PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SESUAI KURIKULUM 2013

DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p33--61

Ade Koesnandar(1*)
(1) Pengembang Teknologi Pembelajaran Madya - Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
(*) Corresponding Author

Abstract viewed : 18279 | PDF downloaded : 5322

Abstract

This research is a development research that is intended to produce innovative ICT-based learning development service models that are in line with the 2013 Curriculum through distance assistance. Based on the preliminary survey, it was obtained that teachers still face many difficulties in applying innovative learning models. This condition is the reason for the importance of this research. The development steps include: needs analysis, design, preparation of materials, making examples of lesson plans, application development, and application trials. From the results of the needs analysis, it was found that (1) in general teachers had tried to apply innovative learning models according to the demands of the 2013 curriculum even though they were still experiencing difficulties, (2) there was still a lack of examples and training in the implementation of innovative learning models caused the teacher's weak understanding of the concept innovative learning, (3) teachers still need additional knowledge and guidance in the application of innovative learning, (4) teachers also declare they are ready to utilize innovative learning assistance applications if available, and (5) teachers of Learning House Ambassadors (DRB) state their readiness to help other teachers overcome the difficulties of developing innovative learning models. In this research development, innovative learning development tutorial materials have been produced, both in the form of text and video media, examples of innovative lesson plans, and application 01 version of innovative learning assistance services that can be accessed via the website; sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif.

 

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dimaksudkan untuk menghasilkan model layanan pengembangan pembelajaran inovatif berbasis TIK yang sesuai Kurikulum 2013 melalui pendampingan jarak jauh. Berdasarkan survei awal diperoleh informasi bahwa para guru masih banyak menghadapi kesulitan dalam menerapkan model-model pembelajaran inovatif. Kondisi yang demikian inilah yang menyebabkan pentingnya dilaksanakan penelitian ini. Langkah-langkah pengembangan mencakup: analisis kebutuhan, perancangan, penyiapan bahan, pembuatan contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pengembangan aplikasi, dan uji coba aplikasi. Dari hasil analisis kebutuhan diperoleh informasi bahwa (1) secara umum guru sudah berusaha menerapkan model pembelajaran inovatif sesuai tuntutan Kurikulum 2013 sekalipun  masih mengalami kesulitan, (2) masih dirasakan kurangnya contoh-contoh dan pelatihan implementasi model pembelajaran inovatif menyebabkan masih lemahnya pemahaman guru terhadap konsep pembelajaran inovatif, (3) guru masih memerlukan tambahan pengetahuan dan bimbingan dalam penerapan pembelajaran inovatif, (4) guru juga menyatakan siap untuk memanfaatkan aplikasi pendampingan pembelajaran inovatif apabila tersedia, dan (5) guru Duta Rumah Belajar (DRB) menyatakan kesiapannya membantu guru lainnya mengatasi kesulitan mengembangkan model-model pembelajaran inovatif. Dalam penelitian pengembangan ini telah dihasilkan bahan tutorial pengembangan pembelajaran inovatif, baik dalam bentuk teks maupun media video, contoh-contoh  RPP inovatif, dan aplikasi versi 01 layanan pendampingan pembelajaran inovatif yang dapat diakses melalui laman; sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif.

Keywords

innovative learning models; ICT; model pembelajaran; TIK; K13
--

Full Text:

PDF ***

References

Afidah, Yane Hendarita, Purwanto, (2018). Model Pembelajaran Blended Learning dengan Media Blog, Jakarta: Pustekkom Kemendikbud.

Andamsari, Eni Susilowati, Purwanto, (2018). Model Pembelajaran Discovery Inquiry Learning yang Memanfaatkan Sumber Belajar untuk Jenjang SMP. Jakarta: Pustekkom Kemendikbud.

Buyung, (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Kemampuan Numerik Terhadap Penguasaan Literasi Matematika Di SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan UNJ, Vol 16 No. 1. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/5399 (diakses tanggal 22 Oktober 2019).

Darmawan, Deni, dan Din Wahyudin, (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Creswell, John W., (2012). Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Qualitative and Quantitative Research, four edition. Boston: Pearson.

Darmawan, Deni dan Siti Husnul Bariyah (2014), Pengembangan Elearning Berbasis Moodle dan Facebook pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Teknodik, Vol 18 No. 3.

Febriany, Rizki Putri, (2017). Kemampuan Guru Fisika dalam Menerapkan Model Pembelajaran pada Kurikulum 2013, Yogyakarta: UNY.

Haroshid, Harun, (2017) Kurikulum 2013 Revisi 2017 (paparan pdf.). Jakarta: Puskurbuk, Kemendikbud.

