MULTIMEDIA BERBASIS SMART TV TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA
Fauzan Fauzan(1*), Nurul Setianingrum(2)
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 1107 | PDF downloaded : 212
Abstract
This research is motivated by the low motivation of students at UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. From this, lecturers as educators are looking for solutions by using multimedia in the form of Smart TV. This study uses a method of research qualitatively. Source data obtained from the results of questionnaires, observations and interviews. The results of this study showed that after using multimedia smart TV student learning motivation increased. Multimedia management is carried out in several stages, namely: 1) planning. 2) Execution. 3) evaluation. The availability of supporting facilities and infrastructure in the use of Smart TV-based multimedia is a supporting factor in the use of multimedia in addition to the lecturer's proficiency in using smart TV is also one of the supporting factors. This happens thanks to the training that the lecturer has received. However, there are also factors inhibiting the use of multimedia such as unstable networks, and electricity that sometimes dies.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya motivasi belajar mahasiswa di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Dari hal tersebut dosen selaku pendidik mencari solusi dengan menggunakan multimedia yang berupa Smart TV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data didapatkan dari hasil quisioner, observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setelah menggunakan multimedia smart TV motivasi belajar mahasiswa meningkat. Manajemen multimedia dilaksanakan dengan beberapa tahap yaitu: 1)perencanaan. 2) pelaksanaan. 3) evaluasi. Ketersediaan sarana dan prasarana pendukung dalam penggunaan multimedia berbasis Smart TV merupakan faktor pendukung penggunaan multimedia ini selain itu kemahiran dosen dalam menggunakan smart TV juga salah satu faktor pendukung. Hal ini terjadi berkat pelatihan yang telah diterima oleh dosen. Namun, juga terdapat faktor penghambat dari penggunaan multimedia ini diantaranya jaringan yang tidak stabil, dan aliran listrik yang kadang mati.
Keywords
References
Ananda, R. (2020). Variabel Belajar : Kompilasi Konsep. 156.
Ketut Ima Ismara, A. P. (2021). Penerapan Smart TV pada Pembelajaran. UNY Pres, 92.
Kusuma, A. D. (1973). Pengantar Ilmu Pendidikan . Surabaya: Usaha Nasional.
Martini Kahfi, d. (2021). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. PETIK.
Nazaruddin. (t.thn.). Manajemen Strategik. 3.
Panjaitan, R. G. (2020). Multimedia interaktif berbasis game edukasi sebagai media pembelajaran materi sistem pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 141-151.
Pasambo, E. &. (2022). Meta Analisis pengaruh multimedia sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3257-3267.
Sadirman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sulistiani, H. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Multimedia (Studi Kasus: Sma Bina Mulya Gading Rejo, Pringsewu). Jurnal Komputer dan Informatika, 127-136.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fauzan Fauzan, Nurul Setianingrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id