PENGEMBANGAN MEDIA KERETA BUDAYA UNTUK MENANAMKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA KELAS IV SD

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p62--82

E. Kus Eddy Sartono(1), A Endah Wulandari(2*)
(1) Yogyakarta State University
(2) Yogyakarta State University
(*) Corresponding Author


This article has been read: 903 times



Abstract


This research aims to produce a learning media. The product is about “a train culture” which can be used properly as a learning material of cultural diversity to embed nationalism character for fourth grade students of SD N Golo Yogyakarta. This research’s using Research and Development (RnD) Borg and Gall model. The data resources were collected from interview, observation, and questionnaire. This product was passed planning step, validation step (by two experts), and trial steps. Final validation by material expert got average score 4,3 with ‘very high’ validity and quality. Final validation by media expert got average score 5 with ‘very high’ validity and quality. Initial field trials were conducted on 3 students and 1 teacher in class IV B, while the main field test was conducted on 12 students and 1 teacher in class IV A, SD N Golo Yogyakarta. Preliminary field testing result got average score 4,2 in teacher testing ‘very high’ validity and quality, and got average score 4,38 in student testing ‘very high’ validity and quality. Main field testing result got average score 4,8 in teacher testing ‘very high’ validity and quality, and got average score 4,36 in student testing ‘very high’ validity and quality. So, overall, this media train of culture can be used properly into a social science lessons.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Kereta Budaya (train of culture) yang layak digunakan pada materi keberagaman budaya Indonesia sebagai upaya untuk menanamkan karakter cinta tanah air bagi siswa kelas IV SDN Golo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model yang dikembangkan Borg & Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi pustaka, dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Kereta Budaya layak digunakan dan mempunyai kualitas tinggi sehingga dapat digunakan di Sekolah Dasar. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,3 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat tinggi”. Hasil validitas terakhir dari segi media, memperoleh skor rata-rata 5 (memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat tinggi”). Uji coba lapangan awal dilakukan kepada 3 siswa dan 1 guru kelas IVB; sedangkan uji coba lapangan utama dilakukan kepada 12 siswa dan 1 guru kelas IVA SDN Golo Yogyakarta. Hasil uji coba lapangan awal kepada guru memperoleh skor rata-rata 4,2 (tingkat validitas dan kualitas “sangat tinggi”; sedangkan kepada siswa memperoleh skor rata-rata 4,38 (tingkat validitas dan kualitas “sangat tinggi”). Hasil uji coba lapangan utama kepada guru memperoleh skor rata-rata 4,8 (tingkat validitas dan kualitas “sangat tinggi”); sedangkan kepada siswa memperoleh skor rata-rata 4,36 (tingkat validitas dan kualitas “sangat tinggi”). 


Keywords


kereta budaya; prestasi belajar IPS; karakter cinta tanah air; train of culture; social science lessons; nationalism character

Full Text:

PDF

References


Aeni, W. dan Yusupa, A. 2018. Model Media Pembelajaran E-Komik untuk SMA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 43. DOI:https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p43--59

Afandi. R. 2011. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di SD. PEDAGOGI Vol. 1, No. 1, Desember 2011: 85-98.

Arsyad, A. 2011. Media pembelajaran. Jakarta; PT. Rajagrafindo Persada.

Aunida, P. 2017. Pengembangan Pendidikan Karakter Berwawasan Kebangsaan di Sekolah Dasar melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 249-254

Basuki, S., dkk. 2013. Analisis keterkaitan Bahan Ajar IPS dengan muatan Pendidikan karakter di SMP 1 Ngadirojo Kab. Wonogiri. Jurnal teknologi pendidikan. Vol. 1 N0. 2: hal 178-188

Fatimah, N. 2015. Pengembangan Media Kartu Kata Bergambar Wayang Pandawa Untuk Pembelajran Bahasa Jawa di Kelas IV SD Wonosari IV. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Gibbons. 2017. UNESCO Sebut Indonesia Negara Super Power Bidang Budaya. Antara. Diakses pada tanggal 11 januari 2019. https://www.antaranews.com/berita/663307/unesco-sebut-indonesia-negara-super-power-bidang-budaya

Guswantoro, G. 2018. Analisis Implementasi Pembelajaran IPS Dalam Membentuk Karakter Nasionalisme Di MTs Miftahul Jannah Parakan Trenggalek. ISLAMIC COUNSELING: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, vol. 2, no. 2, 2018

Indriyana, D. 2012. Ragam Alat Bantu Madi Pembelajaran. Yogyakarta: DIVA Press.

Kristina. 2017. Pengembangan WAROG Sebagai Media Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini. Jurnal Indria Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. 2013. Media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Maryahani, D. A. 2017. Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran IPS. Jurnal Edunomic Vol. 5, No. 2, September 2017

Miftah, M. 2013. Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1 (2), 95. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105

Pangesti, G.S. 2016. Pengembangan media pembelajaran smart disk ilmu pengetahuan sosial (IPS) pada materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya di indonesia untuk siswa kelas v semester I SD/MI. Skripsi sarjana, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Qiming, X. 2017. Students’ experiences of using new media in higher education. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 93 2017 3rd Conference on Education and Teaching in Colleges and Universities (CETCU 2017).

Ramdhani, N. 2012. Menjadi Guru Inspiratif. Jakarta: Titian Foundation.

Sanaky, H. A. H. 2013. Meida pembelajaran interaktif-inovatif. yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sardiman. 2011. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Pedagogia. Vol. 1, No. 1, Desember 2011: 85-98.

Sudjana, N dan Rivai. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosydakarya.

Sugiharjanto. 2019. Trading Card Game Bhinneka Tunggal Ika sebagai Media Edukasi Cinta Taah Air di Sd Negeri Jati 3 Karanganyar. Jurnal Online-Akademi Seni dan Desain Indonesia. ©Canthing Vol. 5 | No. 1 | Tahun 2019.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuanitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surjono, H. D. 2017. Multimedia Interaktif dan Konsep Pengembangan. Yohgyakarta: UNY Press.

Widoyoko, E. P. 2017. Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract viewed : 718 | PDF downloaded : 184

Copyright (c) 2020 Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats