EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MS EXCEL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v3n2.p107--120

Raden Roro Martiningsih(1*)
(1) SMP Muhammadiyah 1 Surabaya
(*) Corresponding Author


This article has been read: 433 times



Abstract


Build innovative learning can be done by utilizing MS Excel application on statistical material in class VII SMP aim of this study was to determine the effectiveness of the use of MS Excel in mathematics at SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. This study uses an experimental study comparing the mathematics achievement of students of class VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya utilizing Ms Excel and who do not use Ms Excel. The treatments provided are the use of MS Excel on statistical learning. The results showed an average difference in learning achievement statistics that utilize MS Excel in learning is 7.94, while a group of students who do not utilize is 5.89. Results of t-test showed significant value of 0.007, with a significance level of 0.05, which means no statistical difference in learning achievement of students between the harness and utilize MS Excel. It can be concluded that learning with MS Excel on a statistical significant effect.

 

Abstrak

Membangun pembelajaran inovatif bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan aplikasi Ms Excel pada materi statistik di kelas VII SMP Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas pemanfaatan Ms Excel dalam pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian ekperimen yang membandingkan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya yang memanfaatkan Ms Excel dan yang tidak memanfaatkan Ms Excel. Perlakuan yang diberikan adalah pemanfaatan Ms Excel pada pembelajaran statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata perbedaan prestasi belajar statistik yang memanfaatkan Ms Excel dalam pembelajaran adalah 7,94 sedangkan kelompok siswa yang tidak memanfaatkan adalah 5,89. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikasi 0,007, dengan level signifikansi 0,05 yang artinya ada perbedaan prestasi belajar statistik siswa antara yang memanfaatkan dan tidak memanfaatkan Ms Excel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Ms Excel pada statistik memberikan pengaruh secara signifikan.

 


Keywords


ms. excel; pembelajaran statistik menggunakan ms excel; prestasi belajar; ms. excel; pembelajaran statistik menggunakan ms excel prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


AECT. 1986. Satuan Tugas Definisi dan Terminologi AECT Definisi Teknologi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.

Agustinawati, S. 2014. Pembuatan Media Pembelajaran Microsoft Excel Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tawangmangu. Speed Journal – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Volume 11 No 1 - Februari 2014 - ijns.org

Aisyah, MN. 2013. Tingkat Penguasaan dan Penggunaan ICT (Information and Communication Technology) pada mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Nominal/ Volume II Nomor I/ Tahun 2013 Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Anggari, A. 2009. Active Learning. Jakarta: Glabal Jaya

Anggri, A.R. 2013. Efektivitas Media Software Excel Dalam Model Pembelajaran Contextual Teaching and learning sebagai upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Kertas Kerja Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2012/2013.Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang Fakultas Ekonomi. http://lib.unnes.ac.id/17611/1/7101409090.pdf. diakses tanggal 12 April 2014

Arifin, A, 2011. Pemanfaatan Microsoft Excel untuk Media Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Gerak dengan Bantuan Camtasia Studio 4. Jurnal JP2F, Volume 2 Nomor 1 April 2011. http://download.portalgaruda.org/article.phparticle=6926&val=528 diunduh tanggal 15 Maret 2014

Chaerani, D. 2015. Pemanfaatan Software Aplikasi Excel, Maple dan MATLAB untuk Pengajaran Matakuliah Optimisasi dengan Studi Kasus Penyelesaian Masalah Pemrograman Linear Integer pada Bidang Industri. Bandung,: Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015). 8 dan 9 Juni 2015, Indonesia. ISBN: 978-602-19655-8-0

Darminto, BP. 2008. Studi Perbandingan antara Model Pembelajaaran berbasiss Komputer dalam Peningkatan Kemampuan Berfikir Matematis Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan teknologi Informaasi dan Komunikasi Volume 1 Nomor 2 Desember 2008 ISSN:1979-9264 Daryanto. 2012. Model Pmbelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Dryden , Gordon & Jeannette Vos. 2009. Revolusi Cara Belajar : The Learning Revolution Bagian I. Bandung : Kaifa PT Mizan Pustaka

Hanip. R. 2014. Penggunaan Aplikasi Komputer Akuntansi Program Excel untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Genteng Materi Pokok Memahami Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Jember: Pendidikan Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1) Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember

Ibrahim. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa. E. .2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munadi, Y. 2008. Media Pembelajaran. Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press Roestiyah. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Semadiartha, IKS. 2012. Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer dengan Microsoft Excel yang berorientasi teori Van Hiele pada Bahasan Trigonometri kelas X SMA untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Sihombing. 2013. Aplikasi Pembelajaran Fungsi-Fungsi Ms. Excel dengan Menggunakan Metode Computer Based Learning (CBL). Medan: STMIK Budidarma Medan. Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, Volume : IV, Nomor: 3, Agustus 2013 Suliyanto. 2012. Analisis Statistik. Yogyakarta: Penerbit Andi Suryadi, A. 2007. Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 8, Nomor 1, Maret 2007, 83-98

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher Zulkarnaini, 2009. Teknik Penyusunan Bahan Ajar. http://zulkarnaini.net/2009/06/131.htm. diakses tanggal 12 April 2014


Article Metrics

Abstract viewed : 259 | PDF downloaded : 174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Kwangsan




 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # # # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats