PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPLB KARYA MULIA SURABAYA MENULIS BUKU HARIAN MELALUI PEMETAAN PIKIRAN DENGAN BALING-BALING BERWARNA
nFN Machsunah(1*)
(1) SMPLB Karya Mulia Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract viewed : 810 | PDF downloaded : 147
Abstract
Writing a diary with colorful propeller mind mapping method is an innovative method to enhance the 7th grade hearing impaired students’ capabilities and skills of writing in Karya Mulia Special Secondary School for Students with Disabilities (SMPLB) Surabaya. This innovative effort was based on the constraints or obstacles to teach hearing impaired students in developing the abilities and skills of writing a diary that were still far below the average of minimum completion criteria (KKM). To find out the extent of this innovative method’s implementation’s impact, the author wanted to do a class action research (PTK) that includes 3 cycles where two-time meetings were conducted in each cycle. The research was started from the pre action activities continued to a cycle-1, cycle-2, to cycle-3. The result indicates that there has been improvements in 7th grade student’s learning outcome in writing a diary through mind mapping mehod using learn to write diary through colorful propeller mapping method
Asbtrak
Menulis buku harian melalui metode pemetaan pikiran (mind mapping) dengan menggunakan baling-baling berwarna merupakan metode inovatif untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan menulis buku harian siswa tuna rungu kelas VII SMPLB Karya Mulia Surabaya. Upaya inovatif ini beranjak dari kendala/hambatan sebelumnya dalam membelajarkan siswa tuna rungu mengembangkan kemampuan dan keterampilan menulis Buku Harian yang hasilnya berada jauh di bawah rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Untuk mengetahui sejauh mana dampak dari penerapan metode inovatif ini, penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mencakup 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian dimulai dari kegiatan pra tindakan, dilanjutkan dengan siklus-1, siklus-2, sampai dengan siklus-3. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMPLB Karya Mulia Surabaya dalam menulis buku harian melalui metode pemetaan pikiran dengan baling-baling berwarna
Keywords
References
Angkowo, R dan Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran, Jakarta: PT Grasindo.
Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Azhar, lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan, Jakarta: Usaha Nasion.
Buzan, Tony. 2007. Mind Map untuk Anak, Jakarta: Gramedia Pustaka. Utama. 2008. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Clark dalam Ahmad Rivai & Nana Sudjana 2001. Hasil Belajar, Jakarta: PT Duta Wacana.
Depdiknas. 2006. Pedoman Penyusunan dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Depdiknas.
De Porter, dkk. 2005. Quantum Theaching, Bandung: Mizan Pustaka.
De Porter, Bobbi, & Mike Hernacki. 2006. Quantum Learning, Jakarta: Kaifa.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineksa Cipta. Edward, C. 2009. Mind Mapping untuk Anak Sehat dan Cerdas, Yogyakarta: Sakti
Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi Research, Jilid I, Yogyakarta: YP Fak. Psikologi UGM.
file:///D:/MyDoc/Campurcampur/peningkatan_keterampilan_ menulis_2101406695-3.htm. Diakses pada tanggal 16 Januari 2013.
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineksa Cipta.
Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes, Surabaya: Universitas Press.
Melvin,L.Siberman.2004.Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nusamedia dan Nuansa.
Musaba, Zulkifli. 1994.Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar, Jakarta: Sarjana Indonesia
Nurchasanah & Widodo. 1993. Keterampilan Menulis dan Pengajarannya, Malang: FS UM.
Prayitno dan Amti. 2002. Dasar-dasar Bimbingan dan konseling, Jakarta: Rineka Cipta.
Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Bina Aksara.
Slameto. 2003. Hasil Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: PT Rineka Cipta
Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, Surabaya: Insan Cendikia.
Tarigan, D. & Tarigan, H.G. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa., Bandung: Aksara Bandung.
Wetherington. H. C. and W. H. Walt. Burton. 1986. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar (Terjemahan), Bandung: Jemmar.
Website:http://ada-akbar.com/2011/08/manfaat-menulis-buku-harian/2013, Diakses tanggal 17 Januari 2013.
Website:http://harminingsih.blogspot.com/200808/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-hasil.html, Diakses 16 Januari.
Website:http://library.um.ac.id/freecontents/index.php/pub/detail/ 51808.html, Diakses tanggal 15 Januari 2013.
Website:http://digilib.umpv.ac.id/gdl.php?d=browse&op=read&id = jhp-tump-a-warihteguh-393, Diakses tanggal 15 Januari 2013.
Website: http://researchengines.education-creativity.com/christiana6-04.html. Diakses 20 September 2011
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 nFN Machsunah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kwangsan Indexed By
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id