EVALUASI SISTEM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) Online UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v3n1.p27--44

Bambang Warsita(1*)
(1) Pustekkom Kemdikbud
(*) Corresponding Author


This article has been read: 487 times



Abstract


Advancement of Information and Communication Technology (ICT) is currently carrying various changes in various areas of life, including field of education specifically on New Students Admissions (PPDB) online. This evaluation study aimed to assess or determine the effectiveness of the implementation of PPDB online for improving the quality of learning in Gorontalo City. This evaluation study used survey research methods, they are the questionnaire, interviews, and observations. The results of this evaluation study shows that PPDB online system has been proved able to realize PPDB services faster, orderly, easy, transparent, accountable, effective, and efficient to the public. In addition, this online system can guarantee PPDB process in accordance with the applicable rules (technical manual) so that a more equitable (fair), may reduce the risk of manipulation (KKN), and may encourage the mastery of ICT to the public,and can improve the quality of learning. Therefore, people are satisfied with the system PPDB online. PPDB online system that uses Web-based technology can be a model implementation PPDB in the education office and school in the future.

 

Abstrak

Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) saat ini membawa berbagai perubahan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan khususnya penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menilai atau mengetahui efektivitas penyelenggaraan PPDB online untuk peningkatan kualitas pembelajaran di Kota Gorontalo. Penelitian evaluasi ini menggunakan metode penelitian survei, dengan menggunakan instrumen kuesioner, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian evaluasi ini menunjukkan bahwa sistem PPDB online terbukti mampu untuk mewujudkan pelayanan PPDB yang lebih cepat, tertib, mudah, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien kepada masyarakat. Selain itu, sistem online ini dapat menjamin proses PPDB sesuai dengan aturan yang berlaku (petunjuk teknis) sehingga lebih adil (fair), dapat mengurangi resiko terjadinya manipulasi (KKN), dan dapat mendorong peningkatan penguasaan TIK kepada masyarakat, serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, masyarakat merasa puas dengan sistem PPDB online. Sistem PPDB online yang menggunakan teknologi berbasis web ini dapat menjadi suatu model penyelenggaraan PPDB di dinas pendidikan dan sekolah pada masa depan.


Keywords


information and communication technology; students new admis sionsonline; teknologi informasi dan komunikasi; penerimaan peserta didik baru online

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, & Abdul Jabar, Cepi Safruddin. 2004. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Penerbit PT. Bumi Aksara.

Ardhi, Mohamad Imam. 2014. Evaluasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Real Time Online di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Yogyakarta: TesisProgram Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, http://eprints.uny.ac.id/12561,diunduh pada 5 April 2015.

Falaria, Diriana. 2012. Efektivitas Penerapan PPDB Online Di Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta (Studi kasus pada penerapan PPDB online di SMU dan SMK Negeri di Sudin Dikmen kota administrasi Jakarta Barat). Serang: Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, http://repository.fisip-untirta.ac.id/52, diunduh pada 5 April 2015.

Fitur SIAP PPDB online, http://produk.siap-online.com/fitur-siap-ppdb-online/#.VLdhlCusXXU, diunduh pada 15 Januari 2015.

Maulina, Sasi. 2013. Respon Orang Tua Peserta Didik SMP atas Layanan Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui Media Online oleh Dinas Pendidikan Kota Malang. Malang: Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ASP/article/view/27993, Diunduh pada 5 April 2015.

Mashuri, Imam. 2013. Pengembangan Manajemen Resiko Teknologi Informasi Pada Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB Online) Kemdikbud Menggunakan Framework NIST

SP800-30. Surabaya: Theses Manajemen Teknologi Informasi-S2

MMT, ITS, http://digilib.its.ac.id/pengembangan-manajemen-resiko-teknologi-informasi-pada-sistem-penerimaan-peserta-didik-baru-pp-db-online-kemdikbud-menggunakan-framework-nist-sp80030-33442.html, diunduh pada 5 April 2015.

Patton, Michael Quinn. 2006. Metode Evaluasi Kualitatif, Terj. Budi Puspo Priyadi. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Pustekkom, Kemdikbud 2014. Term Of Reference (TOR)Sistem PPDB Online. Jakarta: Pustekkom Kemdikbud (tidak

diterbitkan) Pustekkom, Kemdikbud. 2014. PPDB Online 2014/2015 Pustekkom Kemdikbud.

Bandung: Bahan presentasi yang disajikan pada Rapat Koordinasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, tanggal 21-24 Januari 2014.

Singarimbun, Masri, & Effendi, Sofian. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Penerbit LP3ES.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alpabeta.

Sudjana, Djudju. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dinas Pendidikan Kota Gorontalo. 2014. Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem online Kota Gorontalo Jenjang SD, SMP, SMA, SMK tahun pelajaran 2014/2015. Gorontalo: SK Kepala Dinas Pendidikan Kota Gorontalo tentang susunan panitia penyelenggara dan tim pengendali PPDB Onlin Kota Gorontalo tahun pelajaran 2014/2015.

Sekilas SIAP PPDB Online, (http://produk.siap-online.com/sekilas-siap-ppdb), diunduh pada 15 Januari 2015.

Suparyono, Ipar. 2011. Analisis Sistem Administrasi Penerimaan Peserta Didik Baru Oonline SMA Negeri Provinsi DKI Jakarta. Jakarta: Tesis Universitas Gunadarma, http://library.gunadarma.ac.id/repository/view/3752285/analisis-sistem-administrasi-penerimaan-peserta-didik-baru-online-sma-

negeri-provinsi-dki-jakarta.html. Diunduh pada 5 April 2015.

http://gorontalo.ppdb.kemdikbud.go.id/


Article Metrics

Abstract viewed : 291 | PDF downloaded : 196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Kwangsan




 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # # # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats