PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103

Febyarni Kimianti(1*), Zuhdan Kun Prasetyo(2)
(1) Pendidikan Sains Universitas Negeri Yogyakarta . Jl. Colombo No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
(2) Pendidikan Sains Universitas Negeri Yogyakarta . Jl. Colombo No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
(*) Corresponding Author


This article has been read: 516 times



Abstract


The limitations of print media such as student books in the effectiveness of their use open opportunities for the integration of supplementary teaching material with the latest information technology to support the achievement of 21st-century skills, one of which is scientific literacy through an E-module. This study aims to develop PBL based science e-modules to improve students science literacy skills. Emodule can be used as an alternative source of practical and contextual learning because it can be used anywhere and the material presented is relevant to real life. This research is research and development, adapting the ADDIE (analyze, design, development, implement and  evaluate). Based on experts judgments and limited testing, of PBL based science e-module and instrument scientific literacy are feasible to apply in science learning to improve scientific literacy.

 

Abstrak

Keterbatasan media cetak seperti buku teks pelajaran siswa dalam keefektifan penggunaannya membuka peluang bagi pengintegrasian sebuah suplemen bahan ajar dengan teknologi informasi terkini guna mendukung ketercapaian keterampilan abad 21. Salah satunya adalah literasi sains dengan melalui sebuah E-modul berbasis PBL. E-modul tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif sumber belajar yang praktis dan kontekstual karena dapat digunakan dimana saja dan materi yang disajikan relevan dengan kehidupan nyata.  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul IPA berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Penelitian ini ialah penelitian pengembangan, mengadaptasi model ADDIE (analyze, design, development, implement dan  evaluate). Penelitian ini dilakukan sampai tahap development. Berdasarkan penilaian ahli dan uji coba terbatas, e-modul IPA berbasis problem-based learning dan soal literasi sains layak untuk digunakan diterapkan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan literasi sains.

 


Keywords


E-modul IPA; Problem Based Learning; Literasi Sains

Full Text:

PDF

References


Ahsan, A. 2016. Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 5, 351–360. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/article/view/1872

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. In Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Diktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Dwiningsih, K., Sukarmin, Nf., Muchlis, Nf., & Rahma, P. T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Di Era Global. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 156. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p156--176

Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Invotec, IX(2), 165–178. DOI: http://dx.doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4878

Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi, H. 2017. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MOODLE. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 197. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.412

Imaningtyas, C. D., Karyanto, P., Nurmiyati, & Asriani, L. 2017. Penerapan E-Module Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Ekologi Siswa Kelas X MIA 6 SMAN 1 Karanganom Tahun Pelajaran 2014/2015. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 4. DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v9i1.2004

Oecd. 2013. PISA 2015 Draft Mathematics Framework. Oecd, (March 2013), 52. DOI: https://doi.org/10.1177/0022146512469014

OECD. 2014. PISA 2012 Results in Focus. Programme for International Student Assessment, 1–44. DOI: https://doi.org/10.1787/9789264208070-en

Permendikbud. 2013. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

PISA. 2006. Scientific Literacy Framework, 1–36.

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. 2017. Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 40–49. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk.v14i1.9880

Retno, A. T. P., Saputro, S., & Ulfa, M. 2017. Kajian aspek literasi sains pada buku ajar kimia SMA kelas XI di Kabupaten Brebes. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 21(2013), 112–123. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/11400

Rusman. 2016. Pengembangan Model E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 1. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n1.p1--15

Schmidt, H. G., De Volder, M. L., De Grave, W. S., Moust, J. H. C., & Patel, V. L. 1989. Explanatory Models in the Processing of Science Text: The Role of Prior Knowledge Activation Through Small-Group Discussion. Journal of Educational Psychology, 81(4), 610–619. DOI: https://doi.org/10.1037/0022-0663.81.4.610

Smith, P. L. (Patricia L., & Ragan, T. J. 1999. Instructional design.

Surjono, H. D. 2013. Membangun Course E - Learning Berbasis Moodle (Kedua). UNY Press. Torp, L., & Sage, S. 1997. Problems As Possibilities Problem Based Learning for K-16 Education (Vol. 14). http://blog.uny.ac.id/hermansurjono/files/2013/10/Membangun-Course-Elearning-berbasis-Moodle-nov2013-sm-sc.pdf

Warsita, B. 2017. Peran dan Tantangan Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran pada Pembelajaran Abad 21. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 77. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n2.p77--90

Widoyoko, S. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, N., & Sholihin, H. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning ( PBL ) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Untuk Meningkatkan Aspek Sikap Literasi Sains Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015, 2015(Snips), 437–440. http://portal.fmipa.itb.ac.id/snips2015/files/snips_2015_nisa_wulandari_510187b3163bcc293be1ffd4c2555f11.pdf


Article Metrics

Abstract viewed : 451 | PDF downloaded : 40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # # # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats