IMPLEMENTASI P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA) PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n2.p616--624

Rida Echa Safitri(1*), Abdul Rahim(2)
(1) Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember
(2) Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 1662 | PDF downloaded : 297

Abstract

In the academic year 2022/2023, the Indonesian government ratified and commenced the implementation of a new curriculum resulting from the refinement of the previous curriculum, namely the "Merdeka Belajar" curriculum. The "Merdeka Belajar" curriculum was developed to be more flexible, focusing on essential content, character development, and competencies. Within the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) in the "Merdeka Belajar" Curriculum, there is a project-based extracurricular activity designed to reinforce efforts in achieving competencies and character traits according to the Pancasila student profile, formulated based on graduation competency standards. With the introduction of this new program, a review is needed regarding the implementation results of P5 from the perspective of specific subjects, namely natural sciences. For example, the implementation of P5 at MTs Negeri 2 Jember is still considered unfamiliar and has recently been enforced. Through observation, event monitoring, and interviews with relevant parties, the expected results are anticipated to be beneficial for subsequent learning. All stages have been executed successfully, leading to the conclusion that this community service activity has effectively enhanced the competence of teachers in carrying out the Pancasila student profile strengthening project. The project encompasses understanding, design, documentation, reporting, as well as evaluation and follow-up actions with satisfactory outcomes. 

 

Abstrak

Pada tahun ajaran 2022/2023 pemerintah Indonesia mengesahkan dan mulai memberlakukan kurikulum baru hasil pengembangan dari penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yakni kurikulum merdeka belajar. Kurikulum merdeka belajar ini dikembangkan sebagai kurikulum yang lebih fleksibel, berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi. Dalam Projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka belajar adalah kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila yang disusun berdasarkan standart kompetensi lulusan. Dengan adanya program baru, perlu adanya peninjauan terkait hasil pengimplemetasian P5 dari dari sudut mata pelajaran tertentu yakni ilmu pengetahuan alam. Seperti halnya, yang pelaksanaan p5 di mts negeri 2 jember yang maasih tergolong asing dan baru saja diberlakukan. Dengan observasi, mengamati kejadian, mewawancarai pihak terkait, maka hasil yang diharapkan pun juga dapat bermanfaat dalam pembelajaran berikutnya. Semua tahapan telah dilaksanakan dengan baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Proyek ini mencakup pemahaman, perancangan, dokumentasi, pelaporan, serta evaluasi dan tindak lanjut dengan hasil yang memuaskan.

Keywords

extracurricular; merdeka curriculum; natural sciences; P5 (Pancasila Student Profile Strengthening Project); ilmu pengetahuan alam; kurikulum merdeka; kokurikuler; P5 (Proyek penguatan profil pelajar pancasila)
--

Full Text:

PDF ***

References

RENSTRA KEMDIKBUD 2010 – 2014 Bab III," Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
"Tujuan Pendidikan Nasional Kurikulum Merdeka," [Online]. Available: https://sisdiknas.kemdikbud.go.id/dasar-fungsi-dan-tujuan-pendidikan-nasional/

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). "Dimensi, Elemen, dan Sublemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka."

Dewantara, J. A., Sulistyarini, Afandi, Warneri, Efiani, Yumiantika, Niko Juliansyah. (2023). "Identistas Nasional: Kontribusi Program P5 dalam Kurikulum Baru Guna Membangun Rasa Nasionalisme di SMP Negeri 16 Pontianak," Jurnal Kewarganegaraan, Universitas Tanjungpura, 3.

Hartono, M. (2022, 17 Dec). "Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka." https://pgsd.binus.ac.id/2022/12/17/projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila-dalam-kurikulum-merdeka/

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2023). "Latar Belakang Kurikulum Belajar." https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Latar-Belakang-Kurikulum-Merdeka

Linda E. (2022, 11 Feb). "Untuk Atasi Krisis Pembelajaran Mendikbud Luncurkan Kurikulum Merdeka." https://pskp.kemdikbud.go.id/berita/detail/313036/untuk-atasi-krisis-pembelajaran-mendikbud-luncurkan-kurikulum-merdeka

Maulida, K. S., Studi, P., Agama, P., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PAI Smk Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2021 Skripsi.

Nina Ariani Shofa, 2021, Konferensi Internasional On Lesson Study Ke-12 (ICLS-XII), “Memperkuat Profil Pancasila Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pelajaran Sejarah”

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). “Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

Pengelola Web Kemdikbud. (2023). "Kemendikbudristek Pastikan IKM Membentuk Siswa Unggul yang Cerdas dan Berkarakter." https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/08/kemendikbudristek-pastikan-ikm-membentuk-siswa-unggul-yang-cerdas-dan-berkarakter

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2013). Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Nomor 32 Tahun 2013.

Rahayu, S. (2019). "Standar Proses Permendikbud No.65 Tahun 2013" (Makalah, STKIP MUHAMMADIYAH BOGOR), 3.

Tim Penyusun.(2023) "Tugas Pokok dan Fungsi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan, MTs N 2 Jember Tahun 2023."

Tim Penyusun. (2020). "Pedoman Penulisan Karya Ilmiyah IAIN Jember Tahun 2020."

Wahyu Wiguna, I. K., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). "Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar," Jurnal Pendidikan Dasar, Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, 18.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rida Echa Safitri, Abdul Rahim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats