p1--15

nFn Rusman(1*)
(1) Program Studi Pengembangan Kurikulum Sekolah Pascasarjana UPI Bandung
(*) Corresponding Author


This article has been read: 408 times



Abstract


The aim of this research is to develop the instructional model based on e-learning in order to develop students’ learning result on Curriculum and Learning Subjects. The method of research which was conducted in this study was Research and Development method. The documentation study research shows that students’ ability in learning Curriculum and Learning Subjects is relatively low. It occurs because of some factors, among all are the monotonous process of learning, limited learning sources which are only facilitated by printed sources like books, articles and so on. The product of this research is an instructional model which makes students feel interested and can accommodate all students’ necessities during the process of learning so that it can develop students’ learning result on Curriculum and Learning Subjects. Based on the investigation result, it can be concluded that the instructional model based on e-learning is a web based instructional model which can develop students’ learning result on Curriculum and Learning Subjects.

 

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran berbasis e-learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan. Hasil studi dokumentasi memperlihatkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam mempelajari Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran masih relatif rendah. Hal ini dapat terjadi disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya metode pembelajaran yang digunakan cenderung monoton, sumber belajar terbatas yang hanya mengandalkan sumber belajar cetak berupa buku, artikel, dan sebagainya. Hasil penelitian ini berupa model pembelajaran yang diminati oleh mahasiswa, yang dapat mengakomodasi semua kebutuhan mahasiswa dalam melaksanakan proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Berbasis E-Learning adalah sebuah model pembelajaran berbasis web yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran.


Keywords


e-learning based instruction; curriculum and instruction; pembelajaran berbasis e-learning; kurikulum dan pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Hidayat, Ali. 2001. Pengaruh Penggunaan E-learning terhadap motivasi dan Efektivitas Pembelajaran Fisika bagi Siswa SMA (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Depok). Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 2, No, 1, Maret. 2001.

Anderson, L.W dan Krathwohl. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, Asesmen. Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom (Terjemahan). Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Borg, R. dan Gall. 1979. Educational Research; An introduction, New: Long Man Borg dan Gall. 2003. Education Research. New York:Allyn and Bacon.

Carroll, B. 2003. Going hybrid: Online Course Componentsincrease Flexibility of On-Campus Courses Online Classroom. P.4,7. [online] tersedia: www.uic.edu/depts/oeeblended/workshoop/bobliography.pdf (diakses 20 Desember 2015)

Taufida, Elfira, dkk. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-learning Pada Mata Kuliah Fisika 1 untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 3, No 2, (2014)

Haughey, M. dan Anderson, T. 1998. Networking Learning: The Pedagogy of the Internet. Montreal: Cheneliere/ McGraw-Hill.

Hermanto, dkk. 2013. Pengaruh Blended Learning Terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 9 2013. hlm 67-76. (diakses Januari 2013).

Koran, Jaya Kumar C. 2002. Aplikasi Elearning dalam Pengajaran dan Pembelajaran di Sekolah Malasyia. (diakses 8 November 2002).

Kamarga, Hanny. 2002. Belajar Sejarah Melalui e-learning; Alternatif Mengakses Sumber Informasi. Jakarta: Inti Media.

Mswaji, T., Cahrity N, dan Tiana. 2014. Implementing Blended Learning at a Developing University: Obstacles is the Way. The Electronic Journal of e-learning. (12) 1. 101-110.

Onno, Purbo, W. dan Antonius AH. 2002. Teknologi e-learning Berbasis PHP dan MySQL: Merencanakan dan Mengimplementasikan Sistem e-learning. Jakarta: Gramedia.

Rosenberg. 2001. The Online Learning Handbook: Developing and Using Web Based Learning. London. Kogan Page.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.

Soekartawi. 2003. Prinsip Dasar E-learning: Teori dan Aplikasinya di Indonesia, Jurnal Teknodik, Edisi No.12/VII/ Oktober/2003.


Article Metrics

Abstract viewed : 315 | PDF downloaded : 93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Kwangsan




 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # # # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats