MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SHORT FUNCTIONAL TEXT MELALUI PEMANFAATAN HANDPHONE DI SMP NEGERI 1 GEDANGAN SIDOARJO

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v2n2.p122--133

Muhammad Sholeh(1*)
(1) SMP Negeri 1 Gedangan Sidoarjo
(*) Corresponding Author


This article has been read: 179 times



Abstract


The background issue of this study is the lack of understanding in procedure form writing grade IX E SMP Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Teachers are less accurate in choosing the learning strategies, consequently the ability of students to understand the material can’t be optimally achieved. The purpose of this study to enhance the ability of students in procedure form writing using handphone. The study was conducted in two cycles, with each cycle begins with planning, action, observation, and reflection. Research subjects are 32 students of grade VII H SMP Negeri 1 Gedangan Sidoarjo od semester year 2013-2014. Data in this study be obtained from the evaluation process of students in activities and evaluation at the end of the cycle. The data is then analyzed to gain insight into the applicability of learning that has been successfully done.The results showed that there is an increase in the ability of students to understand procedure form writing grade VII H SMP Negeri 1 Gedangan Sidoarjo, used handphone in first cycle, and handphone interactive in second cycle.

 

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik dalam materi menulis teks fungsional pendek di kelas IX E SMP Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Hal ini disebabkan guru kurang tepat dalam memilih media pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik menulis teks fungsional pendek menggunakan handphone. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, di mana setiap siklus diawali dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IX E SMP Negeri 1 Gedangan Sidoarjo tahun pelajaran 2013-2014 semester ganjil dengan jumlah peserta didik 32 orang. Data dalam penelitian ini berupa penilaian proses yang diperoleh dari peserta didik dalam beraktivitas dan penilaian pada akhir siklus. Kemudian, data dianalisis untuk memperoleh gambaran tentang berhasil tidaknya pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan peserta didik menulis teks fungsional pendek setelah belajar menggunakan handphone tanpa hyperlink pada siklus pertama dan handphone dengan hyperlink pada siklus kedua. Indikasi peningkatan prestasi didasarkan pada perolehan nilai pada siklus pertama dan siklus kedua.


Keywords


Short functional text; Writing Skill; Handphone; Short Message Service; Teks Fungsional Pendek; Kemampuan Menulis; Layanan Pesan Singkat handphone

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press

Badryah, Nurul. 2011. Teks Fungsional Pendek, Diunduh dari: http://nurulbadrya.blogspot.com/2011/10/teks-fungsional-pendek.html tanggal 19 Nopember 2013 jam 20.00

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP/MTs, Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Iskandarwassid. 2010. Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Model Pembelajaran Teknik Visual-Auditif-Taktil, Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 11 No. 1 April 2010.

Jaya, Metro. 2014. Pemberdayaan Handphone untuk Pembelajaran, Sidoarjo: Majalah Visi Edisi 13. BPMTP Pustekkom Kemendikbud

Kemdikbud. 2013. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyasa. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada Press.

Purwanto, Ngalim. 2011. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Yanti,Yans. 2014. http://www.academia.edu/5701721/SHORT_FUNCTION-AL_TEXT, diunduh tgl 15 November 2014


Article Metrics

Abstract viewed : 122 | PDF downloaded : 57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Jurnal Kwangsan




 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # # # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats