PENGEMBANGAN PAKET PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBUAT MANISAN NANGKA UNTUK PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL MANDIRI

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n1.p16--33

Putut Wijayanto(1*)
(1) Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan Sidoarjo
(*) Corresponding Author


This article has been read: 448 times



Abstract


One of the role of Instructional Technology is the provision of learning resources through the development. Especially in the Functional Literacy Programm (Program Keaksaraan Fungsional/KF) on Mandiri Level, study material that really designed for learning is not available yet. This study aims to develop skills learning package such as video learning and modules by taking a theme about making candied jackfruit. This is suitable with the implementation of the KF program that promotes life skills learning. The results revealed that the learning package of making candied jackfruit favored by 30 respondents of the student in Bougenvile Study Group, Medokan Semampir Village, Sukolilo, Surabaya. As new subjects, students learning outcomes perfome a very satisfactory theory and practice value.


Abstrak

Salah satu peran Teknologi Pembelajaran adalah penyediaan sumber-sumber belajar melalui kegiatan pengembangan (development). Namun untuk program Keaksaraan Fungsional (KF) Tingkat Mandiri, belum sepenuhnya tersedia sumber belajar yang dirancang khusus (by design) untuk pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Paket Pembelajaran Keterampilan (PPK) berupa modul dan video pembelajaran tentang membuat manisan nangka. Penelitian ini sesuai dengan kebutuhan Program KF yang mengutamakan pembelajaran life skills. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa paket pembelajaran modul dan video tentang membuat manisan nangka digemari oleh 30 orang responden warga belajar di Kelompok Belajar (Kejar) Bougenvile, Kelurahan Medokan Semampir, Sukolilo, Surabaya. Sebagai mata pelajaran baru, hasil belajar warga belajar menunjukkan nilai teori dan nilai praktek yang sangat memuaskan.


Keywords


Development of Instructional Package; Functional Literacy; Belajar; media; teknologi pembelajaran; keaksaraan fungsional; mandiri

Full Text:

PDF

References


Conlan, J., Grabowski, S., Smith K. 2003.Current trends in adult education. In M. Orey (Ed), Emerging perspectives on learning, teaching, and technology. Available Website: http://www.coe.uga.edu/epl/AdultEducation.htm diakses tanggal 19 November 2012

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Panduan Umum Pelatihan Program Keaksaraan Fungsional. Jakarta: Depdiknas. Dirjen PLS-Dikmas.

----------.2005.Pendampingan Bagi Tutor Keaksaraan Fungsional. Jakarta: Depdiknas-Dirjen PLS

----------.2005.Penilaian Pembelajaran Keaksaraan Fungsional. Jakarta: Depdiknas Dirjen PLS

----------.2005.Pengelolaan Pembelajaran Keaksaraan Fungsional. Jakarta: Depdiknas-Dirjen PLS

----------.2005.Penyelenggaraan Program Keaksaraan Fungsional. Jakarta: Depdiknas-Dirjen PLS

----------.2006.Standar Kompetensi Keaksaraan Pendidikan Keaksaraan. Jakarta: Depdiknas-Dirjen PLS-Dikmas.

Dick, W., Carey, L., & Carey, O. 2001. The Systematic Design of Instruction. Glenview: Sco , Foresman and Company

Faisal. 2004. Pengembangan Masyarakat Melalui Pendidikan Keaksaraan : Kenyataan, Harapan, dan Inovasi. Makalah pada Seminar Nasional Pengembangan Program Pendidikan Keaksaraan. Jakarta: Direktorat Dikmas Ditjen PLSP.

Heinich, R., Molenda, M., Russel J.D., Smaldino, SE. 1996. Instructional Media and Technologies For Learning. fth edition. Englewood Clifts. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Jalal, F., Sukarso, E., Ismadi, H.D. (Ed). 2005. Pendidikan Keaksaraan: Filoso , Strategi, dan Implementasi. Jakarta: Depdiknas-Dirjen PLS-Dikmas.

Napitupulu, W.P. 1999. Pendidikan Orang Dewasa, Deklarasi Hamburg Agenda Masa Depan. Jakarta: Ditjen Diklusepora Depdikbud

Oliva, P.F., Gordon II, W.R. 2013. Developing the Curriculum. Eighth edition. Boston: Pearson Education, Inc

Sadiman, A. dkk. 2006. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Seels, B.B. & Richey, R.C. 1994. Teknologi Pembelajaran : Definisi dan Kawasannya (terjemahan Dewi S. Prawiradilaga etc.) Jakarta : Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.

Situmorang, R. 2006. Media Televisi: Pengetahuan Dasar Media Televisi dan Teknik Penulisan Naskah. Jakarta: Pustekkom Depdiknas.

Spector, J.M., Merrill, M.D., Merrienboer, J.V., Driscoll, M.P., 2008. Handbook of Research on Educational Communica- tions and Technology. third edition. New York: Routledge and Taylor & Francis Group.

Widodo, I.D., Puspita, W.A., Noerhari- janti, D.A., Sudarmanto, D. 2004. Bahan Ajar: Pembuatan Manisan Nangka & Jambu Mete. Surabaya: Balai Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah & Pemuda Regional IV.


Article Metrics

Abstract viewed : 358 | PDF downloaded : 90

Copyright (c) 2013 Jurnal Kwangsan




 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats