PENGEMBANGAN BAHAN BELAJAR FLIPBOOK PADA MATERI REDOKS DAN ELEKTROKIMIA BERBASIS PENDEKATAN STEM-PjBL BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p234--250

Deni Ainur Rokhim(1*), Hayuni Retno Widarti(2), Fauziatul Fajaroh(3)
(1) Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Malang
(2) Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Malang
(3) Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author


This article has been read: 1074 times



Abstract


In high school, chemistry learning there are redox and electrochemistry topics that equip students knowledge about the development of science and technology. Redox and electrochemistry learning topics will be more effective and efficient if students learn independently through learning materials developed by the educator so that students master the competencies that have been determined. In addition, educators are required to be skilled in the use of 21st century media and technology, such as learning materials that are packaged in e-books. So far, learning materials that have not been integrated into the Science Technology Engineering and Mathematics-Project Based Leaning (STEM-PjBL) learning model have not been developed. At present, STEM-PjBL research is a trending topic. The purpose of this study was to develop and determine the feasibility of flipbook teaching materials on redox and electrochemistry materials based on the STEM-PjBL approach assisted with learning videos. The development method used in this study is the Brog and Gall development model which is limited to five stages. The result of this research and development is a product in the form of learning materials which refers to the syllabus of the 2013 curriculum. This product is the result of the validation of a chemist (lecturer) and two chemistry teachers on lesson material learning. The results of validation are 92.71% and 92.78% respectively, which means that the product produced is very feasible. Readability test conducted on 30 students of SMAN 3 Sidoarjo obtained an average percentage of eligibility of 98.30% with very feasible criteria. So, the development of this flipbook has fulfilled the needs and high usage feasibility.

 

Abstrak

Pada pembelajaran Kimia SMA, terdapat materi pelajaran redoks dan elektrokimia yang ditujukan untuk membekali siswa dengan pengetahuan tentang perkembangan sains dan teknologi. Pembelajaran materi redoks dan elektrokimia akan lebih efektif dan efisien jika siswa belajar mandiri melalui bahan belajar yang dikembangkan sendiri oleh pendidik agar siswa menguasai kompetensi yang telah ditentukan. Selain itu, pendidik dituntut juga untuk terampil dalam penggunaan media dan teknologi abad 21 ini, seperti bahan belajar yang dikemas dalam bentuk e-book. Selama ini, belum dikembangkan bahan belajar yang terintegrasi ke dalam model pembelajaran Science Technology Engineering and Mathematics-Project Based Leaning (STEM-PjBL). Saat ini, penelitian STEM-PjBL menjadi trending topic. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar flipbook pada materi redoks dan elektrokimia berbasis pendekatan STEM-PjBL berbantuan video pembelajaran. Metode pengembangan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah model pengembangan Brog dan Gall yang terbatas sampai lima tahap. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah sebuah produk yang berupa bahan belajar yang mengacu pada silabus Kurikulum 2013. Produk ini merupakan hasil validasi seorang ahli kimia (dosen) dan dua orang guru kimia terhadap bahan belajar RPP. Hasil validasi secara berturut-turut menunjukkan persentase 92,71% dan 92,78% yang berarti produk yang dihasilkan sangat layak. Uji coba keterbacaan produk yang dilakukan terhadap 30 siswa SMAN 3 Sidoarjo diperoleh rata-rata persentase kelayakan sebesar 98,30% dengan kriteria sangat layak.  Jadi, pengembangan bahan belajar flipbook ini telah memenuhi kebutuhan dan kelayakan pemakaian yang tinggi.


Keywords


STEM; STEM-PjBL; Pengembangan Bahan Ajar; Redoks dan Eleketrokimia

Full Text:

PDF

References


Acmaliya, N., Rosilawati, I., Kadaritna, N., Sunyono. 2016. “Pengembangan Modul Berbasis Representasi Kimia pada Materi Teori tumbukan”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, Vol. 5 No.1 Hal. 114-127.

Akbar, Sa'dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Arthur, R., Sekartadji, G. T., Maulana, A., Dewi, L. K. 2019. Pengembangan Media Video Presentasi Pada Mata Kuliah Hidrologi di Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Kwangsan, Vol. 7 No. 2 hal 170-183. Edisi Desember 2019, DOI: http://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p170--183.

Azri, R. H. Al, & Al-Rashdi, M. H. 2014. “The effect of using authentic materials in teaching”. International Journal of Scientific & Technology Research, Vol. 3, Issue 10, pp.249-254.

Becker, K., & Park, K. 2011. Effect of integrative approaches among science, technology, engineering, and mathematics (STEM) subjects on students' learning: A preliminary meta analysis. Journal of STEM Education, Vol. 12, pp. 23-37.

Beers, S. 2011. 21st Century Skills: Preparing Students For Their Future. [Online] http://www.yinghuaacademy.org/wpcontent/uploads/2014/10/21st_century_skills.pdf), diakses 04 Oktober 2019.

Cook, M. 2008. Students’ Comprehension of Science Concepts Depicted in Textbook Illustrations. Electronic Journal of Science Education. 12(1). 3954. Tersedia di http://ejse.southwestern.edu [diakses 22-10-2019]

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Febrianti, Kiar Vansa, Bakri, F., & Nasbey, H. 2017. “Pengembangan Modul Digital Fisika Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran Fisika”. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, Vol. 2, No.2, pp.18–26.

Furi, U.L., Mustaji. 2017. Pengembangan Media Video Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital bagi Siswa Kelas XI Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kwangsan, Vol. 5 No.2 hal. 91-100. Edisi Desember 2017. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n2.p91--100.

Haryani, S., Prasetya, A. T., & Saptarini. 2014. Identifikasi Materi Kimia SMA Sulit Menurut Pandangan Guru. Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 43-52.

Hidayatullah, M. S. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Di SMK Negeri 1 Sampang”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 05, pp. 83–88.

Jatnika, A. W. 2007. Tingkat Keterbacaan Wacana sains dengan Teknik Klos. Jurnal Sosioteknologi, 10(6): 192-200. Tersedia di https://kkik.fsrd.itb.ac.id [diakses 23-10-2019].

Kemendikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA): Mata Pelajaran Kimia.

Kususa, Septian Adi, Sudarti, & Aristya, Pramudya Dwi. 2017. Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kontekstual Pada Materi Alat-Alat Optik Dalam Pembelajaran di Kelas X SMAN 3 Lumajang. Jember: Universitas Negeri Jember.

Mitra, B., Lewin-Jones, J., Barrett, H., & Williamson, S. 2010. “The use of video to enable deep learning”. Research in Post-Compulsory Education, Vol.15 Issue.4, pp.405–414. DOI: https://doi.org/10.1080/13596748.2010.526802.

Munir. 2012. Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Nadi, C. Y., Es, W. A., & Saputro, S. 2016. “Pengaruh Metode Problem Solving Secara Algoritmik Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA di SMAN 5 Surakarta”. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 5, No.1, pp. 46-54.

Nugraha, D. A., Binadja, A., Supartono. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi SETS, Berorientasi Konstruktivistik”. Journal of Innovative Science Education, Vol. 2, No. 1, pp. 27-34.

Onasanya, & Omosewo. 2011. Effect of Improvised and Standard Instructional Materials on Secondary School Students’ Academic Performance in Physics in Ilorin, Nigeria. Singapore Journal of Scientific Research. DOI: https://doi.org/10.3923/sjsres.2011.68.76

Pambudi, T., Mulyani, S., & Nugroho, A. C. S. 2016. “Pengaruh Pembelajaran Kimia dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E menggunakan Laboratorium Real dan Virtual Ditinjau dari Sikap Ilmiah terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015”. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol.5, No.1, pp.78-87.

Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sanders, M., Hyuksoo. K., Kyungsuk, P. & Hyonyong, L. 2011. “Integrative STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Education: Contemporary Trends and Issues”. Secondary Education, Vol. 59, pp. 729-762.

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. 2013. “Modul virtual: Multimedia flipbook dasar teknik digital”. Invotec, Vol. IX, No. 2, pp. 101–116.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Syamsi, K., E. S Sari, & S. Pujiono. 2013. Pengembangan Model Buku Ajar Membaca Berdasarkan Pendekatan Proses bagi Siswa SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 5(1): 82-90. Tersedia di http://journal.uny.ac.id [diakses 26-5-2019].

Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Warsita, B. 2017. Peran dan Tantangan Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran Pada Pembelajaran Abad 21. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.5, No.2, hal.77-90. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n2.p77--90

Yulianti, E., Fadiawati, N., Tania, L. 2015. “Pengembangan E-book Interaktif Laju Reaksi Berbasis Representasi Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, Vol.4, No.2, pp.481-49.


Article Metrics

Abstract viewed : 849 | PDF downloaded : 225

Copyright (c) 2020 Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats