IMPLEMENTASI TIM PENGEMBANG TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI SEKOLAH
nFN Budiyono(1*), Heri Triluqman(2)
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 1483 | PDF downloaded : 169
Abstract
The purpose of this research is to examine the educational technology developer team as an important program in schooling, especially by analyzing its compatibility with the school system and conditions. By using mixed method and research and development model this research adressing the elementary and secondary school in Semarang and other district. The results showed that this program is compatible with school system and could overcome lots of school problem i.e. the lack of teacher competency on developing lesson plan, learning media, the lack of human resource developmen division in school, the continuity of teacher quality improvement program, dan the quality of school management. But several teacher and school’s management are irresponsive to the program because its team member was university student, not the professional one. It is why in several school the program cannot running well as expected. Eventhough overall the program experiment is succesful.
ABSTRAK
Penelitian ini diarahkan untuk mengetahui implementasi gagasan tim pengembang teknologi pendidikan di sekolah, terutama mengenai kompatibilitas gagasan dengan konteks dan kondisi riil di sekolah. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif serta model research and development (R & D), penelitian ini dilaksanakan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di Kota Semarang dan sekitarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gagasan prototipe tim pengembang teknologi pendidikan di sekolah kompatibel dengan konteks dan kondisi sekolah. Problem kualitas guru dalam mengembangkan rencana pembelajaran, media belajar, termasuk keberlanjutan program peningkatan kualitas guru, manajemen sekolah, dan tiadanya divisi pengembangan sumber daya manusia, dapat diatasi oleh tim pengembang teknologi pendidikan. Fakta di lapangan memang menunjukkan beberapa sekolah tempat uji implementasi gagasan tersebut tidak dapat maksimal dalam penerapannya, namun hal tersebut bukan disebabkan oleh kualitas gagasan, melainkan faktor sosiokultural sekolah itu sendiri. Komposisi tim pengembang teknologi pendidikan di sekolah yang masih mahasiswa S1 diidentifikasi menjadi faktor penghambatnya. Walau begitu, secara umum dapat disimpulkan bahwa implementasi gagasan tim pengembang teknologi pendidikan di sekolah telah berhasil dengan baik.
Keywords
References
Budiyono, Haryono, & Budisantoso, H.T. 2013. Pengembangan Implementasi Teknologi Pendidikan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Laporan Penelitian. Semarang: tidak diterbitkan.
Januszewski, Alan and Michael Molenda. 2008. Educational technology: A Definition with Commentary. New York: Taylor & Francis Group.
Luppicini, R.G. 2008. Educational Technology at a Crossroad: Examining the Development of the Academic Field in Canada. Educational Technology & Society. 11 (4), pp. 281-296.
Miarso, Y. 2007. Menyemih Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Nasution. 2008. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sahlberg, P. 2014. Finnish Lessons: Mengajar Lebih Sedikit, belajar Lebih Banyak ala Finlandia. Bandung: Kaifa.
Seels, B.B. & Richey, R.C. 1994. Instructional Technology: the Definition and Domains of the Field. Washington, D.C.: Association for Educational Communication and Technology.
Subkhan, E. 2014. Pengantar Teknologi Pendidikan: Perspektif Paradigmatik dan Multidimensional. Yogyakarta: deep-publish.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 nFN Budiyono, Heri Triluqman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id