ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU TEKS PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VII

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p156--169

Anggraeni Dian Permatasari(1*), Ence Oos Mukhamad Anwas(2)
(1) Pusat Perbukuan, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kemendikbud
(2) Pusat Perbukuan, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kemendikbud
(*) Corresponding Author


This article has been read: 812 times



Abstract


Based on reality, textbook is the main learning source. Based on Curriculum 2013, textbook is not only to present subjects, but also to embed character education. The aim of the study is to analyze character education content on chemistry subject of the natural sciences textbook of 7th grade students of second semester, which was published by Ministry of Education and Culture. The study was conducted by qualitative method using content analysis technique to study the conformity of chemistry subject with character education aspect in Curriculum 2013. There are two chemistry subjects in the textbook. They are Environmental Pollution and Global Warming. The study results showed the values that have not been mentioned yet in the Environmental Pollution were religious, confidence, and communicative. While Global Warming subject have already mentioned all the values of Basic Competencies 3 and 4. 

 

Abstrak

Realitas bahwa Buku Teks Pelajaran menjadi sumber belajar utama di sekolah. Sesuai tuntutan kurikulum 2013, buku teks pelajaran tidak sekedar menyajikan materi, akan tetapi juga perlu menanamkan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan pendidikan karakter pada materi Kimia dalam buku teks pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, kelas VII semester 2, yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif menggunakan teknik analisis isi untuk mengetahui kesesuaian materi Kimia dengan aspek pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. Adapun materi kimia yang terdapat dalam buku tersebut yaitu Pencemaran Lingkungan dan Pemanasan Global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai yang belum disampaikan dalam bab Pencemaran Lingkungan adalah nilai religius, percaya diri, dan komunikatif. Sedangkan dalam bab Pemanasan Global telah disampaikan semua nilai yang terkandung dalam Kompetensi Dasar 3 dan Kompetensi Dasar 4.


Keywords


character education; textbook; chemistry subject

Full Text:

PDF

References


Amallia, Y.R., Alberida, H., dan Arsih, F.. 2017. Analisis Buku Ajar IPA SMP Kelas VIII Semester 2 Ditinjau dari Aspek Literasi Sains, Inkuiri, dan Keterpaduan Materi IPA. Artikel. Padang: Universitas Negeri Padang

Anwas, Oos M. 2016. Model Buku Teks Pelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kwangsan : Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 17. DOI: http://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n1.p17--32

Berkowitz, M.W. dan Simmons, P.. 2003. “Integrating Science Education and Character Education (The Role of Peer Discussion).” Dalam The Role of Moral Reasoning on Socioscientific Issues and Discourse in Science Education, oleh D.L. Zeidler. 117-138. Netherlands: Kluwer Academic Publisher.

Fitriani. 2015. Telaah Buku Pelajaran IPA SMP/MTs Kelas VIII Semester I Ditinjau dari Kesesuaian Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Kurikulum 2013. Tesis. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Fitriyah, M., Made, N.D.P., dan Yulianto, A.. 2017. Content Analysis of Value of Character: A Case Study of Physics Textbook in Rembang Regency. Unnes Science Education Journal 6 (3). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/20384

Hayat, Bahrul. 2018. Pendidikan Karakter Pendekatan dan Prinsip Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Balitbang Kemendikbud

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2016 tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. Jakarta: Kemendikbud

Kemenkumham. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemenkumham

Kemenkumham. 2017. Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan. Jakarta: Kemenkumham

Marinkovic, S. dan Eric, M.. 2014. The Problem of Value in A Textbook. Procedia-Social and Behavioral Sciences 128. 72-74

Ningsih, E.W.R., Fathurohman, A., Sardianto. 2016. Analisis Buku Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP/MTs Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. ISSN: 2355-7109. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/3837

Nugroho, E.D., Vlorensius, Rasidah, L., dan Anisa, N.. 2017. Analisis Isi, Penyajian Materi dan Keterbacaan dalam Buku Teks IPA Kurikulum 2013 SMP Kelas VII Semester 1. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Vol. 3 No. 2, hal. 114-122. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i2.3904

Silaban, R., Panggabean, F.T.M., Purwati, Y., Alexander, I.J.. 2016. Preparing an Innovative Chemistry Teaching Module Intregated Character Education. Proceedings of the 1st Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL). http://aisteel.unimed.ac.id/proceeding-aisteel-2016/

Siwi, F.D.P., Peniati, E., dan Anggraito Y.U.. 2016. Analisis Muatan Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Pelajaran IPA Kurikulum 2013 pada Materi Biologi Kelas VII SMP. Unnes Journal of Biology Education. Vol. 5 No. 2, hal. 207-213. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/14663

Utami, D.I.S.. 2016. Analisis Aspek Penyajian Buku Ajar IPA Siswa SMP Kelas VIII Kurikulum 2013. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Widodo, W., Hidayati, S.N., dan Rachmadiarti, F.. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Semester II. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia

Venezky, R.. 2015. Textbook. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences (Second Edition). 256-259

Yusmium, I.. 2015. Analisis Buku Teks Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kurikulum 2013, Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo


Article Metrics

Abstract viewed : 663 | PDF downloaded : 133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats