PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERINTEGRASI PHET: MEMBANGUN PEMAHAMAN KONSEP LISTRIK DINAMIS

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p45--56

Muhammad Reyza Arief Taqwa(1*), Lugy Rivaldo(2)
(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author


This article has been read: 295 times



Abstract


This study aims to see the effectiveness of problem solving learning (PS) on PhET integration on the topic of dynamic electric. The study was conducted in 3 classes at SMAN 1 Malang and 3 classes at SMAN 4 Malang with groups taught with PS integrated PhET, PS, and conventional. Each group consists of 2 classes with a total of 48 students. 20 reasoned multiple-choices questions were used in posttest to measure differences in the average score of each group. Data analysis used one-way anova and further tests using the Tukey's HSD test. Based on the results of the analysis obtained Fh = 22.31. With Ft = 3.06, it can be concluded that the average score of the three groups is significantly different at α = 0.05. Based on further tests it was found that the PS group was integrated with PhET better than the PS group, and the PS group was better than the conventional group.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pembelajaran problem solving (PS) diintegrasi PhET pada topik listrik dinamis. Penelitian dilakukan pada 3 kelas di SMAN 1 Malang dan 3 kelas di SMAN 4 Malang dengan kelompok yang diajar dengan PS diintegrasi PhET, PS, dan konvensional. Tiap grup terdiri atas 2 kelas dengan jumlah 48 siswa. 20 soal pilihan ganda beralasan digunakan dalam posttest untuk mengukur perbedaan rata-rata skor tiap kelompok. Analisis data digunakan anova satu arah dan uji lanjut dengan menggunakan uji Tukey’s HSD. Berdasarkan hasil analisis diperoleh Fh = 22,31. Dengan Ft = 3,06 maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata skor ketiga kelompok berbeda secara signifikan pada α = 0,05. Berdasarkan uji lanjut diperoleh bahwa kelompok PS diintegrasi PhET lebih baik dari pada kelompok PS, dan kelompok PS lebih baik dari pada kelompok konvensional.


Keywords


problem-solving; PhET; pemahaman konsep; listrik dinamis

Full Text:

PDF

References


Afwa, I. L., Sutopo, & Latifah, E. 2016. Deep learning question untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 434–447.

Antika, R. R. 2014. Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (Studi Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul ‘Izzah, Nganjuk). BioKultur, 3(1), 251–263.

Anwar, B., & Asriani. 2013. Penerapan Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 223–239.

Arham, U. U., & Dwiningsih, K. 2016. Keefektifan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 111. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p111--118

Carolin, Y., Saputro, S., & Saputro, A. N. C. 2015. Metode Pembelajaran Problem Solving Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Materi Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X MIA 1 SMA Bhineka Karya 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(4), 46–53. Retrieved from http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/6569

Creswell, J. W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). London: Sage Publication Ltd.

Darmawan, D., & Rahayu, A. P. 2016. Case-Based Reasoning (CBR) dan Pengaruhnya terhadap Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 33. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n1.p33--42

Day, R. W., & Quinn, G. P. 1989. Comparison of treatments after an analysis of variance in ecology. Ecological Monographs, 59(4), 433–463. https://doi.org/10.2307/1943075

Docktor, J. L., & Mestre, J. P. 2014. A Synthesis of Discipline-Based Education Research in Physics. Physical Review Special Topic - Physics Education Research, 1–148.

Finkelstein, N. D., Adams, W. K., Keller, C. J., Perkins, K. K., & Wieman, C. E. 2006. High-Tech tools for teaching physics: The Physics Education Technology project. Journal of Online Learning and Teaching, 2(3), 110–121.

Fitriyanto, F., Nurhayati, S., & Saptorini. 2012. Penerapan model pembelajaran problem solving pada materi larutan penyangga dan hidrolisis. Chemistery in Education, 1(1), 40–44.