Hardianto, dkk., (2018). Model Pembelajaran Berbasis Game Edukatif, 2019, http://psbsekolah.kemdikbud.go.id/pjj/assets/pengantar/Game%20Edukatif.pdf (diakses tanggal 14 Maret 2019).

Indriyanto, Bambang, (2014). Maksimalisasi Tujuan Pedagogis dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jurnal Teknodik, Vol 18 No. 2.

Koesnandar, Ade, (2013) Pengembangan Model Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pendidikan di Daerah Terpencil, Tertinggal, dan Terdepan. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 122. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p122--142

Koesnandar, Ade, (2018). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Berbasis Tik Pada Sekolah Di Daerah 3t Papua Dan Papua Barat Melalui Pendampingan Jarak Jauh. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 177. DOI : https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p177--198

Munawaroh, Isniatun, (2019) Urgensi Penelitian dn Pengembangan. Sumber: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/PENELITIAN%20PENGEMBANGAN.pdf (diakses tanggal 8 Maret 2019).

Muthmainah, Siti, (2019). Model Pembelajaran Flipped-Classroom, 2019. Sumber: http://sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif/assets/pengantar/Flipped%20clasroom%20Muthi.pdf (Diakses tanggal 14 Maret 2019).

Mustafa, Zainul, (2019). Pengaruh Discovery Learning Berbantuan e-Learning dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa tentang Konsentrasi Larutan dan Aplikasinya. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 14. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p14--29

Nadia, Zulfa, (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Teknodik, Vol 18 No. 2.

Nurhayati, Ai, Dwi Harianti, (2019). Model Pembelajaran Project-based Learning, 2019. Sumber http://sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif/assets/pengantar/Project%20Based%20Learning%20Ai%20Sri.pdf (diakses tanggal 14 Maret 2019).

Oktavianto, Dwi Angga, (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial, Jurnal Teknodik, Vol 21 No. 1. Sumber: https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/227 (diakses tanggal 22 Oktober 2019).

Purwanto, https://www.youtube.com/watch?v=vMa82VAw4IQ (diakses tanggal 6 Maret 2019).

Pustekkom, Pedoman Pemilihan Duta Rumah Belajar 2018. Sumber: http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/uploads/Pedoman-Pemilihan-Duta-Rumah-Belajar-2018.pdf diakses 12 Maret 2019 (diakses tanggal 22 Oktober 2019).

Permendikbud nomor 22 tahun 2016, https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf (diakses tanggal 25 Juni 2019).

Syarifuddin, Soleh, (2019) Deskripsi dan Langkah-langkah Model Pembelajaran SOLE, 2019. Sumber: http://sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif/assets/pengantar/SOLE%20M%20Soleh.pdf (diakses tanggal 14 Maret 2019).

Sugiyono, https://id.scribd.com/document/359411371/SUGIYONO-METODE-PENELITIAN-DAN-PENGEMBANGAN-pdf (diakses tanggal 8 Maret 2019).

Supandri; Siahaan, Sudirman (2019). Pemanfaatan Perangkat TIK Bantuan USO untuk Pembelajaran di SMPN 2 Sakra, Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Teknodik, Vol 23 No. 1. Sumber: https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/505 (diakses tanggal 22 Oktober 2019).

Utomo, Supri Wahyudi; Liana Vivin Wihartanti, (2019). Penerapan Strategi Blended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Era Revolusi Industri 4.0. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 30. DOI:https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p30--44

Utari, Ita dan Kusnandar, (2019). Laporan Hasil Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif, (tidak diterbitkan). Pustekkom, 2019.

Warsihna, Jaka, (2014). Peranan TIK dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Teknodik, Vol 18 No. 2.

Wahono, Romi Satrio, (2019). Systems Analysis and Design. Sumber: http://romisatriawahono.net/sad/?fbclid=IwAR3LCpy31UOXtAWP6nai9-DJBhYqAbGzlcWOjvssWeMwVDRCjxw5RZ-WKQk (diakses tanggal 4 April 2019).

Waldopo, (2014). Pengaruh Pemanfaatan TIK Pembelajaran Terhadap Nilai Ujian Akhir di Daerah Perbatasan. Jurnal Teknodik, Vol 18 No. 2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ade Koesnandar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


 

Kwangsan Indexed By

Sinta 2 (S2) Google Scholar ISJD Neliti Indonesia One SearchCrossref base-searchGarda Rujukan DigitalPKP IndexRoad # # # # # citefactor # # # # # # Zotero

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Prov. Jawa Timur.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Alamat Redaksi:
Jl. Mangkurejo, Ds. Kwangsan, Sedati - Sidoarjo.
Telp 0318911373 Fax. 0318911392
Email: jurnal.kwangsan@kemdikbud.go.id & jurnalkwangsan@dikbud.belajar.id

 

web statistics View My Stats