PENDAYAGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DAN MANAJEMEN SEKOLAH RINTISAN PENERAPAN KURIKULUM 2013
Herry Widyastono(1*)
(1) Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 1951 | PDF downloaded : 480
Abstract
The rapid advancement of Information and Communication Technology (ICT) has affected the livelihood of the people and the nation of Indonesia. In 2006 , the Ministry of Education and Culture has responded ICT developments by incorporating the subjects of ICT into curriculum. ICT subjects was abolished from curriculum 2013. The purpose of this study is to find solutions for the utilization of ICT in the development of learning and school management pilot for the implementation of Curriculum 2013. Results of analyzes and studies note that although ICT is not a stand-alone subject, but ICT is expected to be utilized in the development of learning and pilot school management for implementation of Curriculum 2013. Forms of utilization of ICT among others: computer-based learning, blended e-learning, web-based learning, assessment of information and communication technology-based, digital libraries, and school database applications. The pilot school for the implementation of Curriculum 2013, which have adequate educational resources recommended that ICT teacher gives training and guidance and facilitation to other teachers and other eductors and learners to be able to utilize ICT in learning and school management optimally.
Abstrak
Pesatnya kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah memengaruhi tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia. Tahun 2006, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan telah merespon perkembangan TIK dengan memasukkan mata pelajaran TIK ke dalam Kurikulum. Pada Kurikulum 2013, mata pelajaran TIK tersebut ditiadakan. Tujuan kajian ini untuk mencarikan solusi pendayagunaan TIK dalam pengembangan pembelajaran dan pengelolaan manajemen sekolah rintisan penerapan Kurikulum 2013. Hasil analisis dan kajian diketahui bahwa meskipun TIK tidak merupakan mata pelajaran yang berdiri sendiri, namun TIK diharapkan dapat didayagunakan pemanfaatannya dalam pengembangan pembelajaran dan manajemen sekolah rintisan penerapan Kurikulum 2013. Bentuk-bentuk pendayagunaan TIK tersebut antara lain: pembelajaran berbasis komputer, blended e-learning, pembelajaran berbasis web, penilaian berbasis TIK, perpustakaan digital, dan aplikasi database sekolah. Bagi sekolah rintisan penerapan Kurikulum 2013 yang memiliki sumber daya pendidikan memadai direkomendasikan agar guru TIK memberi pelatihan dan bimbingan serta fasilitasi kepada para guru lainnya dan tenaga kependidikan serta peserta didik agar mampu mendayagunakan TIK dalam pembelajaran dan manajemen sekolah secara optimal.
Keywords
References
Arief AM. 2014. Media Pembelajaran Berbasis TIK, Diklat Teknis Fungsional Peningkatan Kompetensi Guru Pertama. Makassar: Balai Diklat Keagamaan Makassar.
Fryer, Wesley A. 2001. Strategy for Effective Elementary Technology Integration. http://www.wtvi.com/teks/integrate/tcea2001/powerpointoutline.pdf. (diakses 8 Agustus 2015).
NIE Singapore, 2002. General Typology of Teaching Strategies in Integrated Learning System. http://www.microlessons.com (diakses 8 Agustus 2015)
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMA/MA.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2014 tentang Peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dalam Implementasi Kurikulum 2013.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013.
Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum TIK. Jakarta: Pusat Kurikulum.
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud. 2014. Bahan Paparan tentang Isu-isu yang menonjol dalam Evaluasi Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Rivalina, R., dan Oos M. Anwas. 2013. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Optimalisasi Perpustakaan. Jurnal Teknodik Vol. 17. No. 2. Jakarta. Juni 2013. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/81
SMA Negeri 1 Jawilan. 2011. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Serang: SMA Negeri 1.
UNESCO.2002-a. Information and Communication Technology in Education. Moscow: GP Press.
UNESCO. 2002-b. Institute for Information Technologies in Education (2002-b). Toward Policies for Integrating ICTs into Education. Hig-Level Seminar for Decision Makers and PolicyMakers. Moscow 2002.
Warsihna, Jaka. 2013. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan di Daerah Terpencil, Tertinggal, dan Terdepan. Jurnal Teknodik Vol. 17. No. 2. Jakarta. Juni 2013. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/82
Widodo, Arie. 2008. Manajemen Kesiswaan dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Negeri 11 Yogyakarta. DOI: http://doi.org/dbnf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Herry Widyastono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id