Hammer, D. 2000. Student resources for learning introductory physics. American Journal of Physics, 68(S1), S52–S59. https://doi.org/10.1119/1.19520

Hegde, B., & Meera, B. N. 2012. How do they solve it? An insight into the learner’s approach to the mechanism of physics problem solving. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.8.010109

Kao, L. S., & Green, C. E. 2008. Analysis of Variance : Is There a Difference in Means and What Does It Mean? J. Surg. Res., 144(1), 158–170. https://doi.org/10.1016/j.jss.2007.02.053

Khairunnisak. 2018. Peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa melalui simulasi physics education technology (PhET). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 4(2), 7–12.

Manikowati, Nf., & Iskandar, D. 2018. Pengembangan Model Mobile Virtual Laboratorium untuk Pembelajaran Praktikum Siswa Sma. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 23. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p23--42

Perdana, A., Siswoyo, & Sunaryo. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning Berbantukan Phet Interactive Simulations Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2(1), 73–79.

Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. 2013. Imlementasi simulasi phet dan kit sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor siswa pada pokok bahasan alat optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 18–22. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2505

Purwanti, S., & Manurung, S. 2015. Analisis pengaruh model pembelajaran problem solving dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 57–62.

Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. 2012. Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Journal of Biology Education, 1(3), 34–41.

Rivaldo, L., Taqwa, M. R. A., & Taurusi, T. 2018. Resources Siswa SMA tentang Konsep Gaya Archimedes. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 6(3), 251–258. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/1438

Ryan, Q. X., Frodermann, E., Heller, K., Hsu, L., & Mason, A. 2016. Computer problem-solving coaches for introductory physics: Design and usability studies. Physical Review Physics Education Research, 12(1), 1–17.

Saputra, T. B. R. E., Nur, M., & Tarzan, P. 2017. Pengembangan pembelajaran inkuiri berbantuan PhET untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa. Journal of Science Education And Practice, 1(1), 20–31.

Sarwi, & Liliasari. 2009. Penerapan Strategi Kooperatif Dan Pemecahan Masalah Pada Konsep Gelombang Untuk Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kritis. Pendidikan Fisika Indonesia, 5, 90–95.

Sawyer, S. F. 2014. Analysis of Variance: The Fundamental Concepts. Journal of Manual & Manipulative Therapy, 17(2), 27E-38E.

Schlattmann, P., & Dirnagl, U. 2010. Statistics in experimental cerebrovascular research: Comparison of more than two groups with a continuous outcome variable. Journal of Cerebral Blood Flow and Metabolism, 30(9), 1558–1563.

Sukaisih, R., & Muhali, M. 2014. Meningkatkan Kesadaran Metakognitif Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Problem Solving. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(1), 71–82. https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i1.803

Sutopo, Jayanti, I. B., & Wartono. 2016. Efektivitas program resitasi berbasis komputer untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa tentang gaya dan gerak. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 111–119.

Taqwa, M. R. A., Hidayat, A., & Supoto. 2017. Konsistensi Pemahaman Konsep Kecepatan dalam Berbagai Representasi. Jurnal Riset & Kajian Pendidikan Fisika, 4(1), 31–39. http://journal.uad.ac.id/index.php/JRKPF/article/view/6469

Taqwa, M. R. A., & Rivaldo, L. 2018. Kinematics Conceptual Understanding : Interpretation of Position Equations as A Function of Time. Jurnal Pendidikan Sains, 6(4), 120–127. http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/11274

Warimun, E. S. 2012. Penerapan model pembelajaran problem solving fisika pada pembelajaran topik optika pada mahasiswa pendidikan fisika. Jurnal Exacta, 10(2), 111–114.

Warsita, B. 2013. Perkembangan Definisi dan Kawasan Teknologi Pembelajaran Serta Perannya dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 72. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p72--94

Wuryaningsih, R., & Suharno. 2014. Penerapan Pembelajaran Fisika dengan Media Simulasi PhET pada Pokok Bahasan Gaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIA SMPN 6 Yogyakarta. In Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng & DIY (pp. 400–402). Yogyakarta: Himpunan Fisika Indonesia Regional DIY Jawa Tengah.


Article Metrics

Abstract viewed : 261 | PDF downloaded : 34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # # # # # # # # Zotero

Jurnal Kwangsan (e-ISSN 2622-4283 p-ISSN 2338-9184). Powered by OJS

Logo KemdikbudLIPI Ristekdikti Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTV)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id

 

web statistics View My Stats