PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MAHASISWA MELALUI PENGINTEGRASIAN MEDIA DIGITAL BERBASIS AKTIVITAS BUDAYA KAMPUNG NAGA
Yuni Ertinawati(1), Fikri Hakim(2), Aveny Septi Astriani(3), Ichsan Fauzi Rachman(4*)
(1) Universitas Siliwangi
(2) Universitas Siliwangi
(3) 
(4) Universitas Siliwangi
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 1040 | PDF downloaded : 151
Abstract
The aim of this research is students' listening skills through the development of a listening lecture method that is integrated with digital media based on cultural activities in Tasikmalaya City. The media that will be used in this research consists of audio-visual media and cultural activities implemented from the cultural values of the people of Kampung Naga, Tasikmalaya. This cultural activity approach can be a solution in creating effective learning situations. The research method used was research and classroom action (PTK) which consisted of planning, implementing actions, evaluating, and ending with reflection. This research was carried out at Siliwangi University with The research subjects were 27 fifth semester students. The data collection technique used is a test; observations, and interviews. Data validity is processed using triangulation which consists of data source triangulation and method triangulation. The results of analysis using critical analysis techniques reveal that the application of digital media integrated with local cultural elements in certain courses has a positive impact on increasing students' listening skills. In cycle I, the average value was 71.75 and increased to 80.25 in cycle 2. This increase provides an indication that a learning approach that utilizes digital technology and embraces local cultural elements can improve students' overall understanding and listening skills
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah kemampuan menyimak mahasiswa melalui pengembangan metode perkuliahan menyimak yang diintegrasikan dengan media digital berbasis aktivitas budaya di Kota Tasikmalaya. Media yang akan digunakan dalam penelitian ini terdiri dari media audio-visual dan aktivitas budaya yang diimplementasikan dari nilai-nilai budaya masyarakat Kampung Naga, Tasikmalaya. Pendekatan aktivitas budaya ini dapat menjadi solusi dalam menciptakan situasi belajar secara efektif. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitidan tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan diakhiri refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Siliwangi dengan subjek penelitian merupakan mahasiswa semester V berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes; observasi, dan wawancara. Validitas data diolah menggunakan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil analisis dengan menggunakan teknik analisis kritis mengungkapkan bahwa penerapan media digital yang terintegrasi dengan unsur budaya lokal pada mata kuliah tertentu memiliki dampak positif terhadap peningkatan kemampuan menyimak mahasiswa. Pada siklus I, rata-rata nilai berada pada angka 71,75 dan meningkat menjadi 80,25 pada siklus ke-2. Kenaikan tersebut memberikan indikasi bahwa pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital dan merangkul unsur budaya setempat dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan menyimak mahasiswa secara keseluruhan.
References
Anggaraeni, Devi.(2018). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 3(2), 75—80.
https://doi.org/10.29210/3003248000
Balochea, Lynda and Brody, Celeste M. (2017). Cooperative learning: exploring challenges, crafting innovations. Journal of Education for Teaching, 43(3), 274-283. https://doi.org/10.1080/02607476.2017.1319513
Beaverson, G. 1999. Listen for success career world. Journal of Instructional Psychology. 28(2), 2022. https://doi.org/10.1177/106907271143441
Bostrom, R. N. (1990). Listening skills: measurement and application. New York: SAGE Publications, Inc.
Bromley, K. D. A. (1988). Language Arts: Exploring Connections: ERIC.
Hairuddin,dkk. 2008. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Hermawan, H. (2012). Menyimak Keterampilan Berkomunikasi Yang Terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hermawan, H. (2012). Menyimak: ketrampilan berkomunikasi yang terabaikan: Graha Ilmu.
Kirbas, A. (2017). Effects of Cooperative Learning Method on the Development of Listening Comprehension and Listening Skills. Online Submission, 5(1), 1-17. DOI: 10.18298/ijlet.1712.
Myers, G. E. and Myers, M. T. 1988. The dynamics of human communication: A laboratory approach. New York: McGraw-Hill Publishing Company.
Rachman, Ichsan Fauzi, dkk. Optimalisasi Pendidikan Karakter Melalui Penerapan Environment Project-Based Learning Terintegrasi Media Audio Visual. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan. 11(1). 524-538. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p524--538
Rismawato. (2017). “Teaching listening by using authentic videos”. English Education Journal. 8 (2), 222-233. https://jurnal.usk.ac.id/EEJ/article/view/7230
Saddhono, K. dan St. Y. Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.
Seidl, L. (2009). Hörverstehen in Theorie und Praxis. GRIN Verlang: Norderstedt Germany.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Tarigan, H. G. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H. G. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yanti, N., Suhartono, S., & Hiasa, F. 2018. Keterampilan Menulis Akademik Mahasiswa S 1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 2. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yuni Ertinawati, Fikri Hakim, Aveny Septi Astriani, Ichsan Fauzi Rachman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id