PENGEMBANGAN MATERI LAYANAN KLASIKAL DALAM BIMBINGAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN ABAD 21

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p1--17

Anita Dianasari(1*), Nurmida Catherine Sitompul(2), nFn Sugito(3)
(1) Mahasiswa Program Pascasarjana Prodi Teknologi Pendidikan
(2) Teknologi Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana
(3) Teknologi Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana
(*) Corresponding Author


This article has been read: 1722 times



Abstract


Learning is an important activity for students in school. Therefore school must provide a place for students to develop learning skills. One of them is by improving the learning guidance service by the Guidance and Counseling teacher. The goal of the research is to develop the classroom counseling material for guidance learning in 21st century for students of Vocational High School. This research is R & D. This development research refers to Dick and Carey (2001) which consisted 10 steps consisting of identify instructional goals, conduct instructional analysis, identify entry behaviours, write performance objectives, develop criterian reference tests, develop instructional strategy, develop and select instructional materials, develop and conduct formative evaluation, revise instructional, develop and conduct sumative evaluation. The researcher only applied 9 steps for the step 10 is revise instructional. The development of teaching materials were through some steps. They were the review of subject matter expert, learning design expert, small grup experiment test and field experiment test. This small group test were conducted to five students of SMKN 1 Kemlagi. Meanwhile, the field experiment test were conducted to 32 student of X MM 2 in SMKN 1 Kemlagi. The analysis of the result data in this research used qualitative and quantitative approach. The data from the expert which is in the form of suggestions and critics  was analized using qualitative approach meanwhile advisability data dan and opinion about advisability of teaching material described in the form of quantitative approach. This devolepment product can be used at school as one of the learning source in Vocational High school because of the result of validation experiment and experiment to student showed that the product is suitable to be used.


Abstrak

Belajar merupakan kegiatan inti peserta didik di sekolah. Oleh karena itu sekolah harus memberikan wadah kepada peserta didik untuk mengembangkan keterampilan belajar. Salah satunya dengan meningkatkan layanan bimbingan belajar oleh guru Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi layanan klasikal dalam bimbingan belajar pada abad 21 bagi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian R & D. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Dick and Carey (2001) yang terdiri dari 10 langkah yang meliputi: mengidentifikasi tujuan pembelajaran, melakukan analisis pembelajaran, menganalisis karakteristik peserta didik, merumuskan tujuan pembelajaran, mengembangkan instrumen penilaian, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan ajar, merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, melakukan revisi serta mendesain dan melakukan evaluasi sumatif. Dalam penelitian ini, peneliti membatasi hanya pada langkah yang ke-9, yaitu melakukan revisi. Proses pengembangan bahan ajar ini melalui beberapa tahapan, yaitu review ahli isi, review ahli desain pembelajaran, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Uji coba kelompok kecil dilakukan oleh peserta didik di SMK Negeri 1 Kemlagi sebanyak 5 orang. Sedangkan uji coba lapangan dilaksanakan kepada 32 peserta didik kelas X MM 2 SMK Negeri 1 Kemlagi. Analisis data hasil penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data berupa saran dan kritik dari ahli dan peserta didik dianalisis dengan pendekatan kualitatif, sedangkan data kelayakan mengenai kesesuaian bahan ajar diolah dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Produk pengembangan ini bisa dipakai di sekolah sebagai salah satu sumber belajar di SMK karena hasil validasi ahli dan uji coba kepada peserta didik menunjukkan produk masuk dalam kriteria layak.


Keywords


Pengembangan; materi layanan klasikal; bimbingan belajar; abad 21; model Dick & Careyl; Development; classroom counselling material; 21st century; Dick & Carey model

Full Text:

PDF

References


Anni, Catharina Tri. 2012. Need Assesment Model Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar Berbantuan Sistem Informasi Manajemen di SMA Negeri Kota Semarang. Jurnal Educational Management Vol. 1 No. 1 Hal. 96-106.

Bakhtiar, Muhammad Ilham. 2015. Pengembangan Video Ice Breaking sebagai Media Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, Vol. 1 No. 2 Hal. 150-162.

Degeng, I Nyoman S dan Putu Dian D. Degeng. 2018. Ilmu Pembelajaran. Yogyakarta: Yayasan Taman Pustaka Kristen Indonesia.

Dick, W. dan Carey, L. 2001. The Systematic Design of Instructional (5th ed). New York: Addison-Wesley Educational Publisher.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 2018. Peningkatan Proses Pembelajaran dan Penilaian pembelajaran Abad 21 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud. 2017. Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Farozin, Muh. 2012. Pengembangan Model Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Februari Tahun XXXI No. 1 Hal. 143-156.

Firman. 2018. Strategi dan Pendekatan Pelaksanaan Bimbingan Konseling di Sekolah untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Diunduh 23 Januari 2020, https://bit.ly/2O1rpkX.

Hidayah, Marini Nurul, Purwanti dan Sri Lestari. 2019. Layanan Bimbingan Klasikal tentang Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pontianak. Diunduh 24 Januari 2020, https://bit.ly/37uK0gZ.

Kartadinata. 2003. Bimbingan dan Konseling Perkembangan: Pendekatan Alternatif bagi Perbaikan Mutu dan Sistem Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 4 No. 11 Hal. 1-15.

Kholishoh, Nur. 2012. Upaya Meningkatkan Kedispinan Tata Tertib Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X TKR 2 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, Universitas Muria Kudus. Diunduh 20 Januari 2020, https://bit.ly/3aNbGQ6

Makrifah, Fanistika Lailatul dan Wiryo Nuryono. 2014. Pengembangan Paket Peminatan dalam Layanan Bimbingan Klasikal untuk Siswa di SMP. Jurnal BK, Vol. 04 No. 03 Hal. 1-8.

Prasetya, Arif Budi. 2018. Pengembangan Media Bimbingan dan konseling Belajar Berbasis Komputer tentang Strategi Mengatasi Kecemasan Akademik Menghadapi Ujian. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Vol. 4 No. 9 Hal. 477-488.

Purworini, Villyasari, Nurmida Chaterine Sitompul dan Yoso Wiyarno. 2017. The Development of English Instructional Material for Eighth Grade SMP Al Hikmah Surabaya. The 9th International Conference Educational Technology of Adi Buana (ICETA 9), Hal. 242-248.

Rahim, Maryam dan Meiske Puluhulawa. 2018. Pengembangan Panduan Bimbingan dan Konseling untuk Mengembangkan Kecerdasan Sosial Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, Vol. 2 No. 4 Hal. 77-87.

Redhana, I Wayan. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 13 No. 1 Hal. 2239-2253.

Riyadi dkk. 2016. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMK. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Saputra, Andika Ari dan Budi Astuti. 2018. Hubungan antara Persepsi terhadap Layanan Bimbingan Belajar dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, Vol. 3 No. 1 Hal. 41-48.

Supriyantoro, Dwi, Meini Sondang Sumbawati dan Nurmida Catherine Sitompul. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Dengan Model Problem Based Learning Berbasis Outdoor Learning. Jurnal Pijar FMIPA, Vol. 14 No. 2 Hal 42-48.

Waljiati. 2016. Pengaruh Layanan Bimbingan klasikal Terhadap Tata Tertib Sekolah pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Pajangan Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Universitas PGRI Yogyakarta. Diunduh 20 Januari 2020, https://bit.ly/30Vzkpf.

Wantu, Tuti dkk. 2011. Pengembangan Perangkat Panduan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Komitmen Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, Vol. 8 No. 3 Hal. 199-279.

Yusuf, I., Sri Wahyu Widyaningsih dan Dewi Purwati. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Modern Berbasis Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Abad 21 dan Kurikulum 2013. Jurnal Pancaran Pendidikan, Vol. 4 No. 2 Hal. 189-200.

Zubaidah, Siti. 2016. Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Program studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang-Kalimantan Barat. Diunduh 26 Januari 2020, https://www.researchgate.net/publication/318013627.


Article Metrics

Abstract viewed : 1517 | PDF downloaded : 205

Copyright (c) 2021 Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats